Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Realme 10 Pro Series di Indonesia Gunakan Chip Lama?

Realme 10 Pro Series_1
Ada kabar bahwa Realme 10 Pro Series menggunakan perangkat chipset versi lama di smartphonenya. (Sumber: YODU)

Unbox.id – Realme resmi memboyong dua produk jagoan terbaru dari keluarga Realme 10 Series, yakni Realme 10 Pro dan Realme 10 Pro Plus ke Indonesia. Kedua ponsel tersebut diresmikan dalam acara peluncuran di Jakarta. Realme 10 Pro dan Realme 10 Pro Plus versi Indonesia kurang lebih mirip dengan Realme 10 Pro dan Realme 10 Pro Plus versi Tiongkok dan India dari segi tampilan dan spesifikasi.

Spesifikasi dan Harga Realme 10 Pro Plus 5G di Indonesia Namun, ada beberapa hal yang membuat seri Realme 10 Pro di Indonesia sedikit berbeda dengan seri Realme 10 Pro di Tiongkok dan India. Apa saja ya yang berbeda?

Masih Menggunakan Chipset lama

Realme 10 Pro Series_2

Masih menggunakan chip versi lama, Realme 10 Pro Series masih cukup mumpuni dengan spek terbarunya. (Sumber: Indozone)

Salah satu perbedaan antara seri Realme 10 Pro versi Indonesia dengan versi Tiongkok dan India adalah karena chipset Realme 10 Pro Plus. Sementara Realme 10 Pro Plus versi Tiongkok dan India menggunakan chipset Mediatek Dimensity 1080, ponsel yang sama versi Indonesia hanya akan ditenagai oleh chipset Mediatek Dimensity 920 generasi sebelumnya.

Kedua chipset Mediatek tersebut sebenarnya sudah mendukung 5G dan dibekali prosesor (CPU) octa-core yang terdiri dari dua inti Cortex-A78 dan enam inti Cortex-A55. Hanya saja clock speed maksimum CPU pada chipset Dimensity 1080 sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Dimensity 920 yaitu 2.6GHz berbanding 2.5GHz.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Realme 10 Pro Plus versi Tiongkok dan India memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan Realme 10 Pro Plus versi Indonesia.

Baca juga: Diam-Diam Realme V23i 5G Dihadirkan Dengan Sistem Tangguh

Beda RAM dan Juga Storage

Di Indonesia, Realme 10 Pro hanya memiliki satu varian RAM yakni 8 GB dengan dua pilihan penyimpanan yakni 128 GB dan 256 GB.

Padahal, berbeda dengan versi Indonesia, realme 10 Pro versi India hadir dengan tambahan varian RAM, yakni kapasitas 6 GB selain kapasitas 8 GB. Kapasitas penyimpanan yang tersedia tetap sama yakni 128 GB dan 256 GB.

Kemudian untuk pasar Tiongkok, Realme juga menawarkan versi RAM 12 GB dari Realme 10 Pro selain varian RAM 8 GB (tanpa varian RAM 6 GB). Versi penyimpanan yang tersedia untuk Realme 10 Pro versi Tiongkok hanya 256 GB.

Beralih ke model lainnya, Realme 10 Pro Plus versi Indonesia hadir dalam varian RAM 8GB dan 12GB, selain itu juga tersedia dua pilihan penyimpanan yaitu 128GB dan 256GB. Di pasar India, Realme meluncurkan varian RAM 6GB dari Realme 10 Pro Plus.

Namun, mereka tidak memasarkan Realme 10 Pro Plus untuk varian RAM 12GB. Pilihan penyimpanan yang tersedia tetap sama, yaitu 128GB dan 256GB.

Baca juga: Realme 10 Tambah Gahar Dengan Kapasitas Besar!

Lebih Mahal Rp 1 Juta dari Tiongkok dan India

Mengonversi mata uang Tiongkok dan India, harga seri Realme 10 Pro termurah di dua negara ini adalah Rp 3,6 juta, lebih mahal 1 jutaan dari harga di Indonesia.

Selisih harga tersebut semakin besar ketika membahas harga retail Realme 10 Pro Plus di Indonesia, Tiongkoj , dan India. Misalnya di pasar Indonesia, varian tertinggi (12GB/256GB) Realme 10 Pro Plus dijual Rp 7 jutaan, selisih Rp 1,8 jutaan untuk model dan versi yang sama di pasar Tiongkok.

Perbedaan harga ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa karena mata uang Indonesia, Tiongkok, dan India memiliki nilai yang berbeda, atau mungkin ada biaya lain yang harus dibayarkan Realme di ketiga negara tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Realme resmi meluncurkan smartphone murah terbarunya di Indonesia, khususnya Realme C63. Sebenarnya kehadiran smartphone ini sudah diketahui sejak pekan lalu di situs...

Realme

Unbox.id – Realme telah memastikan siap mengambil alih pasar global dengan hadirnya smartphone andalan terbarunya Realme GT 6. Smartphone tersebut rencananya akan diperkenalkan ke...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Realme baru saja mengumumkan harga baru Realme C51s di pasar Indonesia. Kini harga smartphone ini lebih terjangkau dengan cashback Rp 100.000. Dalam...

Realme

Jakarta, Unbox.id — Sebelumnya, Realme telah meluncurkan produk smartphone dengan merk P1 Pro, di mana ponsel cerdas tersebut telah meluncur pada April 2024 lalu....