Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Pengguna Firefox Ngeluh Nonton YouTube Jadi Lelet

Firefox_1a
Firefox. (Sumber: Reddit)

Unbox.id – Beberapa orang yang menggunakan beberapa browser, seperti Firefox, mengeluh bahwa YouTube memperlambat situs mereka di browser tersebut. Hal ini tampaknya terkait dengan keputusan platform berbagi video tersebut untuk mulai melarang pengguna menggunakan pemblokir iklan. Beberapa orang di Reddit juga berbagi bagaimana mereka merasakan video YouTube diputar sangat lambat saat menggunakan Mozilla Firefox.

Ada Delay Lima Detik Saat Memulai Video

Firefox_2b

Firefox. (Sumber: System Tech)

Redditor vk6_, misalnya, dalam salah satu video, menyebutkan bahwa dibutuhkan waktu lima menit untuk memuat video YouTube di Firefox. Namun, ketika browser digantikan oleh Chrome, masalah lambat ini tidak muncul lagi. Pengguna Android mengatakan, pengguna Reddit lainnya mengatakan video YouTube lambat saat diputar di Firefox dan Microsoft Edge.

Redditor vk-6 juga mengatakan bahwa masalah ini bukan merupakan bug di Firefox. Sepertinya kode JavaScript di klien desktop YouTube memiliki kode yang menambahkan penundaan 5 menit.

Pengguna di Reddit dan Hacker News yang menyelidiki kode yang tampaknya menyebabkan penundaan mengatakan mereka tidak menemukan bukti bahwa YouTube melacak jenis browser yang digunakan.

Damiano DeMonte, manajer merek senior Mozilla, menulis dalam email ke The Verge bahwa “tidak ada bukti bahwa ini adalah masalah yang terkait dengan Firefox.”

Menanggapi keluhan pengguna, YouTube pun mengatakan bahwa masalahnya bukan pada browsernya, melainkan pada media sosialnya.

Tidak Terkait Browser Yang Dipakai

“Kami telah melakukan upaya untuk mendorong pemirsa yang memiliki perangkat pemblokir iklan agar mengizinkan akses bebas iklan ke YouTube atau mencoba YouTube Premium untuk pengalaman bebas iklan,” kata YouTube.

Menurut perusahaan Google, hal ini untuk mendukung ekosistem pembuat konten yang beragam di seluruh dunia dan memungkinkan miliaran orang mengakses konten di YouTube. “Pengguna yang memasang pemblokir iklan mungkin mengalami tampilan yang kurang optimal, apa pun browser yang mereka gunakan,” tambah YouTube.

Kepada The Verge, pihak YouTube pun mengakui adanya masalah tersebut, namun membantah jika hal tersebut berkaitan dengan browser yang digunakan. Christopher Lawton, kepala periklanan YouTube, juga mengatakan bahwa ini adalah upaya perusahaan untuk melawan pemblokir iklan secara menyeluruh.

“Selama seminggu terakhir, pengguna yang menggunakan pemblokir iklan mungkin mengalami penayangan yang kurang optimal, termasuk gangguan, apa pun browser yang mereka gunakan,” kata Lawton.

Baca juga: YouTube Wajibkan Kreator Untuk Tandai Konten Hasil Produksi AI

Pemblokir Iklan Jadi Masalahnya?

Firefox_3c

Firefox. (Sumber: Mozila)

Lawton mengatakan menonaktifkan pemblokir iklan akan menyelesaikan masalah, meskipun pengguna “mungkin mengalami penundaan dalam memuat” hingga browser mereka diperbarui.

Dalam emailnya, Lawton juga mengatakan bahwa pengguna akan terus mengalami masalah seperti ini seiring dengan semakin membaiknya metode deteksi iklan YouTube. YouTube diketahui mulai memahami strateginya, yakni pengguna tidak menggunakan iklan yang memblokir iklan di browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Sebelumnya YouTube merilis informasi untuk menonaktifkan pemblokiran iklan browser agar Anda dapat terus menonton video di layanan streaming Google. Saat itu, hanya sedikit pengguna yang menerima notifikasi saat menonton video di YouTube yang berbunyi: “Pemblokir iklan tidak diizinkan di YouTube.”

Pengguna yang belum berlangganan YouTube Premium atau belum menonaktifkan pemblokiran iklan dapat mengklik ikon [X] di jendela kanan atas pesan pop-up. Mulai saat ini, pengguna akan diminta untuk menonaktifkan berbagai pemblokir iklan untuk menonton video di YouTube. Kalau tidak, mereka tidak bisa menonton.

Merujuk pada The Verge, YouTube memperluas praktiknya dalam mendobrak aplikasi atau ekstensi pemblokir iklan (ad blocker). “Pembatasan ini telah dihapus secara global, dengan tujuan mendorong pengguna agar mengizinkan iklan atau berlangganan YouTube Premium,” kata Christopher Lawton, manajer periklanan YouTube.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Pada Januari 2024, layanan YouTube Premium dan Musik memiliki lebih dari 100 juta pelanggan, termasuk uji coba gratis. Ini mewakili peningkatan 20...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda membuat video YouTube, Anda pasti tahu betapa sulitnya mengomentari komentar, namun fitur baru ini membuat pengelolaan komentar tersebut jauh...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Kabar yang sedikit tidak menyenangkan bagi Anda yang menikmati layanan Youtube berbayar alias premium. Pengguna lama layanan berbayar platform berbagi video...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Artikel ini menjelaskan cara menautkan ke bagian tertentu dari video YouTube menggunakan fitur Share atau ‘Bagikan’ dengan menambahkan stempel waktu. Langkah-langkah...