Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Samsung dan Apple Pimpin Pasar Smartphone Indonesia di 2022

Pasar smartphone Indonesia_1_1
Samsung dan Apple merajai pasar smartphone Indonesia pada tahun 2022 kemarin. (Sumber: Jawa Pos)

Unbox.id – Pengiriman smartphone di Indonesia turun 12,2% pada 2022 year-on-year. Menurut riset Counterpoint yang dikutip Senin (27 Februari 2023), penurunan terbesar terjadi pada smartphone kelas bawah (harga di bawah Rp 3 juta), yakni 23,8%. Di sisi lain, smartphone di segmen mid-range dan high-end akan meningkat pada 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Smartphone Premium yang harganya di atas USD 600 atau lebih sekitar Rp 9,1 jutaan tumbuh 21,1 persen dibanding periode pada tahun lalu.

Berdasarkan Data Riset

Pasar smartphone Indonesia_1_2

Risek menunjukkan bahwa beberapa aktivitas event jual beli online mempengaruhi penjualan produk smartphonenya. (Sumber: Gizmologi)

Pertumbuhan pengapalan smartphone kelas menengah di Indonesia sebesar 18,8% dan segmen kelas atas sebesar 18,2%. Data dari studi yang sama juga mengungkapkan bahwa lebih dari setengah (54,5%) smartphone premium yang dikirimkan adalah model yang baru dirilis.

Ada pertumbuhan pengiriman produk sebesar 45,8% year-on-year di segmen ini. Mengutip pernyataan Counterpoint, di sisi lain, pengapalan smartphone kelas bawah menurun karena melemahnya permintaan konsumen di tengah latar belakang ekonomi makro yang bermasalah.

Di saat yang sama, permintaan konsumen untuk upgrade ke kategori high-end juga mempengaruhi turunnya segmen smartphone budget. Sekadar informasi, meningkatnya permintaan akan smartphone yang lebih andal telah meningkat selama pandemi Covid-19, karena kantor dan sekolah berpindah secara online.

Hal ini juga meningkatkan pengapalan smartphone kelas menengah di Indonesia. Meski pandemi hampir berakhir, tren ini terus berlanjut.

Sementara itu, mobile gaming merupakan segmen lain yang tumbuh dan mendorong pertumbuhan permintaan smartphone di kisaran harga di atas Rp 3 jutaan.

Selain itu, diskon dan promosi pada musim belanja seperti Idul Fitri, Harbolnas, 11.11, 12.12, Hari Raya dan akhir tahun juga meningkatkan permintaan smartphone.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 5G Series Rilis Di Indonesia

Samsung dan Apple Yang Mendominasi

Di segmen premium atau di atas Rp9 juta, Samsung dan Apple menguasai pangsa pasar gabungan sebesar 68,1%. Berkat model yang baru diluncurkan, Poco, Asus, Realme, Xiaomi, dan Vivo juga akan hadir lebih banyak di kategori ini pada tahun 2022.

Di segmen ini, Apple iPhone 14 menjadi smartphone yang paling dinanti di Indonesia pada tahun 2022. Permintaan yang kuat untuk iPhone 14 Pro dan Pro Max 512GB dan 1TB menyebabkan kekurangan sementara model ini selama pre-order.

Baca juga: Apple Ungkap IPhone Juga Rentan Kena Serangan Siber

Segmen Premium Diprediksi Terus Tumbuh

Samsung Apple Indonesia_1

Baik produsen Samsung maupun Apple terus hadirkan produk di segmen premium yang terus berkembang. (Sumber: Telset.id)

Berbicara tentang persaingan di segmen smartphone premium, Analis Senior Febriman Abdillah mengatakan: “Segmen harga Rs 6 juta diperkirakan akan terus berkembang sejalan dengan tren dan permintaan teknologi yang muncul. Permintaan konsumen akan perangkat yang lebih andal, peningkatan aktivitas digital, dan transaksi keuangan”.

Menurutnya, game mobile juga mengalami pertumbuhan yang pesat dalam satu tahun terakhir. Akibatnya, konsumen mulai fokus untuk menemukan perangkat dengan baterai tahan lama, pengisian cepat, penyimpanan, kamera, dan mode konektivitas seperti 4G dan 5G, hotspot, Bluetooth, NFC, dan Wi-Fi.

Febriman juga mengatakan selain fitur di atas, faktor lain yang juga membuat konsumen memilih smartphone adalah layanan purna jual dan brand image.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda salah satu yang menggunakan produk Samsung ataupun Apple?

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple telah mengeluarkan undangan untuk acara pertamanya tahun ini. Dijuluki Let Loose, acara tersebut akan berlangsung pada 7 Mei 2024. Meski sedikit...

Artikel

Jakarta, Unbox.id — Samsung terus memperluas jajaran produknya. Sejalan dengan hal tersebut, langkah perusahaan selanjutnya adalah menambah anggota baru di seri F populernya, Galaxy...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Produk smartphone terbaru Vivo dengan nama Y38 5G saat ini telah resmi meluncur di Taiwan. Meskipun ponsel ini terdaftar di situs...

Tech Industry

Unbox.id – iPad tampaknya digunakan dalam operasi yang tidak biasa selama perang Ukraina-Rusia. Alasannya karena Angkatan Udara Ukraina menggunakan iPad sebagai senjata modern pada...