Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Qualcomm Menggebrak MWC 2024 dengan Platform AI

Qualcomm MWC 2024_1a
Qualcomm MWC 2024. (Sumber: World Techno News)

Unbox.id – Qualcomm baru saja mengumumkan sejumlah teknologi baru dalam AI sintetik, komputasi cerdas, dan konektivitas nirkabel di Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024. Perusahaan percaya bahwa teknologi baru ini dapat mempercepat proses transformasi digital, mendorong pertumbuhan ekonomi baru, dan mengantarkan pada pertumbuhan ekonomi. konvergensi kecerdasan buatan (AI) dan konektivitas ke era baru. Qualcomm memperkirakan bahwa AI akan memberikan dampak signifikan pada berbagai industri, dengan potensi menghasilkan antara $2,6 triliun hingga $4,4 triliun per tahun. Cristiano Amon, Chairman dan CEO Qualcomm Incorporated, mengatakan dalam pernyataannya: “Masa depan AI generasi berikutnya adalah hybrid, dengan kecerdasan yang tertanam dalam perangkat yang bekerja secara kolaboratif dengan cloud untuk menghadirkan personalisasi, privasi, keandalan, dan efisiensi yang lebih baik.” “Konektivitas sangat penting untuk membantu kecerdasan buatan tumbuh dan berkembang di cloud, di edge, dan di seluruh perangkat, dan solusi AI memungkinkan kami menghadirkan konektivitas generasi berikutnya. Theo berpotensi mendukung era kecerdasan buatan ini.

Qualcomm AI Hub

Qualcomm MWC 2024_3c

Qualcomm MWC 2024. (Sumber: ZDNet)

Platform ini mencakup lebih dari 75 model AI yang dioptimalkan untuk perangkat Snapdragon dan Qualcomm, tempat pengembang dapat mengintegrasikan model ini ke dalam aplikasi mereka.

Hal ini mempercepat waktu pengembangan dan memberikan manfaat AI pada perangkat seperti kecepatan, keandalan, privasi, personalisasi, dan penghematan biaya.

Konektivitas Nirkabel Generasi Berikutnya

Qualcomm juga meluncurkan platform modem-to-antenna 5G tercanggih di dunia, Snapdragon X80 5G Modem-RF System. Platform ini menghadirkan:

  • Kemampuan 5G-Advanced: Mendukung kecepatan data lebih tinggi, latensi lebih rendah, dan cakupan lebih luas.
  • Komunikasi Satelit NB-NTN: Konektivitas ke jaringan non-terestrial untuk area yang tidak terjangkau oleh sinyal seluler.
  • Akselerator Tensor: Meningkatkan throughput, kualitas layanan, cakupan, latensi, efisiensi spektrum, dan efisiensi daya.
  • Kinerja yang dioptimalkan oleh AI: Mengadaptasi dengan kasus penggunaan dan lingkungan tertentu untuk optimasi konsumsi daya, latensi jaringan, dan throughput.
  • Teknologi Wi-Fi 7, Bluetooth, dan Ultra Wideband: Terintegrasi dalam satu chip untuk konektivitas yang lebih cepat, lebih stabil, dan lebih aman.

Demonstrasi Teknologi Terdepan

Qualcomm memamerkan berbagai demonstrasi teknologi terdepan di MWC Barcelona, termasuk:

  • Large Multimodal Model (LMM) pertama di dunia dengan lebih dari 7 miliar parameter pada smartphone Android.
  • Stable Diffusion with Low Rank Adaptation (LoRA): Teknik yang memungkinkan Generatif AI on-device yang lebih baik.
  • LMM dengan lebih dari 7 miliar parameter pada PC Windows yang menerima input teks dan audio dan menghasilkan percakapan multi-turn.

Baca juga: Kenapa Galaxy S24 Dan S24 Plus Pakai Exynos 2400, Bukan Qualcomm?

Ketahui Lebih Lanjut Tentang Qualcomm

Qualcomm MWC 2024_2b

Qualcomm MWC 2024. (Sumber: 91 Mobiles)

Qualcomm adalah perusahaan teknologi multinasional yang berkantor pusat di San Diego, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini dikenal mengembangkan dan memproduksi berbagai chip dan teknologi terkait untuk industri telekomunikasi, khususnya pada ponsel pintar dan peralatan jaringan nirkabel. Berikut beberapa poin penting tentang Qualcomm:

  • Chipset Mobile: Salah satu produk utama Qualcomm adalah chipset mobile. Mereka menghasilkan serangkaian prosesor aplikasi (AP) dan modem seluler yang digunakan dalam banyak ponsel pintar dan perangkat mobile lainnya. Produk-produk terkenal mereka termasuk seri Snapdragon, yang terkenal dengan kinerja tinggi dan efisiensi daya yang baik.
  • Modem: Qualcomm juga terkenal dengan modul modemnya yang canggih. Modem mereka digunakan dalam banyak ponsel pintar dan perangkat yang memerlukan koneksi nirkabel cepat dan andal, termasuk 4G LTE dan 5G.
  • Inovasi Teknologi: Qualcomm terlibat dalam riset dan pengembangan teknologi canggih untuk industri telekomunikasi. Mereka sering menjadi pionir dalam memperkenalkan teknologi baru, seperti Quick Charge untuk pengisian daya cepat, teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam chipset mereka, dan banyak lagi.
  • Patent dan Lisensi: Qualcomm memiliki portofolio paten yang sangat besar dalam industri telekomunikasi. Mereka menggunakan strategi lisensi paten yang kuat, yang telah menjadi sumber utama pendapatan bagi perusahaan.
  • Kemitraan Industri: Qualcomm bekerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi dan operator telekomunikasi di seluruh dunia. Mereka sering kali menjadi mitra bagi produsen perangkat dan operator jaringan untuk mengintegrasikan teknologi mereka ke dalam produk dan layanan.
  • Diversifikasi: Meskipun Qualcomm terutama dikenal karena produk-produknya dalam industri telekomunikasi, perusahaan ini juga terlibat dalam berbagai bidang lain, termasuk Internet of Things (IoT), mobil otonom, dan komputasi awan.
  • Kehadiran Global: Qualcomm memiliki kehadiran global dengan kantor dan fasilitas penelitian dan pengembangan di berbagai negara di seluruh dunia.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, kembali menjadi perbincangan setelah mengutarakan pandangannya tentang kecerdasan buatan (AI). Dalam wawancara...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...

Apps & Games

Unbox.id – Google baru saja mengumumkan kabar baik untuk semua pengguna Android. Pengguna tablet atau ponsel Android kini dapat menggunakan fitur pengeditan foto di...

Tech Industry

Unbox.id – Google Cloud Next 2024 saat ini sedang diadakan di Las Vegas, AS. Acara ini merupakan kesempatan untuk memamerkan produk dan inovasi terbaru...