Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Ponsel Cepat Panas? Kenali Penyebab dan Solusinya

Smartphone Gaming_1sgg
Ketahui beberapa tips apagbila ponsel cepat panas ketika bermain game berat. (Sumber: Back2Gaming)

Last updated on 28 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Ponsel cepat panas menjadi masalah umum yang sering muncul saat ini. Kenaikan suhu perangkat yang berlebih pada ponsel dapat mengganggu kinerja perangkat dan bahkan menyebabkan kerusakan perangkat secara keseluruhan. 

baca artikel menarik lainnya tentang : bagaimana cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum mengapa ponsel cepat panas:

1. Penggunaan Aplikasi yang Berat

Aplikasi yang membutuhkan daya prosesor atau RAM yang tinggi dapat membuat HP cepat panas. Misalnya, aplikasi permainan dengan grafis tinggi atau aplikasi multimedia yang membutuhkan pemrosesan data yang besar. 

Penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut dalam waktu yang lama dapat menyebabkan HP cepat panas.

Baca juga: One UI 6.0 Samsung Hadir di Sistem Operasi Android 14

2. Kondisi Lingkungan yang Tidak Sesuai

Panas juga dapat timbul karena kondisi lingkungan yang tidak sesuai. Misalnya, jika memainkan ponsel dalam suhu ruangan yang terlalu tinggi atau di bawah sinar matahari langsung. 

Suhu tinggi di sekitar ponsel dapat mempengaruhi suhu perangkat secara keseluruhan dan menyebabkan ponsel cepat panas

3. Overcharging atau Penggunaan Charger yang Salah, sehingga ponsel cepat panas

Meninggalkan ponsel terus-menerus terhubung dengan charger yang tidak tepat atau terlalu lama bisa menyebabkan panas berlebih pada ponsel. 

Penggunaan charger yang tidak kompatibel dengan perangkat atau memiliki daya yang terlalu tinggi juga dapat menjadi penyebab ponsel cepat panas.

4. Update Perangkat Lunak yang Buruk

Pemasangan pembaruan perangkat lunak yang buruk atau tidak kompatibel dalam ponsel dapat membuat perangkat tidak efisien dalam mengelola sumber daya. Ini bisa menyebabkan peningkatan suhu pada ponsel dan membuatnya cepat panas.

Baca juga: Data Center Microsoft Beralih Dengan Sumber Energi Terbaru

5. Defek pada Baterai atau Perangkat Keras

Baterai yang rusak atau usang bisa menjadi penyebab utama perangkat cepat panas. Selain itu, masalah dengan komponen perangkat keras, seperti CPU (Central Processing Unit) atau GPU (Graphics Processing Unit), juga dapat menyebabkan kenaikan suhu pada ponsel.

Untuk mengatasi masalah ponsel yang cepat panas, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Pertama, pastikan untuk tidak menggunakan aplikasi yang membutuhkan daya prosesor yang tinggi dalam waktu yang lama. 

Kedua, gunakan ponsel di lingkungan yang sesuai dan hindari paparan langsung sinar matahari. Ketiga, pastikan menggunakan charger yang tepat dan tidak meninggalkan ponsel terhubung dengan charger terlalu lama. 

Terakhir, jika masalah tetap berlanjut, ada baiknya untuk memeriksa ponsel ke pusat servis resmi untuk mengecek apakah ada masalah pada baterai atau komponen perangkat keras lainnya.

Ponsel cepat panas bukan hanya mengganggu penggunaan perangkat, tetapi juga dapat berdampak pada masa pakai perangkat. 

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan penyebab dan mengatasi masalah ini segera agar dapat mempertahankan kinerja perangkat yang baik dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Setiap bulannya, aplikasi benchmark AnTuTu selalu mengungkap beberapa smartphone terbaik besutan perusahaan. Di bulan Juli, dengan banyaknya smartphone baru yang diluncurkan termasuk...

Realme

Unbox.id – Realme termasuk salah satu vendor yang memiliki hp dengan RAM 8 GB cukup banyak. Menariknya, hp realme RAM 8 GB ditawarkan dengan...

Tech Industry

Unbox.id – Google baru saja merilis pembaruan Android 15 beta 3. Pembaruan tersebut menghadirkan sejumlah fitur baru ke ponsel Android. Seperti dilansir Gadgets360, salah...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Di sisa pertengahan tahun ini, iQOO memiliki agenda untuk meluncurkan tiga ponsel besar untuk pasar China. Tiga jenis ponsel merk tersebut...