Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Rencana Microsoft Tambahkan OpenAI Pada Aplikasi Office

Microsoft Chat GPT_1
Microsoft saja punya bank khusus yang menyimpan aneka-makanan di menit-menit terakhir. (Sumber: Forbes)

Unbox.id – Microsoft kali ini sepertinya memiliki rencana besar untuk kecerdasan buatan (AI) di beberapa aplikasi dan layanannya. “Kecerdasan buatan akan mengubah cara Anda melakukan segalanya di Windows,” kata Panos Panay, kepala Microsoft Windows dan Surface, di acara tahunan Consumer Electronic Show minggu lalu.

Laporan terbaru dari The Information melaporkan bahwa Microsoft menyematkan teknologi AI GPT OpenAI ke dalam layanan Office 365 seperti Microsoft Word dan PowerPoint. Teknologi AI yang digunakan di MS Word dan PowerPoint sama dengan teknologi yang digunakan untuk menjalankan ChatGPT yang belakangan ini sangat ramai.

Ketahui Keuntungan Bagi Microsoft

Seperti yang diketahui, ChatGPT merupakan chat room yang berpura-pura bisa menjawab berbagai pertanyaan atau menampilkan informasi yang dicari penggunanya, layaknya mesin pencari internet (search engine).

ChatGPT berbeda dengan mesin pencari dan bertujuan untuk dapat menjawab pertanyaan pengguna dengan bahasa yang mudah dipahami dan memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi atau jawaban tertentu tanpa harus menggulir beberapa halaman hasil pencarian.

Teknologi AI ChatGPT memungkinkan pengguna membuat kalimat atau melengkapi kalimat secara otomatis saat menggunakan perangkat lunak MS Word dan PowerPoint. Laporan lain juga menyatakan bahwa Microsoft akan mengintegrasikan teknologi GPT OpenAI ke dalam Outlook.

Teknologi ini bertujuan agar pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari tanpa harus mencari kata kunci di email. Teknologi AI ini dikatakan mampu menyarankan tanggapan email atau merekomendasikan perubahan pada dokumen.

Baca juga: Microsoft Office Rebranding Menjadi Microsoft 365

Microsoft Dikabarkan Hadirkan Mesin Pencarian Internet

Lebih lanjut, Microsoft sebagai salah satu produk teknologi yang cukup menarik dan mumpuni juga turut hadirkan beragam pilihan terbaik untuk digunakan bagi pangsa pasar globalnya. Sebelumnya diberitakan bahwa Microsoft dikabarkan akan meluncurkan mesin pencari Internet (seperti Bing dengan teknologi GPT).

Jika AI ChatGPT benar-benar disematkan di Bing, Bing akan dapat menampilkan informasi yang secara spesifik ingin dicari pengguna, tidak rumit, tentunya dalam bahasa yang akan dihadirkan Microsoft pada akhir Maret versi baru Bing, kompatibel. dengan ChatGPT AI akan dilengkapi.

Tentunya dalam hal ini, pihak Microsoft juga akan semakin menjanjikan dan juga menarik untuk digunakan di waktu aktivitas penggunaan produk teknologinya itu. Bisa dikatakan bahwa sistem terbaru daru Microsoft ini akan mampu menghadirkan pilihan baru dalam penggunaan teknologi internet itu sendiri.

Baca juga: Microsoft Teams Premium Dirilis Dengan Ragam Fitur Baru

OpenAI Sebagai Mitra Microsoft

Microsoft OpenAI_1_3_1

Produk Microsoft menjadikan OpenAI sebagai mitranya. (Sumber: Phone World)

Teknologi OpenAI Microsoft sendiri adalah satu hal yang dinanti-nantikan. Karena OpenAI memang merupakan mitra Microsoft.

Perusahaan kecerdasan buatan yang berbasis di San Francisco di Amerika Serikat menerima 1 miliar USD (sekitar 11,6 triliun) dalam pendanaan dari Microsoft pada 2019. Dengan investasi ini, perusahaan menyepakati kemitraan strategis untuk beberapa tahun ke depan.

Microsoft awalnya menggunakan teknologi OpenAI untuk meningkatkan kemampuan layanan cloud Microsoft Azure. Namun, seiring berjalannya waktu tidak menutup kemungkinan teknologi AI OpenAI akan muncul di beberapa layanan Microsoft lainnya seperti Microsoft Word, PowerPoint, Outlook dan Bing seperti yang telah disebutkan.

Pada Oktober 2022, Microsoft mengumumkan akan menggunakan teknologi OpenAI lainnya, yaitu DALL-E 2, di Bing. Sebelum menggunakan kecerdasan buatan OpenAI, Microsoft dengan cermat melengkapi layanan yang dikembangkan sendiri dengan kecerdasan buatan.

Misalnya, perangkat lunak Microsoft Word dan PowerPoint dapat secara otomatis menyarankan gambar dan teks tayangan slide menggunakan algoritme kecerdasan buatan. Microsoft Teams menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan gema (refleksi suara).

Microsoft Editor juga menggunakan AI untuk pengejaan, pemeriksaan tata bahasa, dan prediksi teks untuk meningkatkan tulisan pengguna, sebagaimana The Verge.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penipuan menggunakan teknologi deepfake mengkhawatirkan sektor bisnis di Indonesia. Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengingatkan masyarakat akan pentingnya edukasi mengenai teknologi...

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penggunaan dan penyempurnaan Generative AI (GenAI) dan Generative Adversarial Network (GAN) jelas menjadikan kejahatan dunia maya semakin memprihatinkan. Ketika penjahat dunia...

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...