Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Pengguna iPhone 15 Keluhkan Masalah Overheating

iPhone 15 Overheating_1a
iPhone 15 Overheating. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Beberapa pengguna mengatakan iPhone 15 terlalu panas. Laporan yang beredar menunjukkan bahwa masalah overheating ini terjadi pada semua model iPhone 15. Parahnya lagi, pengujian dengan kamera infra merah menunjukkan bahwa suhu iPhone 15 yang terlalu panas bisa mencapai hingga 116 derajat Fahrenheit atau sekitar 46 derajat Celcius.Mengutip 9to5Mac, masalah ini tampaknya mempengaruhi semua iPhone 15 model Beberapa pemilik perangkat bahkan melaporkan bahwa iPhone 15 mereka menjadi sangat panas meskipun tidak dipasang bumper. Beberapa pengguna, termasuk Ian Zelbo dari situs berita 9to5Mac, melaporkan bahwa masalah terjadi saat mengisi daya dengan kabel.

Bagian Paling Panas pada iPhone 15

iPhone Baru Overheating_3c

iPhone Baru Overheating. (Sumber: The Droid Guy)

Beberapa pengguna, termasuk Ian Zelbo dari situs berita 9to5Mac, melaporkan bahwa masalah terjadi saat mengisi daya dengan kabel. “IPhone 15 Pro Max saya sangat panas saat disentuh. Saya pikir orang-orang melebih-lebihkan (kabar bahwa iPhone 15 terlalu panas), tapi memang benar, itu bukan hal yang baik,” kata Zelbo.

Ia menambahkan, bagian terpanas dari iPhone 15 miliknya adalah tepi kiri dan sedikit di belakang tepi kiri. Tepi kiri merupakan tempat Apple meletakkan motherboard seri iPhone 15. Zelbo juga mengatakan jika persentase baterai iPhone melebihi 70%, maka suhu perangkat akan sedikit menurun. Sedangkan jika baterai antara 25% dan 60%, iPhone 15 akan sangat panas.

Sementara itu, pengguna lain melaporkan perangkat iPhone 15 mereka kepanasan meski tidak mengisi daya.

Bukan Hal Biasa

iPhone Overheating_2b

iPhone Overheating. (Sumber: Gizbot)

Beberapa perangkat mereka menjadi sangat panas meskipun hanya digunakan untuk mengakses jejaring sosial. Perlu diketahui, bukan hal yang aneh jika iPhone mengalami panas hingga 46 derajat Celcius, apalagi baru digunakan selama 24 jam.

Terutama ketika pengguna mengatur cadangan iPhone dari perangkat lama atau cadangan iCloud. Banyak hal yang terjadi di latar belakang perangkat selama proses pencadangan. Dari menginstal ulang aplikasi, mengindeks ulang, dan lain-lain.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan YouTuber asal Korea, BullsLab, menggunakan kamera inframerah depan (FLIR) atau kamera termal yang menampilkan gambar suhu yang terdeteksi. Beberapa model dapat menampilkan suhu sebenarnya secara real time, mencapai hingga 46 derajat Celcius.

Sementara itu, pengguna lain merasa perangkatnya menjadi sangat panas meski tidak digunakan untuk tugas berat. Reporter Otoritas Android Aamir Siddiqui mengatakan bahwa selama penggunaan jangka panjang, dia sering berpindah aplikasi chat dan menonton Reels di Instagram.

“Perangkat sangat panas di sisi kanan, di sekitar kamera, bahkan saat tidak digunakan untuk bermain game, tidak mengisi daya, tidak terhubung ke WiFi. Jadi tidak mungkin dijelaskan kenapa panas,” kata Siddiqui.

Baca juga: Apple Store Tiongkok Rekomendasikan Kabel USB-C Android Untuk IPhone 15

Segera Masuk Indonesia?

Berbicara soal iPhone 15, sepertinya smartphone baru Apple juga akan segera diluncurkan di Indonesia. Salah satu tanda kehadiran iPhone 15 di Indonesia adalah munculnya banner dan iPhone 15 Pro di situs resmi iBox.

Selain iBox, situs Erafone dan Digimap juga dikenal menampilkan banner iPhone 15 dan iPhone 15 Pro. Meski iPhone baru ini diperkirakan akan meluncur di Indonesia pada Oktober 2023, namun masih belum ada konfirmasi dari distributor resmi Apple di Indonesia terkait jadwal peluncuran perangkat tersebut.

Terbaru, di situs resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), PT Apple Indonesia menerima sertifikat TKDN (Penerbitan Komponen Dalam Negeri) untuk sejumlah ponsel yang diduga iPhone 15 senilai 35.000.000.

Berdasarkan pantauan Unbox.id, pada Rabu (27 September 2023), model ponsel baru Apple yang muncul di situs TKDN Kementerian Perindustrian adalah A3090 (iPhone 15), A3094 (iPhone 15 Plus), A3102 (iPhone 15 Pro ) dan A3106 (iPhone 15 Pro).

Bagaimana? Apakah para penggunanya masih tertarik untuk memiliki produk Apple iPhone terbaru yang satu ini?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Bootloop di iPhone merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan. Banyak pengguna yang panik saat menghadapi masalah ini. Mengutip GizChina, bootloop merupakan...

Software

Unbox.id – Setelah merilis pembaruan iOS 17.5 beta 1 dan 2, kali ini Apple memperkenalkan iOS 17.5 beta 3. Pengguna iPhone yang telah mendaftar...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Apple

Unbox.id – Rumor mengenai iPad Air semakin menyebar seiring semakin dekatnya tanggal rilisnya. Baru-baru ini beredar informasi bahwa iPad Air akan berukuran lebih besar...