Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

OpenAI Ada Rencana Rilis Mesin Pencari Bertenaga ChatGPT

ChatGPT_1a
ChatGPT. (Sumber: Superception)

Unbox.id – OpenAI disebut-sebut memiliki rencana untuk memasuki pasar mesin pencari. Tampaknya mesin pencari ini berbasis teknologi ChatGPT. Namun seperti dikutip dalam Tom’s Guide, informasi mengenai mesin pencari OpenAI masih belum banyak diketahui. Namun bocoran tersebut menunjukkan bahwa mesin pencari akan didasarkan pada pertanyaan dan interaksi menggunakan bahasa alami dengan model AI. Dikatakan beroperasi mirip dengan Perplexity dan Google Gemini, menggabungkan data real-time dengan kecerdasan buatan.

Adanya Nama Domain ChatGPT

ChatGPT_2b

ChatGPT. (Sumber: Pro Coders)

Kemunculan rumor tersebut tak lepas dari pemberitaan mengenai pendaftaran nama domain search.chatgpt.com. OpenAI disebut-sebut sedang bersiap untuk memberikan pengumuman besar pada 9 Mei mendatang.

Oleh karena itu, beberapa pihak menilai kemungkinan besar perusahaan akan memperkenalkan mesin pencari baru, padahal OpenAI dikenal sangat merahasiakan produknya. Jika kabar ini benar, kemungkinan besar pasar mesin pencari internet akan mengalami perubahan. Karena Google Penelusuran telah mendominasi pasar pencarian Internet selama lebih dari dua dekade.

Mesin pencari Google dikatakan menguasai 90% dari seluruh pencarian secara global. Di sisi lain, fungsi pencarian terbatas tersedia di ChatGPT melalui kolaborasi dengan Microsoft Bing. Namun, fungsinya selalu terbatas pada suplementasi, bukan integrasi. Oleh karena itu, kinerjanya tidak selalu konsisten dan dapat diandalkan.

Di sisi lain, dalam sebuah wawancara, Sam Altman, CEO OpenAI, mengisyaratkan bahwa ChatGPT bisa menjadi masa depan pencarian Internet. Pasalnya layanan ini memiliki kemampuan mengintegrasikan AI dan mesin pencari lebih dalam.

Pengguna ChatGPT Berbayar Kini Bisa Akses GPT-4 Turbo

Di sisi lain, OpenAI baru saja merilis GPT-4 Turbo untuk pengguna ChatGPT berbayar. Perusahaan mengumumkan berita tentang bahasa percakapan,” tweet OpenAI. Engadget mengutip Anda. Microsoft telah mengintegrasikan GPT-4 Turbo ke dalam chatbot CoPilot AI dan generator visualisasi DALL-E 3 pada bulan Desember 2023.

Saat OpenAI mengumumkan GPT- 4 Turbo pada bulan November 2023, menyoroti peningkatan besar pada sistem yang kompatibel dengan ChatGPT. Pada saat itu, OpenAI mengumumkan bahwa GPT -4 Turbo dapat menampung halaman teks enam kali lebih banyak (300) dibandingkan sebelumnya (50).

Informasi yang disediakan oleh ChatGPT, peningkatan ini berarti tersedianya kueri dan respons yang lebih kompleks serta membuat anotasi atau mendeskripsikan perintah secara grafis dan menangani permintaan text-to-speech.

GPT-4 Turbo telah mencapai kemajuan yang lebih besar sejak dipublikasikan untuk pertama kalinya pertama kali. OpenAI awalnya meningkatkan kemampuan penambangan data GPT-4 Turbo pada April 2023, sebuah lompatan besar dari September 2021. GPT-4 Turbo kini memiliki informasi yang lebih komprehensif hingga Desember 2023.

Baca juga: Apple Menantang ChatGPT Dengan Model Bahasa ReALM

Pengguna Tanpa Akun Bisa Akses Chatbot AI ChatGPT

AI ChatGPT_2b

AI ChatGPT. (Sumber: Aloa)

Sebelumnya, OpenAI mulai membuka ChatGPT untuk pengguna tanpa akun. Langkah ini merupakan bagian dari misi perusahaan untuk membuat alat seperti ChatGPT tersedia secara luas sehingga pengguna dapat merasakan manfaat AI.

Hal ini juga memberi perusahaan banyak data pelatihan dan dapat mendorong lebih banyak pengguna untuk membuat akun dan mendaftar ke GPT- 4. aksesnya lebih tinggi dibandingkan versi gratis model GPT-3.5.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua pengguna dapat memanfaatkan fitur baru ini karena OpenAI meluncurkan akses per basis fase ini.

OpenAI mengatakan pihaknya telah menambahkan perlindungan, dukungan tambahan untuk pengguna tanpa akun, termasuk perintah pemblokiran, dan pembuatan gambar dalam lebih banyak kategori.
Seorang juru bicara OpenAI mengatakan mereka sedang mencari tahu bagaimana memutus sambungan pengguna GPT-3.5 dapat memperkenalkan hal baru ancaman.

Juru bicara tersebut mengatakan kepada Engadget: “Tim bertanggung jawab untuk mendeteksi dan mencegah penyalahgunaan model AI yang terlibat dalam pembuatan fitur baru ini dan akan beradaptasi jika ancaman yang tidak terduga muncul.”

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Dalam wawancara eksklusif baru-baru ini, CEO OpenAI Sam Altman menjelaskan GPT-4 baru secara mendetail dan mengisyaratkan rencana masa depan untuk GPT-5. Altman...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

Tech Industry

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) dinilai telah menghantam pasar kerja global seperti tsunami. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan AI kemungkinan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru saja meluncurkan pembaruan OneUI 6.1 untuk seri Galaxy S21 di India, yang menambahkan fitur Galaxy AI ke ponselnya. Kini...