Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Nintendo vs Sega Awali Era Perang Game Konsol Tahun 1990

Nintendo
Perang Konsol era 1990 | foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Mengingat game klasik masa kecil tentunya tidak terlepas dari Super Mario Bros atau Sonic The Hedgehog. Kedua game yang pernah menjadi primadona pada tahun pra milenial, yakni sebelum masuk tahun 2000. Mereka adalah dua game dari dua pengembang game konsol yang saling berebut posisi terfavorit di hati penggemarnya. Nintendo dan SEGA.

pade artikel kali ini, redaksi akan membahas persaingan yang terjadi antara Sega dan Nintendo. Di mana keduanya juga memiliki sejarah panjang untuk mencapai kepopulerannya hingga sekarang. Bahkan, di saat orang-orang sudah beralih ke PlayStation buatan Sony, keduanya masih bertahan di hati para penggemarnya.

Ingin tahu bagaimana sejarah persaingan kedua game konsol klasik era 90-an tersebut? Langsung saja simak artikel berikut ini.

Persaingan Sega vs Nintendo Awali Era Game Konsol

Nintendo Entertainment System (NES) mengawali penjualan game konsol pada tahun 1980. Dengan trend game konsol seperti Atari dan pendahulunya, Odyssey, NES mendapatkan posisi strategis tanpa perlu melakukan banyak gaya. Penjualan produk semakin meningkat, pesaing pun banyak bermunculan. Sayangnya, mereka hanya berusaha menjiplak.

baca juga : Review Game Konsol Retro ATARI VCS 2018

Kehadiran game konsol yang berusaha menyaingi Nintendo sangat beragam. Teknologi game dengan teknologi cartridge memang mudah untuk ditiru. Di Indonesia sendiri, mungkin sebagian pernah mendengar game dengan nama Spica. Atau Nichi Man yang ada di Kolombia, dan Dendy yang ada di Eropa Timur.

Hingga era 90-an, kepopuleran Nintendo terus melejit sampai kedatangan pesaing baru dengan generasi yang lebih canggih, SEGA. Awal kemunculan SEGA adalah pada tahun 1980, tidak jauh berbeda dengan NES, hanya saja ia belum bisa bersaing dengan baik.

Nama SEGA perlahan tapi pasti, mulai mencuri hati dan membuat banyak orang beralih ke permainan konsol terbaru itu. Siapa yang tidak tahu karakter Sonic? Si landak biru dengan larinya yang super cepat. Benar, ia menjadi ikon paling terkenal yang ada dalam permainan SEGA. Pilihan game yang sangat banyak dan variasi game yang bermacam-macam membuat SEGA sangat populer.

baca juga : Death’s Door Hadir di Konsol Sony dan Nintendo

Kembali, pesaing alaminya pun tak ingin kalah dengan kepopuleran SEGA, NES membuat Super Famicom dengan teknologi grafik 16 bit. Ia muncul di Jepang dan terus bersaing dengan SEGA Genesis, yang terus mengembangkan kecanggihannya.

Perang Konsol era 1990 | foto : berbagai sumber

‘Perang Konsol’ Sebelum Tahun 2000

Setelah NES meluncurkan generasi terbarunya, SEGA tidak tinggal diam. Mereka melakukan teknik marketing dengan memunculkan iklan-iklan menarik. Salah satunya adalah iklan televisi yang memiliki jargon ‘Genesis does what Nintendon’t’.

Namun, rupanya SEGA Genesis masih mengalami beberapa kesulitan dalam peperangan tersebut, di mana mereka juga kalah banyak merilis game original. Banyak ide-ide tentang judul game yang diklaim haknya oleh NES. Secara otomatis, SEGA harus memunculkan lebih banyak game milik mereka sendiri.

Hingga akhir era game cartridge, mereka harus menyerah karena game konsol sendiri sudah beralih ke kecanggihan teknologi CD.

sumber : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda generasi 90an hingga awal 2000an, tentu sudah familiar dengan konsol game Sega ini. Sega Mega Drive atau yang lebih...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Untuk kalian generasi 90an tentu saja sudah tak asing lagi dengan nama game seperti Tekken 3, Winning Eleven, Harvest Moon Back...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Dengan maraknya perkembangan dunia game hingga Esports saat ini, banyak orang yang tidak mengenal apa itu Atari. Sama seperti Nintendo dan...

Sony

Jakarta, Unbox.id – Setelah pembahasan tentang sejarah game konsol di era Magnavox Odyssey tahun 1972, kini redaksi akan lanjut ke PS atau PlayStation. Di...