Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Samsung Tengah Merancang Kacamata Augmented Reality?

Unbox.id – Tahun ini, Samsung membuat kejutan dengan meluncurkan foldable smartphone, Galaxy Fold. Tampaknya Samsung belum akan berhenti menggebrak pasar dunia.

Kabarnya, perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini tengah merancang kacamata berteknologi augmented reality. Hal ini diketahui lewat situs US Patent & Trademark Office.

Dalam situs tersebut, tampak dokumen aplikasi paten yang diajukan Samsung. Lengkap dengan diagram dan ilustrasi kacamata tersebut.

Baca juga: Samsung Galaxy A70 Hadir Dengan 7 Fitur Premium

RANCANGAN

Sekilas, kacamata milik Samsung ini tampak layaknya kacamata pada umumnya. Ukuran bingkai yang besar diduga sebagai tempat dimana semua teknologi kacamata tertanam.

Disebutkan pula teknologi tersebut akan aktif ketika gagang kacamata dibuka. Akan terdapat pula proyektor kecil yang memunculkan informasi pada kaca dari sudut pandang sang pemakai.

 

Kemungkinan, Samsung akan menggunakan sensor magnetis untuk menjaga bentuk kacamata tetap terlipat hingga nantinya dipakai oleh pengguna.

Paten tersebut juga menyebut prosesor ARM sebagai komponen utama kacamata ini.

Desain tersebut masih mungkin sangat berubah menurut dokumen paten tersebut. Pasalnya, dokumen tersebut lebih fokus menjelaskan bagaimana teknologi kacamata augmented reality ini berfungsi.

Sama seperti aplikasi paten lainnya, rancangan canggih ini belum tentu akan diproduksi secara massal.

Kendati, rancangan ini bisa menjadi prediksi produk Samsung di masa depan.

 

Kacamata Pintar Huawei

Bukan cuma Samsung, Huawei juga tertarik dengan produk kacamata ini. Maret lalu, Huawei merilis “kacamata pintar” dimana mendukung pengguna melakukan panggilan telepon.

Baca juga: Samsung S4 Zoom, Buat Penggila Kamera Samsung

TEKNOLOGI AR

Sebelumnya, Samsung mengumumkan akan merilis beberapa produk teknologi AR dan VR dalam beberapa bulan ke depan.

Kabar ini disampaikan perwakilan Samsung dalam Augmented World Expo, California pada awal Juni lalu.

Menurut perwakilan Samsung, fitur augmented reality akan dimiliki handset Galaxy S10 terbaru.

Galaxy S10 akan dilengkapi dengan sensor dan fitur bernama Bixby Vision. Fitur ini mendukung kemampuan mengidentifikasi objek hingga melakukan transaksi pembelian. Cukup dengan menangkap gambar dengan kamera smartphone.

Selain Samsung, Apple juga dikabarkan sedang mengembangkan spesifikasi berbasis augmented reality.

Kini, iOS memiliki kapabilitas augmented reality. Maka tak heran jika nantinya Apple mengeluarkan hardware yang berbasis teknologi tersebut.

Baca Juga: Samsung Perkenalkan Sensor Kamera 48 MP dan 64 MP, Apa Keunggulannya? 

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy M40 Dengan Keunggulan Lebih

Foto: berbagai sumber
Sumber: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm yakni Snapdragon Summit 2024. Snapdragon 8 Gen 4...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung akan segera meluncurkan jajaran ponsel layar lipat barunya, Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6, dalam beberapa bulan mendatang. Baru-baru...

Tech Industry

Unbox.id – Baru-baru ini, spesifikasi dari HP layar lipat Samsung Galaxy Z Flip 6 bocor di situs benchmark Geekbench. Menurut situs tersebut, sebagaimana dikutip...