Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Perbandingan Ponsel Lipat Fold 5 vs OnePlus Open

Ponsel Lipat
Samsung Galaxy Z Fold vs OnePlus Open | foto: Toms Guide

Jakarta, Unbox.id – Samsung telah menguasai pasar ponsel lipat selama beberapa tahun terakhir, terutama di negara-negara Barat. Namun hal tersebut berubah pada tahun 2023, dan beberapa nama besar datang untuk mengganggu dominasi pasar yang ia kuasai. 

Salah satu pesaing yang muncul dan menentang dominasi Samsung adalah OnePlus Open. Dalam ulasan ini, Unbox akan sedikit memberikan perbandingan antara keduanya, baik dari segi harga, tampilan, sistem operasi dan lainnya.

Samsung Galaxy Z Fold 5 diumumkan pada 26 Juli 2023, dan tersedia secara eceran pada 11 Agustus. Harganya mulai dari $1799 di AS dan £1749 di Inggris. Sementara OnePlus Open muncul pada 19 Oktober 2023, dan tersedia untuk pre-order sekarang, mulai dari $1699 di Amerika dan £1599 di Blighty. Penjualan umum dibuka pada 26 Oktober 2023.

Aspek Desain Ponsel Lipat Samsung dan OnePlus

Kedua ponsel memiliki layar luar 6,2 inci, tetapi layar Z Fold 5 jauh lebih sempit, seperti yang biasa kita lakukan pada ponsel Galaxy Z Fold selama bertahun-tahun. Artinya, layar sampul OnePlus akan terasa lebih seperti tampilan ponsel pintar tradisional. 

Ponsel Lipat

Komparasi Ponsel Lipat Samsung vs OnePlus | foto: Toms Guide

Kedua ponsel menawarkan kecepatan refresh adaptif hingga 120Hz di layar luarnya, tetapi OnePlus Open dapat turun hingga 10Hz, sedangkan Samsung berkisar antara 48-120Hz. OnePlus Open memiliki layar yang sedikit lebih besar dan resolusi lebih tinggi.

Baca juga: Bisakah Kecerdasan Buatan Menjadi Alat Konsultasi Terapi?

Keduanya menawarkan kecepatan refresh 1-120Hz pada layar lipat, tetapi OnePlus memiliki panel yang lebih terang, menawarkan 2400 nits pada puncaknya dibandingkan 1750 pada Z Fold 5. OnePlus Open sedikit lebih besar dari Z Fold karena lebarnya yang ekstra, tetapi juga lebih ramping dan ringan, sehingga mungkin akan terasa lebih nyaman di saku Anda. 

Fitur dan Performa di Dalamnya

Kedua ponsel lipat tersebut berjalan pada SoC smartphone andalan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2. Artinya, kinerja masing-masing akan sangat mirip saat menjalankan game dengan grafis intensif. 

OnePlus Open memiliki RAM 16 GB, lebih besar ketimbang yang ada di Samsung Galaxy Z Fold 5 dengan kapasitas RAM 12 GB. Dengan kata lain, untuk menangani kegiatan berbagai aplikasi, OnePlus Open sedikit lebih unggul.

Baca juga: WhatsApp Segera Hadirkan Fitur Switch, 2 Akun untuk 1 Ponsel

Galaxy Z Fold 5 tersedia dengan penyimpanan 256GB, 512GB, atau 1TB, sedangkan OnePlus Open hanya memiliki 1 varian penyimpanan 512GB. Mengingat ia membawa MSRP lebih rendah ketimbang model dasar Samsung 256GB. Kedua ponsel lipat tersebut menjalankan perangkat lunak khusus berbasis Android 13. 

Aspek Kamera di Masing-Masing Ponsel Lipat

Kedua ponsel ini memiliki banyak kamera: tiga di belakang, satu kamera selfie di depan, dan satu kamera selfie di layar bagian dalam. Namun, spesifikasi masing-masing sistem kamera berbeda secara signifikan.

Mulai dari belakang, OnePlus Open menawarkan kamera utama setara 48MP 24mm, telefoto 64MP 70mm (3x), dan ultrawide 48MP 14mm. Sebagai perbandingan, Z Fold 5 menawarkan kamera utama 50MP 23mm, ultrawide 12MP 12mm, dan telefoto 10MP 3x.

Untuk selfie, Open menawarkan kamera punch-hole 20MP 20mm di sudut layar lipatnya dan kamera 32MP 22mm di layar sampulnya. Z Fold 5 memiliki kamera punch-hole 10MP di bagian luar dan kamera bawah layar 4MP di bagian dalam. 

Sumber: Pocket Lint.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan opsi bahasa Indonesia di Galaxy AI. Dengan dukungan tersebut, pengguna dapat lebih mudah memanfaatkan fitur Galaxy...

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm yakni Snapdragon Summit 2024. Snapdragon 8 Gen 4...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung akan segera meluncurkan jajaran ponsel layar lipat barunya, Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6, dalam beberapa bulan mendatang. Baru-baru...