Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Microsoft Ungkap AI Bisa Ubah Cara Kerja di Indonesia

Microsoft ai_1
Microsoft mengungkapkan bahwa AI akan berdampak kepada Indonesia. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Microsoft sekali lagi mengungkapkan bagaimana tren kecerdasan buatan (AI) akan mengubah cara kerja di Indonesia. Perusahaan teknologi tersebut baru-baru ini merilis data dan informasi baru di Indonesia, berdasarkan laporan berjudul Work Trends Index 2023: “Apakah AI Fix berfungsi?” Survei dilakukan terhadap 31.000 orang dari berbagai industri di 31 negara, termasuk Indonesia; miliaran sinyal dari email, rapat, dan obrolan di Microsoft 365 dan tren tenaga kerja di LinkedIn. Data menunjukkan bahwa kecepatan kerja telah meningkat lebih cepat daripada yang dapat diikuti manusia, dan hal ini dianggap memengaruhi inovasi. Namun, menurut Microsoft, AI generasi berikutnya akan menambah beban kerja.

Mengambil Langkah Awal

Microsoft ai_2

AI dapat menjadi salah satu langkah awal dalam kemajuan teknologi yang ada. (Sumber: Computerworld)

Organisasi yang mengambil langkah pertama dalam memanfaatkan teknologi AI akan memutus siklus ini dan mengklaim mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas orang.

“Generasi AI berikutnya ini akan memungkinkan kami untuk fokus pada pekerjaan kreatif sehingga kami dapat menciptakan lebih banyak inovasi,” kata Lucky Gani, Chief Marketing and Operations Officer Microsoft, Indonesia.

Lucky, dalam siaran pers yang dikutip Minggu (28/5/2023), mengatakan hal itu menawarkan optimisme dan peluang besar bagi setiap individu, serta organisasi, untuk mendefinisikan kembali bagaimana segala sesuatu bekerja.

“Cara bekerja dapat meningkatkan produktivitas dan memberi kita lebih banyak waktu untuk membangun kembali interaksi dan kedekatan kita dengan lingkungan sekitar kita,” ujarnya dalam keterangan tertulis dari Microsoft.

Yang Menghambat Kerja Kreatif

Dalam laporan Indeks Tren Pekerjaan 2023, tiga wawasan utama juga dibagikan untuk para pemimpin bisnis yang berusaha memahami dan menerapkan AI secara bertanggung jawab di organisasi mereka.

Pertama, utang digital menyebabkan hilangnya inovasi. Seiring kemajuan teknologi, jumlah data, email, dan pesan instan yang perlu dikelola semakin melampaui kapasitas manusia. Hal ini menyebabkan pemborosan waktu yang berharga untuk melunasi hutang digital ini, sehingga menghambat kerja kreatif.

Di Indonesia, 76% karyawan mengatakan mereka tidak memiliki cukup waktu dan tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan (12% lebih tinggi dari data global sebesar 64%). Kedua, ada aliansi baru antara AI dan karyawan. Bagi para pekerja, menurut Microsoft, harapan bantuan dapat meringankan beban kerja mereka jauh melampaui rasa takut kehilangan pekerjaan.

Baca juga: Microsoft Tengah Membuat Chip AI Buatannya Sendiri

AI Dianggap Bisa Kurangi Beban Kerja

Di Indonesia, 48% karyawan mengatakan mereka takut AI akan menggantikan pekerjaan mereka. Namun, 75% mengatakan mereka akan mendelegasikan sebanyak mungkin pekerjaan kepada AI untuk mengurangi beban kerja.

Selain itu, 4 dari 5 karyawan di Indonesia berencana menggunakan AI tidak hanya untuk pekerjaan administratif tetapi juga untuk pekerjaan analitis dan aspek kreatif pekerjaan mereka.

Ketiga, setiap karyawan membutuhkan keterampilan AI. Laporan ini menyoroti bahwa tidak hanya pakar AI, tetapi setiap karyawan di Indonesia harus memiliki keterampilan AI yang tepat. Di saat AI telah menjadi bagian dari rutinitas kerja, karyawan perlu mengembangkan keterampilan seperti penilaian analitis, kecerdasan emosional, penilaian kreatif, keingintahuan intelektual, dan kemampuan untuk membuat keputusan.

Menariknya, 90% pemimpin Indonesia menyadari bahwa karyawan akan membutuhkan keterampilan baru ini di era AI.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Lunar Lake baru-baru ini menjadi fokus acara Intel Tech Tour 2024 di Taipei, Taiwan, di mana Intel membeberkan lebih detail mengenai...

Software

Unbox.id – ChatGPT adalah chatbot kecerdasan buatan (AI) yang paling banyak digunakan saat ini. Dari segi informasi, ini adalah chatbot pertama yang didistribusikan secara...

Tech Industry

Unbox.id – Seperti yang dikabarkan beberapa pekan lalu, Apple mengonfirmasi di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 bahwa pihaknya bekerja sama dengan OpenAI untuk menghadirkan...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk mengatakan dia akan melarang atau memblokir Apple dari bisnisnya jika pembuat iPhone itu mengintegrasikan OpenAI ke dalam sistem operasinya. Musk,...