Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Qualcomm Ungkap Smartphone Yang Bisa Terhubung ke Satelit

Snapdragon Satellite_1
Qualcomm hadirkan smartphone satelite yang canggih untuk konektivitas para penggunanya. (Sumber: Okezone Techno)

Unbox.id – Qualcomm mengumumkan kerja sama dengan beberapa vendor smartphone di ajang Mobile World Congress/MWC 2023, di Barcelona, ​​​​Spanyol. Vendor smartphone yang bekerja sama dengan Qualcomm antara lain Honor, Motorola, Nothing, Oppo, Vivo, dan Xiaomi. Melalui kemitraan ini, Qualcomm dan merek smartphone yang disebutkan di atas akan mengembangkan smartphone dengan kemampuan komunikasi satelit, menggunakan Satelit Snapdragon yang baru. Sekadar informasi, Satelit Snapdragon adalah solusi perpesanan satelit dua arah pertama di dunia untuk telepon pintar.

Produk Bernama Snapdragon Satellite

Snapdragon satelite_2

Produk yang dihadirkan oleh Qualcomm tersebut bernama Snapdragon Satellite yang canggih dengan konektivitas satelit tersebut. (Sumber: Engadget)

Teknologi Satelit Snapdragon ini menyediakan cakupan global kutub ke kutub dan mendukung perpesanan dua arah untuk digunakan dalam keadaan darurat, SMS, dan aplikasi perpesanan darurat lainnya di lokasi yang jauh di mana koneksi seluler tidak didukung.

Solusi ini mendukung orbit rendah Bumi (LEO) dan konstelasi satelit Iridium, memungkinkan koneksi satelit berdaya rendah dan latensi rendah menggunakan spektrum L-band yang tahan cuaca.

Wakil Presiden Manajemen Produk Qualcomm Technologies, Francesco Grilli, mengatakan: “Hubungan jangka panjang Qualcomm dengan Honor, Motorola, Nothing, Oppo, Vivo, dan Xiaomi berakar pada inovasi dan menghadirkan pengalaman terhubung kepada konsumen”.

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 2 Jadi Chip Qualcomm Terkuat Sekarang

Bisa Kirim Pesan Lewat Satelit

“Dengan menggabungkan Satelit Snapdragon ke dalam perangkat generasi berikutnya, mitra kami dapat mengirimkan pesan satelit melalui konstelasi LEO global yang tersedia secara komersial, untuk memungkinkan pengguna di seluruh dunia berkomunikasi dengan penyedia layanan darurat, keluarga, dan teman,” kata Grilli.

Melalui kemitraan ini, Satelit Snapdragon akan tersedia di semua sistem Modem-RF 5G mendatang dan tingkatan platform seluler Snapdragon, dari Seri 8 hingga 4, dengan ekosistem yang semakin matang.

Dukung Segmen Lain Selain Smartphone

Selain smartphone, satelit Snapdragon diharapkan dapat diperluas ke jenis perangkat lain di segmen komputasi, otomotif, dan IoT.

Seiring pertumbuhan ekosistem, vendor ponsel pintar dan pengembang aplikasi akan dapat membedakan diri mereka sendiri dan menawarkan layanan bermerek unik dengan memanfaatkan konektivitas satelit.

Satelit Snapdragon dirancang untuk mendukung jaringan 5G out-of-the-way (NTN) karena infrastruktur dan konstelasi satelit NTN yang ada.

Baca juga: Huawei Uji Coba Chip Kirin Terbaru Untuk Saingi Snapdragon

Konektivitas Satelit di iPhone 14

Sebelumnya, Apple mengumumkan akan memperluas fitur Emergency SOS melalui satelit di iPhone 14 ke beberapa negara Eropa, yang sebelumnya hanya tersedia di AS dan Kanada.

Beberapa negara Eropa yang sudah bisa menjajal fitur iPhone 14 adalah Prancis, Jerman, Irlandia, dan Inggris. Sebagai informasi, iPhone 14 memiliki koneksi satelit internal yang dapat digunakan untuk mengirim pesan SOS darurat saat tidak ada sinyal seluler.

Layanan ini tersedia untuk semua pengguna iPhone 14 di iOS 16.1 di negara yang didukung dan gratis selama dua tahun sebelum pembelian diperlukan.

Kehadiran fitur tersebut berarti lebih banyak orang akan dapat menelepon 112 saat mereka tidak memiliki jangkauan seluler dan membutuhkan bantuan darurat, kata Gary Machado, direktur eksekutif Asosiasi Nomor Darurat Eropa. “Kami percaya ini akan menyelamatkan banyak nyawa dan memberikan bantuan yang signifikan untuk layanan darurat yang sering menangani penyelamatan yang sangat kompleks,” katanya.

Fitur SOS darurat satelit diaktifkan dengan menekan dan menahan tombol daya dan volume atau dengan menekan sebentar tombol daya lima kali. Antarmuka kemudian memandu pengguna ke arah terbaik, mengarahkan iPhone ke sinyal terbaik.

Setelah masuk, pengguna dapat membuka antarmuka perpesanan dengan penyedia layanan darurat, dan telepon juga akan mengumumkan lokasinya. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, pengguna akan menerima pemberitahuan bahwa responden telah diberi tahu dan harus tetap di tempatnya.

Apple menambahkan bahwa dukungan untuk fitur SOS Satelit Darurat diharapkan akan tersedia di lebih banyak negara pada tahun 2023.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Vivo akan mengumumkan ponsel pintar terbaru model T3x dengan konektivitas 5G. Ponsel 5G baru yang ramah anggaran, pada 17 April di...