Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Penyebab dan Cara Atasi Smartphone Panas

Android overheating (sumber: makeuseofimages.com)
Android overheating (sumber: makeuseofimages.com)

Jakarta, Unbox.id – Smartphone panas atau memiliki temperature tinggi dapat terjadi karena beberapa faktor. Anda perlu tau penyebab dan cara mengatasi smartphone panas guna mengidentifikasi akar penyebab smartphone yang menjadi panas berlebih.

Android Overheating (sumber: techradar.com)

Android Overheating (sumber: techradar.com)

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan panas tersebut, sebaiknya segera tutup aplikasi atau game yang sedang Anda gunakan dan beri kesempatan smartphone Anda untuk beristirahat sejenak. Anda bisa mencabut smartphone jika Anda sedang mengisi daya, dan kurangi kecerahan layar dan melepas casing guna membantu mempercepat proses pendinginan.

Baca juga: Fitur Baru Yang Akan Hadir di Android 13

Berikut adalah beberapa penyebab smartphone menjadi panas dan cara mengatasinya.

Faktor Lingkungan

Jika Anda pernah meninggalkan smartphone Anda di dalam mobil pada saat cuaca panas untuk waktu yang lama, Anda mungkin mengalami smartphone Anda menjadi panas berlebih. Selain itu, kemungkinan besar suhu juga akan naik saat Anda menghabiskan hari di pantai atau terlalu lama berada di bawah sinar matahari.

Bermain Games

Jika Anda bermain game dengan pengaturan grafis yang maksimal, kemungkinan smartphone Anda akan mulai panas. Bermain game dan menonton video dengan durasi yang lama tentu akan membuat prosesor smartphone bekerja keras. Hal itu menyebabkan smartphone menghabiskan banyak daya dan menyebabkannya menjadi lebih panas dari waktu ke waktu. Pastikan Anda memberikan waktu smartphone Anda untuk beristirahat secara teratur.

Streaming Video

Jika Anda suka menonton tayangan streaming seperti YouTube atau Netflix selama berjam-jam, itu akan membuat prosesor smartphone Anda bekerja terlalu keras. Streaming konten atau menonton TV online berarti smartphone Anda harus memuat data video dan menjaga layar tetap aktif untuk waktu yang lama. Beristirahatlah saat bermain game atau streaming video sudah terlalu lama. Selain itu, hindari juga mengisi daya ketika Anda sedang bermain game atau streaming.

Pembaruan

Menjaga agar aplikasi dan sistem operasi Anda selalu diperbarui merupakan hal penting karena pembaruan sering kali menyertakan perbaikan bug. Jika Anda tidak melakukan pembaruan secara berkala, ini dapat menyebabkan peningkatan suhu smartphone dengan menggunakan prosesor perangkat Anda secara berlebihan. Setelah Anda menerapkan pembaruan, smartphone Anda akan memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih jarang terjadi panas yang berlebih.

Baca juga: 5 Rekomendasi Browser Android Ringan

Setelah Anda memahami penyebab dari smartphone yang tiba-tiba panas, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Tidak menggunakan smartphone saat sedang pengisian daya.
  • Kurangi kecerahan pada layar/matikan Auto-Brightness.
  • Ubah ke mode hemat baterai (Powe Saving Mode/Low Power Mode).
  • Menggunakan baterai dan charger original.
  • Aktifkan fitur dark mode/gunakan wallpaper gelap.
  • Menghapus aplikasi yang tidak digunakan.
  • Tutup aplikasi yang tidak digunakan.
  • Nonaktifkan fitur GPS dan Singkronisasi
  • Hindari smartphone dari paparan sinar matahari.
  • Lepaskan casing pada smartphone.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: makeuseofimages.com, techradar.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

Tech Industry

Unbox.id – Android 15 dikabarkan memiliki fitur penting yang memungkinkan pengguna melacak ponsel yang hilang meski dalam keadaan mati. Seorang pengembang Android mengungkapkan di...

Tech Industry

Unbox.id – Malware Android baru yang menargetkan perusahaan perbankan, PixPirate, dikatakan memiliki metode baru untuk tetap tersembunyi di ponsel atau ponsel sambil tetap aktif,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp merilis fitur ‘Status’ pada awal tahun 2017, dan mirip dengan Snapchat atau Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi...