Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Sah! Intel Resmi Dapat Kontrak Produksi Chipset Bagi Android

Intel
Intel chipset

Last updated on 29 Juli, 2022

Unbox.id – Hadirnya suatu produk teknologi yang digunakan oleh masyarakat setiap harinya ini pastinya tidak terlepas dari perangkat mesin di dalamnya. Dalam teknologi seperti sekarang ini, suatu chip yang ada di dalamnya sangatlah penting untuk kinerja dari perangkat tersebut. Karena akan pentingnya hal itu, belum lama ini Intel telah resmi mendapatkan kontrak untuk memproduksi chipset bagi smartphone Android.

 

Intel Resmi Dapat Kontrak Dengan MediaTek

Intel

Intel resmi mendapatkan kerja sama untuk bisnis chipset. (Sumber: InfoKomputer)

Sebuah pencapaian yang baik telah didapati oleh Intel. Perusahaan asal negeri Amerika Serikat ini belum lama ini telah berhasil mendapatkan kerja sama baru dalam pengembangan teknologi digital. Dalam kesempatan ini, Intel Corporation menyepakati kerja sama dengan perusahaan berbasis di Taiwan yaitu MediaTek.

Pada kerja sama strategis ini, kedua perusahaan ini menyepakati bahwa Intel akan memproduksi chip bagi MediaTek. Kerja sama ini tentunya menjadi menarik dan juga strategis bagi kedua belah pihak dimana ini di dalam pegemabngan produk-produk berteknologi tinggi.

Lebih lanjut dalam kerja sama strategis ini, pihak Intel menyebutkan bahwa produksi chipset bagi MediaTek nantinya akan menggunakan layanan dari Intel Foundry Sevices. Lewat layanan tersebut, Intel dapat berbagi fasilitas dengan perusahaan-perusahaan teknologi lainnya di dalam memproduksi chipset untuk kebutuhan berbagai teknologi yang ada.

Dengan adanya kerja sama tersebut, maka MediaTek diharapkan dapat memenuhi kebutuhan chipsetnya bagi memproduksi produk-produknya. Selain itu, hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk teknologi yang akan dihadirkan oleh MediaTek untuk kedepannya.

 

Baca juga: MateBook D16 : Laptop Huawei Terbaru Dengan Intel Gen 12

 

Chipset Untuk Perangkat Android

Kerja sama yang dilakukan antara Intel dan MediaTek dalam produksi chipset tersebut nantinya akan lebih berfokus untuk digunakan pada smartphone Android. Perlu diketahui bahwa pangsa pasar smartphone Android di seluruh dunia memang tengah menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi berbagai produsen teknologi global.

Selain Android, chipset yang diproduksi tersebut juga bisa digunakan pada berbagai perangkat pintar atau smart edge service. Tentu hal ini bisa dikatakan bahwa produksi chipset tersebut dapat menjangkau berbagai kebutuhan produksi perangkat pintar yang berteknologi tinggi.

Dalam keterangan resminya, pihak Intel mengaku kerja sama yang dilakukan bersama dengan pihak MediaTek ini dapat menjawab kebutuhan chipset secara global dan menyeleuruh. Lebih lanjut, kerja sama ini juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasokan chipset maupun semikonduktor milik MediaTek di wilayah Amerika Serikat dan juga Eropa.

Perlu diketahui bahwa perusahaan MediaTek sendiri terkenal sebagai pemasol chip untuk berbagai produk-produk teknologi terkenal. Sebut saja seperti OnePlus, Samsung, dan berbagai produsen lainnya tidak pernah absen untuk menggunakan chip yang berasal dari MediaTek tersebut.

 

Baca juga: Intel Hadirkan Chip Khusus Untuk Mining Bitcoin

Harapan Untuk Bantu MediaTek Dalam Produksi Chip

Mediatek

Mediatek

Dengan kerja sama strategis yang dijalankan antara pihak Intel dan juga MediaTek dalam produksi chip ini, diharapkan ini dapat menjadi langkah yang baik bagi MediaTek. Hal ini tidak terlepas di dalam pengembangan chipset yang semakin dibutuhkan di masa mendatang.

Selain itu, pihak MediaTek juga berharap bahwa kerja sama bersama Intel ini akan membuat peningkatan kualitas maupun kemandirian dalam memproduksi semikonduktor yang mampu bersaing dengan produsen-produsen lainnya dalam skala global.

 

 

Sumber: Dari berbagai sumber

Foto: InfoKomputer, WallpaperAccess

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Joe Biden akan memberikan subsidi hingga $6,4 miliar atau sekitar Rs 103,5 triliun kepada Samsung. Menurut...

Software

Unbox.id – Pemerintah Tiongkok telah mengeluarkan pedoman yang melarang penggunaan prosesor AMD dan Intel. Menurut Financial Times, seperti dikutip Engadget, larangan prosesor AS menandai...

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm resmi meluncurkan Snapdragon 7+ Gen 3 yang dilengkapi dengan kemampuan AI umum pada perangkatnya. Dijelaskan bahwa chipset Snapdragon ini mampu menjalankan...

Tech Industry

Unbox.id – Infinix akan mengirimkan chip Cheetah X1. Chip ini akan digunakan untuk meningkatkan manajemen daya di seri smartphone mereka yang akan datang. Infinix...