Connect with us

Hi, what are you looking for?

Realme

Review Realme 11, Handal untuk Gaming, Unggul di Segala Sisi

Review Realme 11

Last updated on 29 Agustus, 2023

Unbox.id – Sebuah pertanyaan menarik untuk realme 11, kenapa produk ini begitu underrated? Semuanya serba merendah namun langsung meninggi begitu kita mencoba smartphone ini. Karena banyak sekali jenis produk smartphone yang difokuskan untuk gaming, tapi jarang sekali smartphone yang ngebut untuk gaming namun juga dapat diandalkan untuk fotografi, khususnya di kelas harga 3jutaan.

Review Realme 11

Namun realme 11 sendiri bersama dengan pendahulunya realme 11 Pro Series 5G berhasil untuk hadirkan kedua bagian tersebut secara bersamaan. Dengan realme 11 sendiri memiliki karakteristik sebagai smartphone ngebut untuk gaming dan juga punya kamera mumpuni yang sangat baik untuk mengabadikan momen berharga Anda.

Seberapa menarik performa dari Helio G99 pada realme 11 ini? Untuk itu kita bedah total dengan gambaran pengalaman gaming dari setiap game android yang kami coba.

PUBG Mobile Begitu Strong

PUBG Mobile di Realme 11

Permainan seperti PUBG Mobile mungkin inilah kekuatan dari realme 11 dan Helio G99. Tidak heran bisa sangat smooth sekali bermain game dengan smartphone satu ini. Meskipun pengujian kali ini kita coba dari kekuatan medium terlebih dahulu.

Dengan skema RAM dinamis 8GB + 4GB saja, realme 11 sudah bisa melewati tes “Anti-Lag” dari tim Unbox. Sejatinya, Unbox sendiri suka uji coba smartphone dengan dua cara, pertama buat gaming seperti PUBG Mobile, MLBB dan Genshin Impact.

Selain itu, beberapa game ringan bahkan berat seperti game balap bakalan kami coba juga. Namun, khusus untuk PUBG Mobile sendiri rasanya sudah lebih dari cukup. Mungkin skema kedua adalah gunakan kekuatan penuh dengan RAM dinamis 8GB + 8GB alias 16 GB.

Bagaimana dengan Genshin Impact? 

Memainkan Genshin Impact pada realme 11 bisa dikatakan dapat berjalan baik tanpa harus khawatir pada settingan normal. Untuk smartphone di segmen harga Rp3 jutaan, realme 11 dapat menjalankan Genshin Impact dengan terbilang lancar berkat dukungan Helio G99 yang mendukung performa smartphone ini.

Namun, dengan chipset Helio G99 sendiri dan baterai 5.000 mAh sebenarnya masih oke tidak untuk ngegaming sampai lakukan foto-foto selama seharian? Pertanyaan menarik sekali.

Dukungan 67W SUPERVOOC Charge, Charger Beneran Cepat Banget

Sebagai pengguna realme di segmen entry-level sudah merasakan betapa cepatnya pengisian mereka. Namun, realme dengan Max Charging Combo-nya melalui 67W SUPERVOOC Charge ini membuktikan kalau kita bisa mengisi daya smartphone dalam waktu cepat sekali!

Mau bukti? Okay, kami membuat simulasi selama siang hari dan baterai di angka 50%. Karena butuh untuk main game, otomatis butuh cepat bukan? Karena itu kami coba untuk isi dengan kekuatan 67W SUPERVOOC Charge. Hasilnya, butuh waktu 15-16 menit setelah ditinggal ke kamar mandi dan ganti baju sudah lebih dari 90 persen pengisian dan 25-30 menit sudah 100 persen baterai terisi.

Memang benar, pengisian daya sebesar ini bisa membantu kita untuk langsung lakukan kegiatan seperti biasa.

Baca juga: Pilihan TWS Realme Harga Murah Dan Berkualitas Bagus

Dukungan RAM besar dan Helio G99 Sangat Mumpuni

Sebenarnya ini tantangan di segmen Rp3 Jutaan, dengan banyaknya handphone gaming dan konsumen yang begitu picky akan keinginan mereka bisa main game sekelas PUBGM dan Mobile Legend Bang-Bang.

Otomatis produsen berlomba hadirkan processor yang mendukung grafik maksimal. Sebenarnya untuk segmen handphone Rp3 Jutaan saja, sudah bisa stabil di angka 30 FPS itu sangat maksimal sekali. Dan realme berhasil melalui realme 11 sudah bisa menggapai angka tersebut.

Dalam pengujian, kami selalu monitor melalui gaming dashboard yang sudah tersedia di realme 4.0. Sebenarnya, saat memakai realme C15 pun juga sudah ada gaming dashboard. Namun, versi ini lebih lengkap dengan menu dan gambaran grafik gambar selama permainan.

Jadinya kita bisa memantau pergerakan rate gambar pada handphone tersebut. Hasilnya, beberapa game dengan visual sederhana justru melebihi ekspektasi lho. Seperti Lone Wolf atau Arena Breakout bisa hadirkan gambar tajam sampai 45 FPS (Saat pengujian terakhir).
Sampai ada beberapa game dengan grafik simpel saja sudah bisa tembus sampai 60 FPS dan tetap stabil sampai sekarang.

Bahkan untuk PUBGM dan Arena Breakout masih satu developer game dengan Unreal Engine juga tidak ada masalah sekali! Bukti, kalau realme sudah mengembangkan 11 ini melompat lebih jauh dari generasi sebelumnya.

Tampilan Glory Halo Design Begitu Ergonomis

realme 11

Bicara desain realme dengan Glory Halo Design tentu saja lebih menarik dan sangat ergonomis! Desain ini begitu mengejutkan sekali bagi saya yang juga merupakan realme user. realme memang dikenal selalu membawa desain yang memukau dan berbeda dari kebanyakan brand smartphone lain.

Namun, melalui Glory Halo Design ini, realme kembali melangkah lebih jauh dengan menyediakan desain yang anti-mainstream untuk smartphone di harga Rp 3jutaan. Bukan hanya menarik saat dilihat, namun juga nyaman saat digenggam dan digunakan. Sehingga, ini cocok buat main game lebih lama dan tidak buat tangan pegal sama sekali.

Warna emasnya sendiri juga menarik perhatian! Tidak heran kalau warna model ini bakalan jadi yang terlaris. Kalau melihat sekilas dari bentuknya saja sudah mewah seperti ini. Bahkan seukuran handphone dengan harga Rp3 jutaan saja sudah cukup mewah lho. Jarang sekali menemukan smartphone yang ngebut untuk gaming tapi juga memiliki desain yang keren seperti ini.

Baca juga: Deretan Ponsel Realme RAM 8GB Termurah Di Agustus 2023 Ini, Apa Saja?

Kamera Level Flagship

real

Jujur, untuk handphone Rp3 Jutaan saja sudah cukup untuk kita gunakan foto-foto ringan. Namun, realme mencoba melangkah lebih jauh. Beberapa foto di malam hari, ruangan sampai foto jalanan kami coba selama beberapa hari terakhir.

Hasilnya, dengan 108MP saja sudah pas sekali untuk mengambil beberapa gambar. Tentu saja bantuan AI kali ini berikan enhanced gambar lebih tajam dan menarik.

Soal transfer foto, dengan HeyTap Cloud dan realme nearby semuanya lebih mudah. Belum lagi dukungan realme Band 2 yang kami gunakan pun masih mendukung juga lho.

NFC

Tidak hanya dlengkapi dengan performa, desain, dan kamera yang memukau, realme 11 ini juga telah didukung dengan NFC. Salah satu fitur yang saat ini sangat berguna untuk mobilitas sehari-hari. Smartphone ini dapat dengan mudah Anda gunakan untuk mengecek maupun mengisi uang elektronik.

Kesimpulan

realme 11 sendiri memang ditakdirkan sebagai smartphone dengan kemampuan mumpuni. Performa dari setiap game sebenarnya tidak bisa jadi pegangan kuat. Namun, untuk game AAA sekelas Genshin Impact masih bisa dieksekusi dengan baik. 

Malah game dengan grafik sederhana yang bisa menembus angka 60 FPS. Walaupun memang ada sedikit kekurangan, tapi masih bisa dimaafkan mengingat smartphone ini dibanderol di harga Rp 3jutaan. Namun dibandingkan dengan kompetitor lain, smartphone ini bisa dibilang unggul di kelasnya.

Kesimpulannya, realme 11 memang smartphone yang lengkap dan mewah dari segi tampilan dan hadir dengan performa yang mumpuni untuk bermain game atau multitasking, bahkan untuk menghasilkan foto yang baik. 

Kemudian jika anda tertarik untuk membeli smartphone ini bisa dilakukan melalui online dan offline.

Jika anda berminat bertransaksi melalui online bisa memboyongnya melalui periode Flash Sale, eksklusif di realme.com, shopee dan akulaku tanggal 28 Agustus 2023 pukul 12.00 WIB. Dengan keuntungan harga khusus Rp.Rp. 3.499.000 dan gratis realme Buds T100.

Namun jika ingin pesan melalui jalur offline anda bisa mengkuti  pre-order secara offline di realme Brand Store, Erafone, dan toko mitra dengan menawarkan berbagai promo menarik. Diantaranya, gratis realme Buds T100, Cicilan 0% dengan DP 0% selama 6 bulan, trade-in dengan cashback hingga 500ribu rupiah (khusus di toko offline realme)  dan 6 bulan proteksi layar pada periode 23-31 Agustus 2023.

Tak cukup disitu, realme juga menjamin pengguna dengan layanan Leap Up Service meliputi gratis stiker bergambar edisi khusus untuk smartphone, perpanjangan masa pergantian unit, serta gratis penggantian anti gores, syarat dan ketentuan berlaku.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga