Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Penipuan Lewat Aplikasi, Berikut Adalah Cara Untuk Menghindarinya

Application Cyber Security_1a
Application Cyber Security. (Sumber: The Keyword)

Unbox.id – Aplikasi smartphone sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi ponsel cerdas melayani setiap kebutuhan, mulai dari perbankan dan belanja hingga penjelajahan media sosial dan hiburan. Aplikasi yang ada biasanya diunduh melalui app store resmi yang tersedia secara default di smartphone. Namun, beberapa aplikasi hanya dapat diunduh melalui sumber pihak ketiga. Disadari atau tidak, semakin populernya aplikasi ponsel pintar telah meningkatkan aktivitas phishing yang menargetkan pengguna yang tidak waspada. Penipuan aplikasi ponsel pintar dapat mengakibatkan kerugian finansial, pencurian identitas, dan kebocoran informasi sensitif. Penipuan ponsel pintar berskala besar telah menjadi ancaman serius bagi pengguna. Dalam artikel kali ini, Unbox.id mengupas secara mendalam beberapa jenis penipuan menggunakan aplikasi smartphone, antara lain aplikasi palsu, upaya phishing, dan cara mengidentifikasi bentuk pencurian data. Unbox.id juga memberikan saran praktis bagaimana pengguna dapat mengenali dan menghindari penipuan melalui aplikasi smartphone untuk melindungi data pribadi dan keuangan mereka.

Jenis-Jenis Penipuan Melalui Aplikasi

Application Cyber Security_2b

Application Cyber Security. (Sumber: The Keyword)

Mengutip Gizchina, berikut adalah jenis-jenis penipuan melalui aplikasi yang marak digunakan, Salah satu jenis penipuan aplikasi yang paling umum digunakan melibatkan aplikasi palsu atau aplikasi yang menyalin aplikasi asli. Aplikasi palsu ini sering kali meniru layanan atau merek terkenal.

Aplikasi ini meyakinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi palsu melalui toko aplikasi tidak resmi atau melalui situs web scam. Setelah aplikasi dipasang, aplikasi palsu dapat mengumpulkan data pribadi, menampilkan iklan yang mengganggu, dan bahkan memasang malware di perangkat yang memasang aplikasi palsu tersebut.

Upaya phishing menargetkan pengguna melalui email, pesan teks, atau notifikasi aplikasi palsu dari sumber yang diketahui.

Pesan terkirim ini sering kali mendorong pengguna untuk mengunjungi link yang mencurigakan atau mengirimkan informasi sensitif seperti login dengan alamat email dan sandi, memasukkan detail kartu. kredit dan PIN keamanan.

Upaya phishing dapat menyebabkan pencurian identitas, penipuan finansial, atau akses tidak sah ke akun pribadi. Pencurian identitas terjadi ketika penipu yang tidak bertanggung jawab mencuri informasi pribadi pengguna dan menyalahgunakan data tersebut.

Data yang dicuri oleh penipu meliputi nama, alamat, tanggal lahir, sandi atau PIN, data curian yang digunakan untuk tujuan penipuan.

Aplikasi seluler penipuan yang melibatkan pencurian identitas, termasuk permintaan verifikasi identitas palsu, akses tidak sah ke akun pribadi atau penggunaan data pribadi untuk melakukan penipuan keuangan.

Baca juga: Ragam Modus Penipuan Di Facebook Dan Cara Menghindarinya

Tips Untuk Mengetahui dan Menghindari Penipuan Melalui Aplikasi Mobile

Application Cyber Security Smartphone_3c

Application Cyber Security Smartphone. (Sumber: Tarlogic)

Sebelum mendownload aplikasi, terutama dari aplikasi pihak ketiga atau sumber tidak dikenal. Pastikan keaslian aplikasi dengan memeriksa nama pengembang, rating aplikasi, dan ulasan aplikasi yang ingin Anda unduh.

Aplikasi resmi biasanya disediakan oleh perusahaan terkemuka dengan rekam jejak keamanan dan kualitas yang solid. Pastikan untuk selalu mengunduh aplikasi hanya dari platform pengunduhan aplikasi resmi, seperti Apple App Store untuk perangkat iOS atau Google Play Store untuk perangkat Android.

Platform – Formulir pengunduhan Unduh Aplikasi Resmi menerapkan proses peninjauan aplikasi yang ketat dan langkah-langkah keamanan untuk meminimalkan risiko aplikasi berbahaya. sedang diunduh oleh pengguna.

Berhati-hatilah terhadap email, pesan teks, atau notifikasi aplikasi yang tidak diminta yang meminta informasi pribadi atau keuangan. Hindari mengunjungi situs web yang mencurigakan atau memberikan data sensitif kecuali Anda telah mengonfirmasi sumber pengirimnya.

Jika tiba-tiba Anda mendapat pesan yang muncul di layar yang memberitahukan bahwa kapasitas penyimpanan Anda terbatas. Ponsel Anda penuh, sebaiknya jangan klik tombol pemberitahuan segera. Periksa memori untuk memastikan memori smartphone benar-benar penuh.

Jika Anda perlu mengosongkan ruang penyimpanan, lakukan secara manual dengan menghapus beberapa media yang tersimpan di ponsel cerdas Anda. Jangan menghapus pesan melalui pesan notifikasi jika Anda tidak yakin dengan sumber notifikasinya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...

Tech Industry

Unbox.id – Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS (CISA) mengungkapkan bahwa peretas yang didukung oleh pemerintah Rusia menggunakan akses ke sistem email Microsoft untuk...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Beberapa smart TV LG memiliki kerentanan serius, sehingga memungkinkan peretas mengambil kendali penuh atas TV, mencuri data korban, dan memasang malware. Masalah...

Tech Industry

Unbox.id – Banyak konsumen Indonesia tahun ini yang berbelanja online untuk memenuhi kebutuhannya selama Ramadhan. Data survei YouGov menunjukkan setidaknya 70% responden berencana membeli...