Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Pengapalan Chipset Apple Naik, Qualcomm Merosot

Chipset Apple_1ca
Chipset dari Apple tengah mengalami peningkatan dalam segi pengapalannya. (Sumber: Supply Chain Digital)

Unbox.id – Pasar chipset smartphone global menghadapi tren beragam pada Q4 2022. Sementara itu, Apple melihat peningkatan pengiriman chipset, meskipun penjualan iPhone 14 Pro dipengaruhi oleh pasokan yang terbatas. Sebaliknya, perusahaan seperti MediaTek dan Qualcomm melaporkan penjualan yang lebih rendah selama periode tersebut, terutama karena persediaan yang disesuaikan dan permintaan yang lemah. Untuk Apple, pengiriman chipset kuartal keempat didorong oleh permintaan musiman yang khas. Namun, waktu tunggu di toko Apple meningkat karena pandemi Covid memengaruhi pusat produksinya di negeri Tiongkok. Pasokan yang terbatas juga berkontribusi pada penurunan penjualan iPhone 14 Pro pada periode yang sama.

MediaTek

Pengiriman chipset MediaTek juga turun pada Q4 2022 karena persediaan yang menurun dan permintaan yang lemah. Sementara pengiriman SoC 5G datar, pengiriman SoC LTE turun dua digit selama periode tersebut.

Namun, perusahaan berharap untuk mengurangi inventarisnya pada Q2 2023 dan memprediksi pasar chipset akan pulih. MediaTek dan Qualcomm mengikuti disiplin harga untuk mempertahankan margin pertumbuhan yang stabil.

Sementara MediaTek berencana untuk menurunkan harga sebesar 5-10% untuk model akhir masa pakainya seperti chipset D700, ASP generasi mendatang diperkirakan akan meningkat karena fitur tambahan dan tombol yang lebih canggih.

Baca juga: Chipset Mediatek Dimensity 8200 Didukung Sistem Terbaru

Qualcomm dan Samsung

Qualcomm_1qcm

Qualcomm dan juga Samsung tengah mengalami penurunan pengapalan chipset pada saat ini. (Sumber: Diorama)

Qualcomm juga melaporkan pengiriman chipset yang lebih rendah pada Q4 2022. Ini karena persediaan terus menipis pada paruh pertama tahun 2023. Qualcomm.

Namun, Qualcomm mengatakan jadwal peluncuran flagships dari OEM smartphone-nya tetap tidak berubah. Pasokan harus dinormalisasi dan permintaan akan kembali pada paruh kedua tahun 2023 untuk Qualcomm. Samsung juga melaporkan penjualan Q4 2022 yang lebih rendah karena persaingan ketat dari Qualcomm di seri Galaxy S22.

Namun, peluncuran Galaxy M33, A33 dan A53 dengan SoC Exynos 1280 di segmen high-end telah mengimbangi penurunan ini. Peluncuran SoC Exynos 1330 dan 1380 yang direncanakan di segmen mid-to-high-end dan low-end pada kuartal pertama akan membantu memperkuat momentum segmen ini.

Selain itu, Samsung baru-baru ini mengumumkan Samsung Galaxy A54 dengan chipset Exynos 1380. Di segmen murah, Exynos 850 akan tetap mendukung chipset LTE, namun Samsung berencana meluncurkan Galaxy A14 dengan chip Exynos 5G di awal kuartal.

Baca juga: Sah! Intel Resmi Dapat Kontrak Produksi Chipset Bagi Android

UNISOC

UNISOC menghadapi kondisi yang sulit pada Q4 2022 karena permintaan yang lemah untuk smartphone kelas bawah dan kelas bawah, dan pasar Cina yang lesu menyebabkan pengiriman yang lebih rendah.

Namun, UNISOC terus mendapatkan pangsa pasar di segmen berbiaya rendah (<$99) melalui portofolio LTE-nya. UNISOC terus memperluas basis pelanggannya dengan desain yang menang di ZTE dan TECNO serta bergabung dengan seri Samsung Galaxy A.

Singkatnya, sementara Apple melihat pengiriman chipsetnya meningkat, perusahaan lain menghadapi kesulitan karena permintaan yang lemah, inventaris yang disesuaikan, dan persaingan dari pesaing. Namun, peluncuran produk baru yang diharapkan di kuartal mendatang akan membantu pembuat chip mendapatkan kembali momentumnya.

Jadi bagaimana menurut Anda? Apakah Anda pengguna smartphone yang menggunakan MediaTek atau sebaliknya?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm yakni Snapdragon Summit 2024. Snapdragon 8 Gen 4...

Apple

Unbox.id – Baik iPad Air maupun iPad Pro akan menghadirkan peningkatan pada spesifikasi hardware dan peningkatan lainnya. Mengutip laporan Gurman via The Verge, selain...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung akan segera meluncurkan jajaran ponsel layar lipat barunya, Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6, dalam beberapa bulan mendatang. Baru-baru...

Tech Industry

Unbox.id – Baru-baru ini, spesifikasi dari HP layar lipat Samsung Galaxy Z Flip 6 bocor di situs benchmark Geekbench. Menurut situs tersebut, sebagaimana dikutip...