Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

NVIDIA dan Pabrik Perakit iPhone Foxconn Jalin Kemitraan

NVIDIA Corp_1a
NVIDIA Corp. (Sumber: The Pune News)

Unbox.id – NVIDIA mengumumkan akan bekerja sama dengan produsen iPhone Foxconn untuk memperluas pengembangan AI dalam skala besar. Kedepannya, fasilitas ini diharapkan menjadi pabrik AI yang akan mengembangkan AI untuk berbagai kebutuhan. Mengutip informasi dari BBC, pabrik AI berbentuk pusat data ini akan menggunakan chip yang diproduksi oleh NVIDIA untuk berbagai keperluan pengembangan AI untuk berbagai aplikasi seperti pelatihan kendaraan otonom, bentuk platform-robotika, dan LLM (pemodelan bahasa besar). Lebih lanjut dijelaskan bahwa Foxconn akan menggunakan chip dan software Nvidia terbaru untuk mengoperasikan pabrik ini. Salah satu item yang akan digunakan pada pabrik ini adalah super chip NVIDIA GH200 Grace Hopper dan software NVIDIA AI Enterprise. Selain itu, Foxconn juga disebut-sebut sedang mengembangkan platform solusi cerdas menggunakan teknologi NVIDIA. Beberapa diantaranya adalah Foxconn Smart EV yang dibangun dari NVIDIA Drive Hyperion 9, dan sistem robot Foxconn Smart Manufacturing yang dibangun dari NVIDIA Isaac.

Foxconn dan NVIDIA

Foxconn Company_2b

Foxconn Company. (Sumber: The Globe and Mail)

Perlu diketahui, Foxconn saat ini sedang bertransformasi dari perusahaan manufaktur menjadi perusahaan platform solusi. Hal ini dibenarkan oleh Young Liu, Chairman Foxconn, yang mengatakan perusahaan saat ini sedang mengembangkan sejumlah layanan berbasis solusi.

Langkah ini dinilai sebagai upaya perseroan meningkatkan pendapatan yang masih bergantung pada produksi. Kedepannya, perusahaan asal Tiongkok tersebut akan mulai memperluas bidang infrastruktur IT yang didukung teknologi self-driving, termasuk kendaraan.

Sebagai informasi, kerja sama kedua perusahaan ini akan dimulai pada awal tahun 2023. Pada Januari tahun ini, Foxconn dan NVIDIA mengumumkan kolaborasi untuk mengembangkan platform mobil otonomos.

Pada kemitraan itu, Foxconn berperan untuk memproduksi unit kontrol elektronik mobil yang dibuat berdasarkan chip besutan NVIDIA. Young Liu, dalam wawancara terbarunya juga mengatakan kendaraan listrik akan menjadi pendorong pertumbuhan Foxconn dalam beberapa dekade mendatang.

Baca juga: CTO Dell Bicara Penggunaan AI Di Masa Depan Bersama Nvidia

Nvidia Rilis Seri Laptop GeForce RTX 40 Berkemampuan AI

Laptop GeForce RTX 40_3c

Laptop GeForce RTX 40. (Sumber: CNET)

Di sisi lain, Nvidia baru-baru ini memperkenalkan jajaran laptop GeForce RTX 40 yang dibekali teknologi AI tercanggih saat ini. Laptop ini merupakan inovasi teknologi yang dapat meningkatkan kinerja dan kreativitas para pecinta teknologi, profesional kreatif, dan pelajar.

Dengan berkembangnya dunia pendidikan, bidang STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) kini menjadi motor penggerak inovasi dan penemuan-penemuan baru. Siswa kini harus mampu menguasai aplikasi STEM yang kompleks, dengan kebutuhan komputasi yang andal dan efisien.

Dilengkapi AI, laptop seri GeForce RTX 40 mampu mengoptimalkan penggunaan aplikasi penting 22 kali lebih banyak dibandingkan laptop konvensional. Teknologi ini hadir di saat yang tepat, penguasaan AI menjadi sangat penting bagi siswa untuk bisa bersaing di masa depan.

  • Simulasi Lebih Cepat: Di bidang sains dan keteknikan, simulasi sangat penting untuk memahami fenomena yang kompleks. Seri laptop GeForce RTX 40 memungkinkan para peneliti dan pelajar melakukan simulasi cepat dan akurat, sehingga dapat mempercepat proses penemuan baru.
  • Pengolahan Data Lebih Cepat: Mengolah data dalam jumlah besar menjadi lebih mudah dengan dukungan AI. Seri laptop ini dapat melakukan analisis dan pengolahan data dengan cepat, sehingga dapat mendapatkan hasil yang mendalam dan akurat.
  • Belajar dengan AI: Seri laptop GeForce RTX 40 dengan teknologi AI mendukung proses belajar berbasis AI pada bidang STEM. Keunggulan ini dapat membantu pelajar memahami konsep yang rumit sekaligus meningkatkan literasi AI mereka yang sangat berguna di era data saat ini.
  • Render dan Visualisasi Lebih Realistis: Di bidang keteknikan, rancang bangun, dan desain, kemampuan laptop untuk merender model 3D dan menciptakan visual yang realistis sangat penting.
  • Efisiensi dan Portabilitas Lebih Tinggi: Seri laptop ini memiliki desain yang ramping dan tangguh, serta baterai yang tahan lama. Laptop ini juga beroperasi dengan senyap, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Apple, perusahaan pembuat iPhone, telah mengeluarkan peringatan yang mengerikan kepada pengguna iPhone. Peringatan ini terkait dengan aktivitas pengguna saat mengisi daya ponselnya....

Apple

Unbox.id – Bootloop di iPhone merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan. Banyak pengguna yang panik saat menghadapi masalah ini. Mengutip GizChina, bootloop merupakan...

Tech Industry

Unbox.id – Aplikasi YouTube Music di iOS mengalami masalah saat dibuka. Beberapa pengguna mengeluhkan bug yang menyebabkan aplikasi menampilkan layar hitam, sehingga pengguna tidak...

Artikel

Unbox.id – Seiring waktu, iPhone menyimpan banyak kenangan, termasuk foto, video, aplikasi terinstal, obrolan, dan file. IPhone sendiri hadir dengan beberapa pilihan penyimpanan. Saat...