Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Ragam Fitur Pesan Terbaru di Sistem iOS 16

iOS 16_1_1
Ada beberapa fitur terbaru untuk aplikasi pesan Apple yang dihadirkan dari sistem terbaru iOS 16. (Sumber: UMA)

Unbox.id – Produsen Apple merupakan salah satu produsen yang memiliki beragam keunikkan dan juga kecanggihan di dalam produknya tersebut. Sejalan akan hal tersebut, Apple belum lama ini telah menghadirkan sebuah operasi sistem terbarunya yang bernama iOS 16 di mana produk ini menjadi yang cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari dari para penggunanya. Seiring dengan produk operasi sistemnya tersebut, sistem ini mampu hadirkan fitur yang mumpuni pada pesan dari perangkatnya tersebut. Lalu, apa sajakah fitur terbaru pada perangkat pesan untuk smartphone dari besutan operasi sistem ini?

Membatalkan Pesan Terkirim

iOS 16_2_1

Sistem operasi iOS 16 hadirkan fitur pembatalan pesan yang telah terkirim. (Sumber: Macworld)

Fitur pertama di dalam operasi sistem iOS 16 yang bisa menjadi daya tarik utama dari para pengguna Apple adalah dengan menghadirkan fitur yang satu ini. Ya, fitur tersebut adalah melakukan pembatalan pesan terkirim yang telah dilakukan oleh para pengguna Apple. Fitur ini pastinya menjadi salah satu fitur yang cukup membantu untuk penggunaan pengiriman pesan dalam kesehari-hariannya.

Untuk melakukan pembatalan pada pesan yang telah terkirim tersebut, para pengguna Apple perlu memperhatikan lebih lanjut tentang penggunaan dari fitur ini. Ketika melakukan pembatalan tersebut, para penggunanya dapat melakukan pembatalan pengiriman pesannya tersebut hingga 2 menit setelah pesan telah dikirim.

Selain itu untuk melakukan pembatalan pesan yang telah terkirim tersebut, caranya bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Caranya adalah dengan menekan lama di bagian bubble chat. Setelahnya akan muncul pengaturan pesan dan klik pilihan “Undo Send”. Jika sudah, maka pesan akan dibatalkan pesannya yang telah dikirim ke para pengguna Apple lainnya tersebut.

Baca juga: Daftar IPhone Yang Kebagian Sistem IOS 16

Melakukan Editing Pada Pesan Terkirim

Fitur lainnya yang dihadirkan di dalam pembaruan sistem operasi iOS 16 pada fitur pesan di dalam perangkat Apple para penggunanya adalah di mana para penggunanya bisa melakukan editing pada pesan terkirim kepada pengguna lainnya. Hadirnya fitur edit pesan saat mengirim pesan tersebut menjadi fitur andalan lainnya dari sistem pembaruan iOS 16 oleh Apple.

Dalam melakukan pengeditan pesan yang terkirim, para penggunanya memiliki waktu selama 15 menit setelah pesan yang dimaksudkan tersebut telah dikirim kepada pengguna Apple lainnya. Untuk pengeditan tersebut, para penggunanya bisa melakukan pengeditan pesan di mana untuk satu pesannya bisa diedit sebanyak lima kali oleh para penggunanya.

Lebih lanjut untuk melakukan pengeditan tersebut, pengguna Apple bisa menekan tombol chat yang telah terkirim dan memilih opsi “Edit”. Setelah itu, para pengguna bisa mengetik teks yang baru untuk mengganti teks yang akan diganti tersebut. Perlu diketahui jika para pengguna melakukan pengeditan teks, nantinya terdapat status “Diedit” di bawah bubble chat tersebut untuk menandakan bahwa pesan tersebut telah di edit.

Baca juga: IOS 16 Resmi Hadir, Begini Cara Update Sistemnya

Pulihkan Pesan Yang Telah Terhapus

iOS 16_3_1

Sistem terbaru dari iOS milik Apple ini juga mempunyai fitur terbaru di mana hadirkan pemulihan pesan pada perangkatnya. (Sumber: Appsntips)

Bagi sistem operasi iOS 16, ada fitur lainnya yang cukup menarik di mana para pengguna Apple bisa mendapatkan sebuah fitur yang cukup mumpuni untuk menunjang penggunannya sehari-hari. Salah satu fitur yang cukup penting untuk digunakan adalah dengan adanya fitur pemulihan pesan yang telah terhapus di dalam perangkat Apple milik penggunanya.

Untuk mendapatkan pemulihan pesan di dalam perangkatnya tersebut, para pengguna hanya bisa melakukan pemulihan pada pesan yang telah terhapus dengan memiliki maksimal hingga 30 hari. Cara untuk mendapatkan pemulihan tersebut bisa dikatakan cukup mudah untuk dilakukan oleh para pengguna Apple di fitur pesannya tersebut.

Guna memulihkan pesan yang ada, para penggunanya bisa klik opsi “Edit” dan memilih opsi “Show Recently Deleted”. Setelahnya nanti akan muncul pesan yang telah terhapus dan klik pilihan “Recover” untuk memulihkan pesan yang telah terhapus itu.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple disebut-sebut telah memilih raksasa mesin pencari Tiongkok Baidu sebagai mitra teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk iPhone 16 dan produk lainnya. Informasi...

Tech Industry

Unbox.id – Daya tahan baterai ponsel pintar akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jadi, penting untuk menjaga kesehatan baterai ponsel Anda. Beberapa produsen smartphone sudah...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple berencana menjual headset VR barunya, Vision Pro, di berbagai negara. Meski ada laporan Vision Pro akan dirilis di negara lain, namun...