Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Scan Foto Dari Ponsel Lebih Mudah Dengan 3 Aplikasi Ini!

Scan Foto_1ab
Ada beberapa deretan aplikasi scan foto yang cocok untuk beragam aktivitas kegunaan para penggunanya. (Sumber: Koran Jakarta)

Unbox.id – Scan atau digitalisasi dokumen seperti foto, KTP, KK atau lainnya kini tidak perlu ke loket fotokopi. Karena ada cara yang jauh lebih mudah dan sederhana untuk memindai foto, yaitu dengan menggunakan aplikasi seluler. Kehadiran aplikasi ini bisa Anda manfaatkan untuk memindai foto atau dokumen tanpa membutuhkan scanner. Menariknya, kemampuan pemindaian gambar dari aplikasi ini hampir setara dengan pemindai sungguhan karena kemampuannya yang kompleks. Misalnya, kita dapat mengubah gambar menjadi teks atau sebaliknya, melakukan penyesuaian otomatis serta beberapa pekerjaan pemindaian lainnya.

CamScanner – Phone PDF Creator

CamScanner ada di bagian atas daftar aplikasi pemindai foto gratis terbaik di Android. Jumlah unduhan telah mencapai lebih dari 100 juta di seluruh dunia. Tanpa diragukan lagi, aplikasi ini telah dikenal sebagai aplikasi pemindai nomor satu di play store. Aplikasi besutan INTSIG Information Co., Ltd ini dapat melakukan cropping otomatis saat Anda memotret dokumen yang ingin dipindai.

CamScanner juga secara otomatis mengoreksi kecerahan dan kontras untuk membuat teks dan gambar lebih jelas dan lebih mudah dilihat. Anda juga dapat menambahkan anotasi (catatan tambahan) dan watermark pada dokumen yang baru saja Anda pindai, sangat mudah langsung di aplikasi ini. Selain itu, file yang Anda olah juga dapat disimpan dalam format JPEG selain format PDF utama.

CamScanner juga dapat terhubung ke printer dan layanan faks di lebih dari 30 negara. Versi berbayar dari aplikasi ini bahkan menawarkan fungsionalitas OCR (Pengenalan Karakter Optik).

Di mana teks yang Anda tangkap juga dapat dikenali sebagai teks, bukan gambar. Seolah-olah Anda langsung menerima file perangkat lunak asli dari dokumen yang Anda pindai.

Baca juga: List Pilihan Aplikasi Sewa Mobil Yang Cocok Untuk Beraktivitas

Tiny Scanner – PDF Scanner App

TinyScanner_1_1a

Aplikasi TinyScanner masuk ke dalam jajaran aplikasi scan foto yang memudahkan para penggunanya. (Sumber: APKFab)

Seperti namanya, scan foto di aplikasi ini sangat nyaman. Kapasitas pemindaian setara dengan mesin pemindai yang sangat ringkas (mungil). Sama seperti CamScanner, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memindai berbagai jenis dokumen.

Tiny Scanner juga dapat digunakan secara optimal di smartphone dan tablet. Kelebihan dari aplikasi scanner unik ini adalah sudah dioptimasi sedemikian rupa sehingga bisa berjalan sangat cepat.

Tiny Scanner juga dapat memindai dokumen dengan baik dengan hasil scan berwarna, grayscale atau hitam putih saja. PDF yang Anda buat dari Tiny Scanner juga dapat dibagikan langsung melalui email, Dropbox, Evernote, Google Drive, dan bahkan OneDrive dan Box!

Aplikasi ini dikembangkan oleh pengembang terkenal Appxy, juga dapat menghasilkan file PDF yang ukurannya dapat Anda sesuaikan. Anda dapat memilih ukuran kertas A4, Letter, atau Legal sebelum menyimpan pindaian Anda.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas aplikasi ini dengan smartphone Anda karena Tiny Scanner dapat bekerja dengan baik dari versi Android 3.0 ke atas. Saat ini, telah diinstal lebih dari 10 juta kali.

Baca juga: Google Blokir Beberapa Aplikasi Jahat Dari Play Store

Fast Scanner – Free PDF Scan

Fast Scanner_1_1ab

Aplikasi Fast Scanner jadi aplikasi scan foto untuk smartphone yang cukup terkenal bagi para penggunanya. (Sumber: APKFab.com)

CoolMobileSolution tidak ingin terkejar oleh pengembang aplikasi lain ketika merilis aplikasi pemindaian foto bernama Fast Scanner. Seperti namanya, aplikasi ini dapat memindai dokumen Anda dengan sangat cepat.

Karena Fast Scanner hanya memakan ruang 8,40 MB. Jauh lebih kecil dari kebanyakan aplikasi pemindaian yang membutuhkan ruang 30MB. Mengingat ukurannya yang sangat kecil, kemampuan Fast Scanner benar-benar diragukan. Namun nyatanya, CoolMobileSolution telah mematahkan anggapan tersebut.

Kemampuan Fast Scanner dapat menyaingi aplikasi scan foto terkemuka, setidaknya untuk fitur aplikasi pemindai inti, seperti memindai berbagai dokumen, mengekspor ke PDF, dan mengirim dokumen digital melalui email.

Fast Scanner juga dilengkapi dengan fungsi edit gambar yang cukup lengkap. Aplikasi juga tidak membatasi jumlah pemindaian yang diizinkan. Selama memori smartphone atau tablet Anda masih kosong, tentunya Anda bisa memindai berkali-kali.

Setidaknya untuk menghasilkan scan dokumen berkualitas baik dalam waktu singkat, kami dapat mengatakan bahwa aplikasi ini adalah salah satu jagoannya. Aplikasi ini telah diinstal lebih dari 10 juta kali.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Putra Instagram, aplikasi media sosial alternatif Twitter Meta telah melampaui jumlah unduhan X di App Store. Seperti dikutip GizChina, Threads telah diunduh...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Publik telah akrab dengan asisten virtual seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant, akan tetapi tidak dengan buatan Tecno. Perusahaan tersebut kini...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Fitur talkback pada ponsel Samsung Galaxy sangat bagus untuk penyandang tunanetra atau gangguan penglihatan. Ini membantu mereka dengan membacakan dengan lantang...

Social Media

Unbox.id – WhatsApp beta terbaru yaitu beta 2.24.4.23 untuk Android menghadirkan pembaruan estetika pada tab Status. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat...