Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Rangkaian Acara Apple Scary Fast Direkam Pakai Kamera iPhone 15 Pro Max

Apple Scary Fast_1a
Apple Scary Fast. (Sumber: The Hans India)

Unbox.id – Apple baru saja mengadakan acara khusus bertema Halloween untuk memperkenalkan MacBook Pro dan iMac terbaru yang dilengkapi chip M3. Acara ini disebut Scary Fast dan disiarkan di televisi dan streaming online. Secara khusus, presentasi berdurasi 30 menit ini tidak hanya memperkenalkan inovasi produk tetapi juga menarik perhatian. Memang seluruh rangkaian acara direkam menggunakan kamera iPhone 15 Pro Max. Pesan terakhir dari CEO Apple Tim Cook mengungkapkan bahwa acara tersebut direkam di iPhone dan diedit di Mac. Hal ini secara tidak langsung menonjolkan kemampuan multimedia luar biasa yang dimiliki perangkat besutan raksasa teknologi Amerika ini. Mengutip 9to5Mac, penggunaan iPhone 15 Pro Max sebagai alat perekam utama menonjolkan fitur video dari lini ponsel barunya. Meskipun Apple selalu memuji kemampuan pembuatan film kamera iPhone berkualitas Hollywood, ini adalah pertama kalinya seluruh acara difilmkan menggunakan iPhone.

Mampu Merekam Dalam ProRes Log Pada 60 Fps

Apple Scary Fast_2b

Apple Scary Fast. (Sumber: CNET)

Pemilihan iPhone 15 Pro bukan tanpa alasan, HP ini mampu merekam dalam ProRes Log pada 60 fps. Format ini menggabungkan kompresi rendah dari ProRes dengan format warna Log, yang umumnya digunakan dalam industri film untuk koreksi warna yang presisi.

Apalagi, seri iPhone 15 Pro juga menjadi smartphone pertama yang mendukung ACES, Sistem Pengkodean Warna Academy, sebuah standar global dalam teknik pewarnaan. Keunggulan lainnya adalah kemampuan untuk terhubung ke penyimpanan eksternal melalui port USB-C 3, memungkinkan pengguna merekam video secara langsung di sana.

Pengguna iPhone 15 Pro Max juga dapat menikmati kemampuan merekam video dengan 5x optical zoom tanpa kehilangan detail gambar. Dengan acara yang direkam dengan kamera iPhone 15 Pro Max ini, Apple mungkin membuka halaman baru untuk merekam acara spesialnya dengan iPhone. Ini akan menghadirkan pengalaman baru dan memamerkan kemampuan perangkat mereka.

Apple Scary Fast

Untuk diketahui, Apple Scary Fast merupakan event terkini yang baru saja digelar perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu. Pada acara ini, Apple juga mengungkap iMac dan iPad terbaru. Apple Scary Fast digelar pada 30 Oktober 2023 pada jam 8 malam waktu setempat atau pukul 7 pagi WIB.

Perusahaan pun sudah menyebar dan memasang udangan bertajuk Scary Fast di situs Apple.com dan kanal YouTube mereka. Laman web Apple untuk acara ini memperlihatkan animasi logo perusahaan berubah menjadi ikon Finder, dan banyak yang meyakini ini menandakan seri Mac baru akan diumumkan.

Mengutip laporan Mark Gurman dari Bloomberg, acara Scary Fast Apple akan fokus pada pengumuman lini produk Mac baru. Menurut rumor yang beredar saat ini, Apple akan merilis iMac 24 inci dan MacBook Pro baru.

Prediksi ini muncul karena lini MacBook Pro dan iMac 14 inci dan 16 inci mulai ketinggalan zaman, sehingga menunjukkan bahwa Apple akan merilis model baru untuk kedua produk tersebut. Banyak orang mengira laptop baru ini akan memiliki performa kencang – sesuai dengan slogan Scary Fast – berkat chipset Apple M3.

Meskipun perusahaan biasanya meluncurkan iPad generasi baru pada bulan Oktober, analis Ming-Chi Kuo yakin lini iPad baru Apple akan diluncurkan tahun depan.

Baca juga: Apple Hadirkan AI Generatif Seperti ChatGPT Di IOS 18

Analis Sebut Harga iPhone 15 Bakal Melonjak

iPhone 15_3c

iPhone 15. (Sumber: Gadgetnia Infotech)

Sementara itu, Nikkei Asia melaporkan biaya produksi iPhone 15 jauh lebih tinggi dibandingkan model iPhone 14. Situasi ini akan berdampak pada harga iPhone 16 yang menekan keuntungan Apple.

Mengutip MacRumors, Selasa (24 Oktober 2023), harga perakitan iPhone 15 Pro Max diperkirakan 558 USD (sekitar Rp 8,8 juta), meningkat 12% dibandingkan model iPhone 14 Pro Max yang dirilis pada tahun 2022.

Angka tersebut menjadi rekor total harga komponen iPhone. Dari tahun 2018 hingga 2021, total biaya komponen untuk model iPhone “Pro Max” Apple berkisar antara 400 hingga 450 USD atau setara dengan Rp 6,3 hingga 7,1 juta. Kemudian meningkat sekitar 20% pada tahun 2022 dan akhirnya mencapai angka tertinggi sepanjang masa saat ini sebesar 558 USD, atau sekitar Rp 8,8 juta.

Khusus harga lensa telefoto iPhone 15 Pro Max mencapai Rp 478.000 atau setara dengan peningkatan hampir 4 kali lipat dibandingkan model sebelumnya. Begitu pula dengan rangka titanium yang dibanderol sekitar Rp 800.000, meningkat 43% dibandingkan rangka baja tahan karat pada perangkat sebelumnya. Chip A17 Pro juga dijual Rp 2 jutaan. Peningkatan 27% dibandingkan chip A16 Bionic.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Bootloop di iPhone merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan. Banyak pengguna yang panik saat menghadapi masalah ini. Mengutip GizChina, bootloop merupakan...

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...