Platform BaBe Tambah Kanal Ungkap Fakta Perangi Berita Hoax

Unbox.idBaBe (Baca Berita), sebuah platform berita dan hiburan yang terkemuka di Indonesia meluncurkan sebuah kanal baru, BaBe Ungkap Fakta. Sebuah kanal pengecekan fakta yang dibuat karena kemitraan strategis dengan otoritas pemeriksa fakta seperti Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) serta grup media Tempo dan Viva.

Ini menjadi kanal baru yang menyajikan konten yang telah terverifikasi dan diperiksa kebenarannya oleh mitra yang kredibel atas isu yang beredar. Kanal ini dilengkapi sebuah artificial intelligence (AI) yang sanggup menyaring konten mencurigakan atau yang tidak terverifikasi.

Kanal ini telah berjalan seminggu ini, dan secara fungsional lebih untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pemeriksaan fakta, mengingat semakin tingginya ancaman berita palsu di seluruh negeri. Ada sekitar 800 ribu konten hoax yang beredar selama tahun 2018, dan itu cukup mengkhawatirkan bila tidak diberi filter positif.

Langkah BaBe membuat kanal Ungkap Fakta bukan tanpa dasar. Tim konten BaBe telah menerima pelatihan dari MAFINDO dengan menggunakan alat dan metodologi eksklusif untuk dapat mengidentifikasi dan mengurangi ancaman konten dari sumber yang tidak terverifikasi. Kemitraan strategis antara BaBe dan Mafindo menghasilkan langkah positif menangkal hoax.

Kerja sama ini menjadi komitmen mereka untuk menciptakan lingkungan yang aman dan memungkinkan anggota pengguna BaBe dapat mengakses berita dan hiburan terbaru. Selain memiliki learning machine berbasis AI, BaBe juga mendidik orang-orang kompeten untuk proses fact checking. Jadi kolaborasi di antara mesin dan manusia menjadi cara efektif.

“Di BaBe, kami menganggapi ancaman berita palsu dengan cukup serius. Kehadiran kami bersama MAFINDO, Tempo ,dan Viva adalah upaya serius kami melawan hoax. Kehadiran kami bertiga ini menjadi kemitraan strategis untuk mengakses berita terbaru dan terkini dari platform kami,” tutur Shelly  Tantri, Head of Business Development BaBe.

BaBe menawarkan 1 juta konten artikel dan video di 30 kategori setiap bulannya. BaBe sebagai saran informasi telah memiliki 10 juta pengguna dari seluruh Indonesia. BaBe telah diunduh tidak kurang dari 30 juta kali, dan menempatkannya sebagai aplikasi gratis teratas di Google Play Store.

Selanjutnya, BaBe berharap dapat bekerja sama dengan publisher lain. “Kami berharap dapat bekerja sama dengan sebanyak mungkin mitra terpercaya untuk memastikan masyarakat Indonesia dapat membaca literasi digital dari sumber yang kredibel. Kemitraan ini merupakan komitmen kami  kepada pengguna BaBe untuk memastikan transparansi serta standar editorial tertinggi,” tambah Donny Eryastha, Head of Public Policy BaBe.

 

 

Tinggalkan Balasan