Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Microsoft Uji Coba Tombol Refresh Untuk Wifi di Windows 11

Windows 11_2b
Windows 11. (Sumber: Tech Inspiring)

Unbox.id – Microsoft merilis versi baru Windows 11 Canary pada 15 November 2023. Versi baru ini menghadirkan tombol penyegaran Wifi yang memungkinkan pengguna menyegarkan daftar jaringan yang tersedia. Ini akan menjadi solusi mudah bagi pengguna yang menghadapi masalah koneksi jaringan. Mengutip Neowin, Rabu (22/11/2023), tombol refresh WiFi ditemukan oleh @PhantomOfEarth di X (Twitter). Dikatakan bahwa tombol ini akan muncul di bagian bawah flyout jaringan, di samping tautan “Pengaturan Wi-Fi lainnya”.

Sudah Dikonfirmasi Oleh Brandon LeBlanc

Microsoft Windows 11_2b

Microsoft Windows 11. (Sumber: Global Village Space)

Brandon LeBlanc, manajer program senior untuk grup Windows Insider, telah mengonfirmasi bahwa pengembang sedang mengerjakan tombol penyegaran Wifi untuk versi Windows berikutnya. Namun implementasi build 25997 belum selesai.

Menurut Brandon, tombol tersebut “berfungsi sedikit” tetapi memerlukan lebih banyak perubahan pada pembaruan mendatang. Itu sebabnya Microsoft tidak menuliskannya di catatan rilis Canary baru. Versi stabil Windows 10 dan 11 saat ini memungkinkan pengguna memulihkan daftar jaringan Wi-Fi yang tersedia dengan menutup menu flyout dan membukanya kembali.

Tombol penyegaran khusus akan meningkatkan koneksi ke Wifi. Tombol segarkan untuk daftar jaringan Wi-Fi akan segera bergabung dengan perubahan lain yang telah diterapkan Microsoft dalam desain pratinjau baru.

Misalnya, berbagi kata sandi Wifi melalui kode QR, kemampuan menginstal driver selama pengaturan awal, dan manajemen izin lokasi yang lebih baik.

Beberapa Tips Untuk Percepat Jaringan Wifi

Sementara itu, berikut beberapa cara mempercepat jaringan WiFi di rumah seperti yang dilansir dari cnet.com: Posisi yang benar untuk memasang router adalah di tempat terbuka, tidak ada penghalang di pintu masuk. Padahal, router berguna sebagai pemancar sinyal WiFi.

Perhatikan antenanya, arahkan antena router secara vertikal. Sinyal yang dihasilkan bisa menjangkau wilayah yang lebih luas.

Banyak orang meletakkan router WiFi di dekat perangkat elektronik lain, seperti TV, lemari es, dan speaker.

Tahukah kamu? Ternyata hal ini memperlambat jaringan internet. Pasalnya, aliran listrik pada perangkat dapat menghalangi aliran udara yang dikeluarkan router. Akibatnya kualitas koneksi internet menurun.

Amankan dan Upgrade Router

Jika Anda memasang WiFi di rumah pribadi, usahakan selalu menggunakan kata sandi karena hanya orang yang tinggal di rumah tersebut yang mengetahuinya.

Jika pengguna luar menggunakannya untuk streaming video atau memasang peralatan besar, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada penghuni gedung.

Saat Anda mendaftar ke layanan internet tetapi sepertinya tidak mendapatkan apa yang Anda bayar, masalahnya mungkin ada pada router. Selain itu, bagi yang sudah menggunakan layanan internet ini lebih dari lima tahun, perlu mengganti perangkat kerasnya dengan yang baru.

Repeater adalah perangkat yang dapat memperpanjang sinyal WiFi. Seperti yang kita ketahui, jika pengguna jauh dari router maka sinyal jaringan cenderung melemah. Oleh karena itu, menggunakan reperer adalah solusinya.

Baca juga: Windows 11 Sudah Dipakai 400 Juta Perangkat

Ancaman Terhadap Kemanan Wifi Umum

WiFi_3c

WiFi. (Sumber: Tech Education)

Selain itu, bagi Anda yang tertarik bepergian dan menggunakan WiFi publik, ada beberapa risiko yang harus Anda waspadai. Ini adalah salah satu ancaman paling populer terhadap WiFi publik. Dalam serangan MITM, penyerang menyusup ke jaringan dan dapat bertukar komunikasi antara dua pihak.

Pengguna mengira mereka berkomunikasi langsung dengan situs web, server email, atau pengguna lain, namun peretas menyadap pesan tersebut, mengambil data sensitif. Jaringan WiFi publik, terutama yang tidak memiliki enkripsi (seperti WPA2), memungkinkan peretas untuk “menguping” data yang dikirimkan melalui jaringan.

Alat seperti inspeksi paket dapat menangkap lalu lintas terenkripsi, sehingga memudahkan peretas mengakses informasi sensitif. Peretas membuat jaringan WiFi palsu, seringkali dengan nama yang terlihat seperti jaringan yang sah (misalnya, “CoffeeShopFreeWiFi” dan bukan “CoffeeShop_WiFi”).

Pengguna yang tidak menaruh curiga terhubung ke situs palsu ini, dan peretas dapat memantau semua lalu lintas, menangkap data sensitif saat transit. Mirip dengan hot spot palsu, ini adalah jaringan jahat yang dirancang untuk memikat pengguna.

Setelah terhubung, peretas dapat mengirimkan malware atau mencoba mengeksploitasi kerentanan di perangkat pengguna.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Baru-baru ini, Elon Musk tengah menggugat perusahaan pengembang kecerdasan buatan OpenAI. Tokoh yang mendirikan SpaceX tersebut menuntut OpenAI untuk membuka suara...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft merupakan salah satu perusahaan yang aktif mengembangkan AI sehingga teknologi ini dapat membantu meningkatkan produktivitas. Menyadari bahwa teknologi kecerdasan buatan tidak...

Tech Industry

Unbox.id – Mesin AI Microsoft, Copilot AI, telah sukses sejak dirilis pada Windows 11 pada Oktober 2023 dan Windows 10 pada Desember 2023. CEO...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Microsoft tengah berupaya keras untuk meningkatkan popularitas Edge, akan tetapi juga mengatakan bahwa keberhasilan tersebut mungkin tidak sepenuhnya akurat.  Menurut data...