Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Sam Altman Bantah Rumor Peluncuran Mesin Pencari OpenAI

OpenAI Search Engine_1a
OpenAI Search Engine. (Sumber: Decrypt)

Unbox.id – CEO OpenAI akhirnya angkat bicara menanggapi laporan Reuters beberapa hari lalu. Dalam laporannya, Reuters menyebutkan bahwa OpenAI akan mengumumkan kehadiran layanan baru khususnya mesin pencari pada acara yang digelar pada 13 Mei 2024. Namun dalam unggahan terbarunya yang dikutip The Verge, CEO OpenAI Sam Altman menyangkal ini. Ia juga menegaskan bahwa pengumuman OpenAI pada 13 Mei 2024 tidak terkait dengan GPT-5 atau mesin pencari. Selain membantah kabar tersebut, ia juga memberikan sedikit gambaran mengenai pengumuman yang akan dilakukan OpenAI pada minggu depan. Katanya, iklan itu terkait dengan sesuatu yang baru yang disukai banyak orang. “Bukan GPT-5, bukan mesin pencari, tapi kami bekerja keras pada beberapa hal baru yang menurut kami akan disukai orang-orang! Bagi saya, itu ajaib,” tulis Sam melalui akun X saya. Dalam unggahan video terpisah disebutkan mereka akan mengadakan acara live streaming pada 13 Mei 2024 pukul 10 pagi waktu AS. Disebutkan bahwa acara tersebut akan menampilkan beberapa demo ChatGPT dan update dari GPT-4. Maklum saja, berdasarkan informasi sebelumnya, OpenAI berencana memasuki pasar mesin pencari. Tampaknya mesin pencari ini berbasis teknologi ChatGPT. Namun seperti dikutip dalam Tom’s Guide, informasi mengenai mesin pencari OpenAI masih belum banyak diketahui. Namun bocoran tersebut menunjukkan bahwa mesin pencari ChatGPT akan didasarkan pada pertanyaan dan interaksi bahasa alami dengan model AI.

Tantang Google, OpenAI Ada Rencana Rilis Mesin Pencari Bertenaga ChatGPT

OpenAI Search Engine_2b

OpenAI Search Engine. (Sumber: Pune)

Dikatakan bekerja serupa dengan Perplexity dan Google Gemini, menggabungkan data real-time dengan kecerdasan buatan. Kemunculan rumor ini tak lepas dari pemberitaan tentang pendaftaran nama domain search.chatgpt.com.

Menurut beberapa pemberitaan, OpenAI sedang bersiap untuk membuat pengumuman besar pada 9 Mei. Oleh karena itu, sebagian orang berpendapat bahwa mungkin saja perusahaan tersebut akan memperkenalkan mesin pencari baru, meskipun OpenAI dikenal sangat tertutup terhadap produknya.

Jika kabar ini benar adanya. Karena Google Penelusuran telah mendominasi pasar pencarian Internet selama lebih dari dua dekade, mesin pencarinya dikatakan menguasai 90% dari seluruh pencarian secara global.

Di sisi lain, fungsi pencarian terbatas sudah ada di ChatGPT berkat kemitraan dengan Microsoft Bing. Namun, fungsinya selalu terbatas pada suplementasi, bukan integrasi. Oleh karena itu, kinerjanya tidak selalu konsisten dan dapat diandalkan.

Di sisi lain, dalam sebuah wawancara, Sam Altman, CEO OpenAI, pernah mengisyaratkan bahwa ChatGPT bisa menjadi masa depan internet komputer. Pasalnya layanan ini memiliki kemampuan mengintegrasikan AI dan mesin pencari lebih dalam.

Baca juga: OpenAI Dan Google Latih Model AI Pakai Transkrip Video YouTube

Pengguna ChatGPT Berbayar Kini Bisa Akses GPT-4 Turbo

GPT-4 Turbo_3c

GPT-4 Turbo. (Sumber: Super Annotate)

Di sisi lain, OpenAI baru saja merilis GPT-4 Turbo untuk pengguna ChatGPT berbayar. Perusahaan mengumumkan berita tentang bahasa percakapan,” tweet OpenAI.

Sebagai informasi, seperti dikutip Engadget, Microsoft telah mengintegrasikan GPT-4 Turbo ke dalam chatbot CoPilot AI dan generator gambar DALL -E 3 pada Desember 2023.

Saat OpenAI mengumumkan GPT-4 Turbo pada November 2023, OpenAI menyoroti peningkatan besar pada sistem yang mendukung ChatGPT.

Pada saat itu, OpenAI mengklaim bahwa GPT-4 Turbo dapat mendukung halaman teks enam kali lebih banyak (300), dibandingkan sebelumnya (50).

Dengan banyaknya informasi yang disediakan oleh ChatGPT, peningkatan ini berarti menentukan kueri dan respons yang lebih kompleks.

Model bahasa besar juga dapat memberi anotasi atau mendeskripsikan perintah visual dan menangani kueri text-to-speech GPT -4 Turbo telah mengalami kemajuan lebih jauh sejak pengumuman awal OpenAI pertama kali meningkatkan kemampuan penambangan data GPT-4 Turbo pada bulan April 2023, lompatan besar dari bulan September 2021. GPT-4 Turbo kini memiliki informasi yang lebih lengkap hingga Desember 2023.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

Tech Industry

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) dinilai telah menghantam pasar kerja global seperti tsunami. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan AI kemungkinan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru saja meluncurkan pembaruan OneUI 6.1 untuk seri Galaxy S21 di India, yang menambahkan fitur Galaxy AI ke ponselnya. Kini...

Software

Unbox.id – OpenAI akhirnya meluncurkan model baru GPT-4, khususnya GPT-4o, yang memiliki peningkatan besar dalam kecepatan dan pengenalan teks, gambar, dan audio. Dalam pengumuman...