Connect with us

Hi, what are you looking for?

Microsoft

Pembaruan Software Surface Duo Buatan Microsoft Resmi Dihentikan

Surface Duo
Microsoft hentikan pembaruan perangkat lunak Surface Duo | foto: BGR.com

Jakarta, Unbox.id – Perusahaan teknologi multinasional asal Amerika Serikat, Microsoft Corp saat ini telah menghentikan pembaruan terhadap ponsel lipat Surface Duo. Penghentian tersebut resmi berlaku sejak hari Minggu 10 September 2023 kemarin.

Artinya, dengan tindakan ini ponsel Surface Duo yang muncul pada September 2020 lalu tersebut tidak akan lagi mendapat pembaruan Android selanjutnya. Sebagaimana yang tertulis di laman Microsoft, ponsel tersebut rilis dengan sistem operasi Android 10.

Baca juga: Review Tecno Pova 5 Pro, HP Spek Gaming dengan Desain Mecha

Setelah itu, Surface Duo menerima pembaruan terakhirnya pada tanggal 10 September 2023 kemarin. Ini merupakan tahun ketiga sejak perilisannya secara global, ia tidak akan mendapatkan update Android 14 untuk selanjutnya.

Jatah Pembaruan Surface Duo yang Terbilang Sangat Singkat

Kendati tidak akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak selanjutnya, pengguna masih dapat memakai produk tersebut. Di dalamnya terdapat prosesor mumpuni dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855 yang mendukung kinerja yang cukup bagus.

“Suntik mati” pada produk Microsoft tersebut juga berlaku untuk generasi kedua yang sempat rilis pada 21 Oktober tahun lalu. Bedanya, Microsoft akan menghentikan pembaruan pada ponsel generasi kedua pada Oktober tahun 2024 yang akan datang.

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy Tab S9 Ultra dengan Spesifikasi Canggih

Jika diamati, Microsoft hanya memberikan dukungan pembaruan perangkat lunak dan keamanan pada ponsel ini selama 3 tahun saja. Waktu ini terbilang sangat singkat jika membandingkannya dengan ponsel merk perusahaan lainnya yang relatif lebih lama.

Spesifikasi Ponsel

Ponsel lipat buatan Microsoft, Surface Duo memiliki dapur pacu dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855 lengkap dengan penyimpanan RAM 6GB. Sementara itu, internal yang ada di dalamnya juga cukup luas, yakni 256 GB.

Dari sektor fotografis, ponsel tersebut mempunyai spesifikasi kamera utama di bagian belakang sebesar 11 MP lengkap dengan fitur HDR dan panorama. Baterai yang ada di dalamnya memiliki kapasitas sebesar 3.77 mAh yang tahan untuk memutar video 15 jam.

Di dalamnya terdapat berbagai aplikasi khas Microsoft seperti Teams, Powerpoint, dan lain sebagainya. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan browser bawaan Microsoft dan mengakses penyimpanan one drive dan lainnya.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – Selain smartphone dengan tingkat radiasi tertinggi, terdapat juga daftar smartphone dengan tingkat radiasi terendah. Smartphone seri ini tercatat memiliki radiasi paling rendah...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Smartphone tipe entry level buatan Vivo terbaru akhirnya memulai debut di India baru-baru ini. Ponsel cerdas yang satu ini adalah Vivo...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Baru-baru ini, telah muncul bocoran ponsel andalan Sony Xperia 1 VI dan Xperia 10 VI. Kabarnya, kedua tipe ponsel ini akan...

Infinix

Jakarta, Unbox.id — Infinix baru saja mengadakan acara peluncuran produk terbaru smartphone GT 20 Pro di Arab Saudi, pada Minggu 28 April 2024. Ini...