Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Rekomendasi Platform Mesin Pencari Pengganti Google

Platform
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Bagi pengguna yang mengandalkan fitur aplikasi Google untuk kegiatan sehari-hari, tentunya akan kesulitan jika platform tersebut mengalami pemblokiran oleh Kominfo. Berbagai jenis kegiatan baik dalam pembelajaran maupun pekerjaan banyak yang bergantung dengan layanan Google. Bahkan perusahaan besar pun menjalin mitra dengan Google.

Jika pemblokiran tersebut benar-benar terjadi, apa yang harus dilakukan oleh pengguna? Pastinya, ada beberapa alternatif platform mesin pencarian yang menyediakan layanan mirip seperti Google. Di mana platform tersebut dapat menjadi alternatif seandainya akses Google benar-benar menjadi ilegal.

Baca juga: Kominfo Ancam Blokir Google dkk Jika Tidak Melakukan Registrasi

Kali ini, redaksi akan mengulas salah satu mesin pencari selain Google yang memiliki layanan-layanan yang tak kalah menarik. Mesin pencari tersebut merupakan mesin pencari yang berasal dari Rusia. Ya, pasti anda sudah bisa menebaknya, yakni Yandex. Mesin pencari dengan ciri khas warna merah-kuning-hitam.

Platform Yandex Sebagai Alternatif Selain Google

Bagi anda yang mengakses layanan tersebut, namun kebingungan dengan aksara kiril, pastikan anda mengakses link Yandex.com, bukan Yandex.ru. Sebab, jika situs yang anda akses muncul dengan bahasa Rusia, maka kemungkinan besar anda telah mengakses Yandex.ru, bukan Yandex.com.

tampilan mesin pencarian Yandex

Di dalam mesin pencari ini, anda dapat mendaftar dan mendapatkan akun email dengan akhiran @yandex.com. Ketika mengakses email, kemungkinan kolom tersebut masih berbahasa Rusia, anda cukup mengubahnya dengan mengklik tombol bendera di pojok kanan bawah layar, lalu pindah ke bahasa Inggris.

Baca juga: Facebook Akan Hadirkan Fitur Multiple Profil Dalam 1 Akun

Selain email, Yandex juga menyediakan ruang penyimpanan untuk segala jenis dokumen yang anda miliki seperti foto, video, dan lain-lain. Namun, Yandex hanya memberi ruang sebesar 5 Gigabytes untuk akses gratis. Jika anda ingin menambah 100GB atau 1TB, anda bisa membayar layanan premium mulai dari 2 hingga 10 USD per bulan.

Tidak kalah menarik dengan Google, Yandex juga memiliki layanan maps yang dapat anda gunakan sebagai penunjuk arah. Selain itu, ia juga memiliki fitur terjemahan ke berbagai bahasa, dan juga telekonferensi yang bisa anda gunakan seperti Google Meet.

Sayangnya, platform ini tidak menyediakan layanan berbahasa Indonesia dan tidak memiliki aplikasi selengkap Google. Namun, ini tetap menarik untuk anda coba.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memperkenalkan beberapa solusi baru pada acara Google Next 2024. Salah satu solusi yang dihadirkan pada acara tersebut adalah Gemini Code Assist...

Tech Industry

Unbox.id – Google Doodle hari ini merayakan Hari Bumi 2024 dengan serangkaian gambar yang menampilkan kata “Google” dari gambar satelit. Hari Bumi 2024 atau...

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...