Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Oppo Pamerkan ColorOS 12 Setelah Merger OnePlus

oppo

Last updated on 20 September, 2021

Jakarta, Unbox.id – Oppo telah mengumumkan ColorOS 12, versi terbaru dari sistem operasi berbasis Android-nya.

Pembaruan akan datang ke ponsel OnePlus serta ponsel Oppo di China, di mana OnePlus secara resmi telah menggunakan ColorOS sejak awal tahun ini.

Tak hanya itu, baru-baru ini OnePlus mengumumkan bahwa mereka akan menggabungkan basis kode OxygenOS dengan ColorOS karena kedua perusahaan menggabungkan beberapa operasi.

ColorOS 12

coloros-12-find-x2-pro-fake

coloros-12-find-x2-pro-fake

ColorOS 12 tidak tampak terlalu berbeda dengan versi 11, tetapi menggunakan lebih banyak warna kontras dan ruang putih.

Kepadatan informasinya juga lebih rendah di banyak layar.

Ikon juga telah didesain ulang secara halus untuk lebih memanfaatkan kedalaman dan tekstur.

ColorOS 12 pertama akan tersedia untuk “Edisi Fotografer” baru dari ponsel unggulan Oppo Find X3 Pro.

Oppo mengatakan telah meningkatkan lebih dari 300 animasi di seluruh UI sambil juga menggunakan mesin AI untuk mengurangi lag dan stuttering.

ColorOS 12 didasarkan pada Android 12 dengan mengadopsi alat privasi yang ditingkatkan, seperti menambahkan pemberitahuan di bilah status saat aplikasi mengaktifkan kamera atau mikrofon.

Baca juga : Update Firmware: Nintendo Switch Tambahkan Audio Bluetooth

Omoji

Fitur baru

Adapun fitur baru, Oppo menambahkan kemampuan untuk mengoperasikan ponselnya melalui laptop Windows 10 atau 11.

Akan lebih banyak alat ke bilah sisi yang dapat digesek dari tepi layar. Fitur avatar 3D yang disebut Omoji juga akan muncul.

Kemudian pada bulan Oktober, akan ada beta publik terbatas di Cina untuk seri Find X3 dan seri OnePlus 9, yang diperluas ke model sebelumnya pada bulan November dan Desember.

Secara keseluruhan, Oppo mengatakan bahwa lebih dari 110 model ponsel dan 150 juta pengguna di seluruh dunia akan dapat peningkatkan ke ColorOS 12.

Baca juga : GoPro Resmi Luncurkan Hero 10 Black

Android 12

Bukan rahasia lagi bahwa Oppo adalah salah satu OEM pertama yang merilis Android 11 beta ke flagships-nya.

Oleh karena itu, jika OEM mengambil rute yang sama dengan Android 12, kita dapat berharap untuk melihatnya segera merilis versi beta segera setelah Google membuka pengujian publik untuk jajaran ponsel Pixel.

Menurut timeline Google dengan Android 12 beta akan ditayangkan sekitar Mei.

Kita berharap dapat melihat Oppo turut mengambil bagian dalam program beta dan merilis pembaruan ke flagships beberapa minggu setelah Google.

Jadi setelah Google meluncurkan pembaruan stabil Android 12, yang diharapkan menjelang akhir Agustus atau awal September, duo Oppo Find X3 juga mendapatkan pembaruan stabil ColorOS 12 di minggu-minggu berikutnya.

Setelah itu, kita dapat mengharapkan Oppo untuk memulai program beta ColorOS 12 sendiri dengan perangkat seperti penerus seri Reno5, seri Reno6, menjadi beberapa model pertama yang mengantongi pembaruan.

Untuk pembaruan perangkat lunak, sepertinya Oppo belum punya rencana. Karena agak sulit untuk mengetahui model mana yang memenuhi syarat untuk pembaruan ke ColorOS 12 berdasarkan Android 12. Jadi ada baiknya kita tunggu saja ya? (Eli/Eve)

 

Sumber dan foto : dari berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Komparasi

Jakarta, Unbox.id – Bocoran ini memang tidak mengungkapkan segalanya, tetapi setidaknya cukup menarik untuk disimak, apalagi menyangkut produk Samsung. Terlebih banyak desas-desus tentang Samsung...

Redmi

Jakarta, Unbox.id – Salah satu ponsel murah terbaik mendapatkan penerus, sayangnya penerusnya memiliki perubahan yang dibilang cukup aneh. Salah satu ponsel murah terbaik itu...

Oppo

Jakarta, Unbox.id – Banyak HP dengan spesifikasi bagus bertebaran, dan berhasil membuat banyak yang bingung memilihnya. Salah satu merk HP terlaris di Indonesi saat...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Tak mau kalah dengan saingan beratnya Apple dan Google, kini Samsung umumkan agenda Unpacked 2. Bahkan untuk acara itu, Samsung baru...