Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Rekomendasi Alat Pembersih Instan Lensa dan Kamera DSLR

Pembersih Kamera DSLR_1a
Pembersih Kamera DSLR. (Sumber: Adorama)

Unbox.id – Kamera DSLR bukanlah perangkat murah karena kamera ini dijual jutaan yang tidak semua orang mampu membelinya. Karena harganya yang cukup mahal, sayang sekali jika Anda tidak mampu membeli DSLR. Namun, kita tidak bisa sembarangan saat merawat kamera DSLR. Karena banyak komponen dan part yang cukup sensitif untuk disentuh dengan tangan kosong. Cara Merawat Kamera dan Lensa DSLR Anda Dengan peralatan yang tepat akan melindungi bodi dan lensa kamera dari kotoran dan goresan. Oleh karena itu, bagi Anda yang baru dan awam dalam merawat kamera dan lensa DSLR sebaiknya mengenal dulu jenis-jenis perlengkapan yang dibutuhkan. Berikut beberapa peralatan pembersih kamera dan lensa DSLR yang bisa Anda beli di toko kamera.

Blower

Pembersih kamera ini berbentuk oval menyerupai pompa karet yang dipadukan dengan pipa kecil untuk mengeluarkan udara. Kipas peniup sangat efektif untuk menghilangkan debu dan kotoran dari pinggiran bodi kamera DSLR dan lensa yang sulit dibersihkan dengan kuas.

Penggunaannya cukup sederhana, Anda hanya perlu menekan bagian karetnya agar angin bertiup ke bagian kamera yang ingin dibersihkan. Harga di pasaran sangat bervariasi, di Bukalapak, Tokopedia dan Lazada, harga ventilator mulai dari Rp 28-100.000 dan tersedia dalam berbagai ukuran dan variasi.

Lens Tissue

Lens Tissue_2b

Lens Tissue. (Sumber: eBay)

Item pembersih kamera selanjutnya adalah kain pembersih. Tapi tidak sembarang tisu bisa digunakan, harus dikhususkan untuk membersihkan lensa kamera. Anda dapat membelinya dengan mudah dari toko kamera atau situs belanja online.

Figure ini dirancang khusus dan lembut untuk membersihkan lensa optik dari noda dan sidik jari. Saat membersihkan lensa kamera DSLR Anda, usap searah jarum jam dari arah luar ke dalam dan jangan menekan terlalu keras agar lapisan lensa tidak tergores. Di toko online, harganya berkisar antara Rp7.000 hingga puluhan ribu rupiah, tergantung mereknya.

Micro Fiber dan Cairan Pembersih Lensa

Perlengkapan pembersih kamera selanjutnya adalah kain microfiber dan larutan pembersih lensa. Keduanya mudah didapatkan dengan sekali beli dari toko kacamata atau langsung dari toko kamera.

Dilarang keras menyemprotkan cairan langsung ke lensa atau body kamera. Cukup semprotkan pada kain mikrofiber lalu bersihkan. Sama seperti tisu, pembersihan lensa perlu dilakukan dengan hati-hati, dilakukan secara perlahan tanpa menggunakan tenaga yang berlebihan.

Baca juga: Daftar Filter Lensa Kamera Yang Sedang Ramai Digunakan

Swab Kit

Alat ini digunakan untuk membersihkan sensor kamera dan selama penggunaan anda perlu berhati-hati karena jika terjadi kesalahan maka sensor kamera anda akan tergores dan rusak. Seperti tidak mengerti sama sekali, anda harus mencari sedikit petunjuk agar tidak terjadi hal buruk pada kamera Anda.

Cotton bud juga mudah dibeli di toko offline maupun online, harganya berkisar Rp 80.000 hingga ratusan ribu rupiah di toko online. Kapas dengan ujung dan pegangan yang lembut. Kasa harus selalu bersih dan steril dari kotoran.

Lenspen

Lenspen_3c

Lenspen. (Sumber: Ayo Tekno)

Kamera DSLR dan alat pembersih lensa lainnya adalah pena lensa. Alat ini berbentuk seperti pulpen dengan dua sisi. Bagian pertama berupa kuas untuk menghilangkan debu dan sisanya terbuat dari bahan yang lembut, berguna untuk membersihkan sidik jari dan juga noda air yang menempel pada optik lensa.

Bersihkan kembali optik lensa tanpa tekanan dan juga bersihkan komponen seperti filter lensa dan sejenisnya. Harga lenspen di toko online sangat bervariasi, mulai dari Rp 20.000 hingga di atas Rp 100.000.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Huawei

Jakarta, Unbox.id — Produk smartphone terbaru buatan Huawei, yakni Pura 70 Ultra memberikan penawaran fitur retractable camera, atau kamera yang dapat ditarik. Sejatinya, fitur...

Kamera

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi terus memperluas jajaran produknya, menawarkan berbagai perangkat pintar yang cocok untuk hampir semua orang dan tujuan apa pun. Kali ini,...

Kamera

Unbox.id – Manfaat kamera mirrorless dalam dunia fotografi modern tidak bisa dianggap remeh. Alasannya karena keunggulan kamera mirrorless telah merevolusi cara fotografer memandang proses...

Kamera

Unbox.id – Jenis kamera yang digunakan sangat penting bagi setiap orang sebelum memasuki dunia fotografi. Pasalnya dengan memahami detail kamera, maka hasil pengambilan momen...