Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Samsung Galaxy S23 Pakai Snapdragon 8 dan Ada Keunggulannya

Samsung Galaxy S23_1_1
Produk Samsung terbaru yaitu Galaxy S23 memiliki varian chipset terbarunya. (Sumber: GSMArena)

Unbox.id – Samsung Galaxy S23 telah diluncurkan secara global. Perangkat ini menjanjikan peningkatan kemampuan pengambilan foto dan video berkat kamera 200 megapiksel yang disertakan. Selain itu, seri Samsung Galaxy S23 yang terdiri dari Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra juga menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang meningkatkan kinerjanya secara signifikan. Lalu, apa saja yang menarik dan menjadi unggulan dari produk smartphonenya ini? Berikut Informasinya.

Snapdragon 8 Gen 2 Untuk Produk Galaxy Terbaru

Samsung Galaxy S23_1_3

Produk Samsung Galaxy S23 dikabarkan memiliki kualitas produk chipset terbaru di dalamnya. (Sumber: The verge)

Pasalnya, Samsung bekerja sama dengan Qualcomm untuk memaksimalkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang digunakan pada perangkat seri Galaxy S23. Melalui kerja sama ini, seri Samsung Galaxy S23 akan resmi menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 untuk Galaxy.

Lantas apa bedanya dengan Snapdragon 8 Gen 2 yang disematkan di smartphone lain? Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Mobile Experience Verry Octavianus mengatakan GPU mengalami peningkatan sebesar 41 persen dibanding generasi sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 1 yang digunakan di seri Galaxy S22.

“Saat ini Galaxy Snapdragon 8 Gen 2 memiliki clock 3.36GHz, sedangkan Snapdragon 8 Gen 1 memiliki clock 3.2GHz,” kata Verry di sela-sela acara Galaxy Unpacked di Singapura. Selain itu, Verry mengatakan berkat CPU dengan mikroarsitektur terbaru, daya komputasi seri Galaxy S23 meningkat sekitar 30 persen dibandingkan seri Galaxy S22.

Arsitektur NPU Samsung Galaxy kini dioptimalkan hingga 49 persen untuk menyeimbangkan daya dan efisiensi saat menggunakan algoritme kecerdasan buatan untuk mengambil foto dan video.

Baca juga: Daftar Harga Samsung Galaxy A Series Februari 2023

Foto dan Video Bisa Lebih Cepat

Samsung Galaxy S23_1_2

Dengan spesifikasi sistem yang ada di dalam smartphonenya, spek sistemnya ini membuat foto dan video jadi lebih bagus kualitasnya. (Sumber: ZDNet)

“Sejauh kinerja keseluruhan berjalan, ketika clock pada 3.36GHz, kekuatan pemrosesan lebih cepat dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 1. Samsung Galaxy Z Fold 4, yang menggunakan chipset Snapdragon 8+ Gen 1, membutuhkan waktu untuk memproses malam. ditembak, tetapi Galaxy S23 memproses lebih cepat, “katanya.

Selain itu, berkat chipset tersebut, seri Galaxy S23 mampu menggunakan kecerdasan buatan terbaru berbasis image signal processing (ISP) untuk mempertajam detail dan warna serta meningkatkan kualitas gambar.

Deteksi objek AI dari chipset ini juga membantu menganalisis setiap detail dalam gambar, bahkan fitur wajah seperti rambut dan mata, serta merender fitur individual secara realistis. Chipset ini juga memungkinkan autofokus yang lebih cepat, yang tentunya membantu konsumen yang ingin mengambil foto atau video.

Baca juga: Kesan Gunakan Samsung Galaxy A14 5G Untuk Daily

Efisiensi dan Kecepatan Pengisian Daya

Selain itu, Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy juga memungkinkan efisiensi daya dan fast charging yang mendukung kebutuhan pengguna. Kapasitas baterai Galaxy S23 meningkat dari 3.700 mAh menjadi 3.900 mAh. Kapasitas baterai Galaxy S23 Plus juga meningkat dari semula 4.300 mAh (Galaxy S22 Plus) menjadi 4.700 mAh.

Di sisi lain, Galaxy S23 Ultra memiliki kapasitas baterai yang sama, yakni 5.000 mAh, namun menjanjikan performa pendinginan yang lebih baik berkat sistem pendingin Vapor Chamber.

Mengisi daya Galaxy S23 dan Galaxy S23 Plus hanya membutuhkan waktu pengisian 30 menit untuk mendapatkan daya 50 persen dari pengisian daya 25 watt. Galaxy S23 Ultra, yang mengisi daya 45W, terisi daya 65 persen setelah 30 menit pengisian daya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Kita tahu bahwa Samsung mengadakan acara Galaxy Unpacked keduanya tahun ini. Jelang acara tersebut, bocoran informasi mengenai acara tersebut mulai mengemuka. Salah...

Tech Industry

Unbox.id – Bocoran terkait Samsung Galaxy S24 FE semakin bertambah. Baru-baru ini, desain smartphone ini diungkap oleh leaker ternama, OnLeaks. Mengutip informasi dari Android...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Rumor mengenai ponsel layar lipat Samsung Galaxy Z Fold 6 kian santer seiring semakin dekatnya tanggal perilisannya. Belakangan ini bocoran harga ponsel...

Handphone & Tablet

Unbox.id – Galaxy A35 5G menjadi salah satu ponsel kelas menengah besutan Samsung terpopuler di tahun 2024. Ponsel ini banyak diminati karena memiliki kamera...