Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Samsung Luncurkan Aplikasi Samsung Wallet

Samsung Luncurkan Aplikasi Samsung Wallet (sumber: slashgear.com)
Samsung Luncurkan Aplikasi Samsung Wallet (sumber: slashgear.com)

Jakarta, Unbox.id – Samsung baru saja meluncurkan sebuah aplikasi terbarunya yakni bernama Samsung Wallet pada acara Galaxy Unpacked 2022. Aplikasi ini adalah merupakan hasil gabungan dari Samsung Pay dan Samsung Pass yang sebelumnya tersedia di smartphone bawaan Samsung.

Samsung mengungkapkan bahwa Samsung Wallet ini sudah tersedia dan dapat digunakan bagi pengguna yang ada di beberapa negara seperti Prancis, Jerman, Itali, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

Walaupun demikian, pihak Samsung tentu akan segera menghadirkan aplikasi ini ke pengguna global secara bertahap, termasuk salah satunya Indonesia.

Samsung Wallet (sumber: voi.id)

Samsung Wallet (sumber: voi.id)

Samsung Wallet ini nantinya akan menawarkan berbagai sistem pembayaran maupun akses tertentu yang terorganisir di dalam satu tempat. Hal itu termasuk di antaranya kartu pembayaran, boarding pass, digital key, digital assets, keanggotaan atau memberships, gift card, hingga health pass.

Baca juga: Teaser dan Peluncuran Samsung Galaxy Z Fold 4, Z Flip, dan Watch 5 Series Telah Terungkap

Para pengguna tak perlu khawatir akan keamanan dari aplikasi ini karena Samsung Wallet ini telah dilindungi oleh Samsung Knox yang terhubung dengan Samsung Blockchain Wallet. Samsung Blockchain Wallet tersebut bertugas untuk memonitor aplikasi cryptocurrency bila pengguna memiliki mata uang kripto di berbagai bursa pada aplikasi. Selain itu, sistem keamanan Samsung Blockchain Wallet juga diklaim dapat memberikan perlindungan untuk kunci keamanan SmartThings.

Pengguna dengan perangkat Galaxy yang terhubung dengan SmartThings dapat menggunakan Samsung Wallet untuk membuka kunci mobil digital pada mobil seperti BMW, Genesis, dan Hyundai tertentu. Fitur tersebut nantinya memungkinkan pengguna mengunci dan membuka kunci mobil, menyalakan mesin, dan sebagainya.

Melalui sistem keamanan Samsung Knox tersebut, Samsung Wallet juga menyediakan perlindungan lebih termasuk pemindai sidik jari dan enkripsi yang membantu pengguna untuk melindungi informasi pribadi, sehingga hanya pemilik perangkat yang dapat mengakses data penting mereka.

Tak hanya itu, Samsung Wallet juga telah terhubung dengan maskapai penerbangan Korean Air sehingga penumpang dari maskapai tersebut dapat menyimpan dan menunjukkan boarding pass Korean Air supaya lebih mudah diakses pada saat proses keberangkatan penerbangan.

Selain itu, Samsung Wallet nantinya juga akan mendukung ID resmi seperti Surat Izin Mengemudi hingga ID Pelajar. Sementara itu, Samsung Wallet akan berguna untuk menyimpan dokumen penting seperti misalnya SIM, kartu vaksinasi COVID-19, kartu identitas, kartu keanggotaan, dan lain sebagainya.

Walaupun ini merupakan aplikasi besutan Samsung, aplikasi Samsung Wallet ini perlu diunduh secara terpisah melalui Google Play Store, dan hanya diperuntukkan untuk para pengguna perangkat Galaxy dengan sistem operasi minimal Android 9 atau yang terbaru.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 4, RAM 8 GB Penyimapanan 128 GB

Jika sebelumnya Anda sudah menginstal aplikasi Samsung Pay atau Samsung Pass, Anda hanya tinggal membuka aplikasi tersebut kemudian nantinya akan ada perintah yang dapat Anda ikuti untuk memperbarui serta bermigrasi data yang sudah ada ke Samsung Wallet.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: slashgear.com, voi.id

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran informasi mengenai Samsung Galaxy C55 5G telah terungkap di laman Konsol Google Play. Kehadiran smartphone ini juga akan menjadi langkah langsung...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Joe Biden akan memberikan subsidi hingga $6,4 miliar atau sekitar Rs 103,5 triliun kepada Samsung. Menurut...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...