Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Platform OpenAI Telah Luncurkan GPTs

OpenAI GPTs_1a
OpenAI GPTs. (Sumber: Search Engine Journal)

Unbox.id – OpenAI baru saja mengumumkan peluncuran versi khusus ChatGPT, di mana pengguna dapat membuat chatbot berdasarkan tujuan dan kebutuhannya tanpa perlu mengetahui pemrograman. OpenAI menyebutnya GPT. Perusahaan mengatakan obrolan ini akan menjadi cara baru bagi pengguna untuk membuat ChatGPT untuk kebutuhan sehari-hari, tugas tertentu, di kantor atau di rumah.

Toko Khusus GPT Store

GPT Store_2b1

GPT Store. (Sumber: Reddit)

Setelah itu, ChatGPT memungkinkan pengguna untuk berbagi obrolan dengan orang lain dan mempublikasikannya di toko khusus bernama GPT Store.

CEO OpenAI, Sam Altman mengungkapkan hal tersebut pada keynote OpenAI DevDay pada Senin, 6 November 2023. Dia berkata: “Selama bulan ini, pengguna akan dapat mencari dan mendapatkan agen AI ini melalui GPT Store.”

Sam Altman menambahkan: “Hanya pengembang tersertifikasi yang dapat mengirimkan konten mereka untuk memastikan pengalaman yang andal dan aman bagi semua orang. Dengan hadirnya GPT Store, Altman berharap para pembuat chatbot bersertifikat ini dapat memonetisasi karyanya.

Saat ini, hanya pengguna ChatGPT Plus dan pelanggan Perusahaan yang dapat mengakses GPT. Mereka dapat membuat GPT internal untuk grupnya. Namun, OpenAI berencana menawarkan lebih banyak pengguna GPT dalam waktu dekat.

Terkait pengelolaan data obrolan, perusahaan memastikan pengguna memiliki kendali penuh atas datanya. “Percakapan Anda bersifat pribadi dan tidak dibagikan kepada penulis dokumen GPT,” kata OpenAI.

Sedangkan jika GPT menggunakan API lain, Anda bisa memilih data yang akan dikirim. Sebelum memulai, OpenAI akan memperkenalkan metode analisis untuk mencegah GPT berbahaya.

Pertumbuhan Pendapatan ChatGPT

Berdasarkan meluasnya penggunaan ChatGPT OpenAI, teknologi ini akan terus mengalami pertumbuhan dalam jumlah pemasangan aplikasi dan pendapatan.

Pada September 2023, ChatGPT mencetak rekor baru sebesar 15,6 juta unduhan dan pendapatan kotor sebesar $4,6 juta atau Rp72,3 miliar di seluruh aplikasi iOS dan Android. Namun menurut laporan Tech Crunch, data baru dari firma intelijen pasar Appfigures, pertumbuhan pendapatan ChatGPT mulai melambat.

Meskipun dalam beberapa bulan terakhir, pertumbuhan pendapatan mencapai 30-31% pada bulan Juli dan 39% pada bulan Agustus, namun pertumbuhan ini turun menjadi 20% pada bulan September.

Penurunan pertumbuhan pendapatan ini menunjukkan bahwa chatbot AI OpenAI mulai mencapai kejenuhan dalam hal jumlah pengguna seluler yang bersedia membayar untuk layanan berlangganan ChatGPT.

Sekadar informasi, ChatGPT versi berbayar dibayar USD 19,99 atau Rp 314.202 per bulan. ChatGPT menawarkan waktu respons yang cepat, akses pertama kali pada jam sibuk, serta akses ke fitur dan peningkatan baru.

Sejauh ini layanan ChatGPT berbayar ini sudah mendapatkan banyak pelanggan. Mengutip Tech Crunch, inilah laporan pendapatan seluler ChatGPT selama empat bulan terakhir.

  • Juni: USD 2,1 juta atau Rp 33 miliar.
  • Juli: USD 2,74 juta atau Rp 43 miliar.
  • Agustus: USD 3,81 juta atau Rp 59,9 miliar.
  • September: USD 4,58 juta atau Rp 72 miliar.

Baca juga: Pembuat ChatGPT Pertimbangkan Membuat Chip AI Sendiri

Ask AI Punya Pendapatan Lebih Tinggi

Ask AI_3c

Ask AI. (Sumber: AI Tools)

Berdasarkan artikel tersebut, ternyata ChatGPT bukanlah aplikasi AI kelas atas. Pesaing bernama Ask AI menghasilkan lebih dari ChatGPT. Layanan chat ini menghasilkan $6,48 juta, atau Rp101,9 miliar, pada bulan Mei setelah peluncuran ChatGPT seluler.

Kemudian mencapai jumlah tertinggi pada bulan Agustus sebesar $6,55 atau Rp 103 miliar, menurut data Appfigures. Pada bulan September, Ask AI mengalami penurunan pendapatan yaitu hanya $5,51 juta atau Rp86,6 miliar.

Namun angka ini masih lebih tinggi dibandingkan ChatGPT. Namun laporan di atas hanya menunjukkan jumlah yang besar.

Untuk laba bersih, ChatGPT menghasilkan sekitar $3,2 juta atau Rp50,3 miliar pada bulan September. Hal ini terjadi setelah Apple dan Google memotong pendapatan mereka dari pembelian dalam aplikasi.

Selain rekor pendapatannya, ChatGPT mencatat 15,6 juta pemasangan di bulan September. Menghasilkan 9 juta unduhan aplikasi di Google Play dan 6,6 juta unduhan di App Store. Appfigures memperkirakan angka ini setara dengan total 52,2 juta instalasi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id — Hingga saat ini., OpenAI terus memberikan pengguna lebih banyak bantuan dan layanan dari ChatGPT untuk berbagai kebutuhan. Pengguna dapat merasakan pengalaman...

Software

Unbox.id – Samsung Indonesia resmi memperkenalkan bahasa Indonesia untuk Galaxy AI. Penambahan bahasa baru ini akan memudahkan dalam mengoptimalkan fitur-fitur yang terdapat pada Galaxy...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung mengadakan program bernama Samsung Solve for Tomorrow 2024. Melalui program ini, Samsung memperkenalkan kompetisi dan pembelajaran sains, teknologi, teknik dan matematika...

Tech Industry

Unbox.id – Meningkatnya penipuan menggunakan teknologi deepfake mengkhawatirkan sektor bisnis di Indonesia. Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengingatkan masyarakat akan pentingnya edukasi mengenai teknologi...