Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Microsoft Tawarkan Update Keamanan Untuk Windows 10 Hingga 2028

Windows 10_1a
Windows 10. (Sumber: Beta News)

Unbox.id – Microsoft berencana untuk menawarkan pembaruan keamanan yang diperluas kepada pelanggan komersial Windows 10 ketika sistem operasi mencapai akhir masa pakainya pada akhir tahun 2025. Seperti dikutip dari Computer World, Microsoft terkenal karena memberikan insentif kepada pelanggan Windows 10 untuk melakukan upgrade ke Windows 11 per April 2023. Meski demikian, Windows 10 ternyata masih menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan. Menurut data StatCounter, Windows 10 masih menguasai 64% pangsa pasar desktop di AS, sedangkan Windows 11 hanya mencapai 30%. Untuk itu, dalam unggahan terbarunya, Microsoft menyatakan masih akan memberikan Extended Security Updates (ESU) kepada pengguna Windows 10.

ESU Dapat Dibeli Setiap Tahun dan Dapat Diperpanjang

Windows 10_1a

Windows 10. (Sumber: Computer World)

Setelah itu, ESU dapat dibeli setiap tahun dan dapat diperpanjang hingga tiga tahun, setidaknya hingga tahun 2028. Menurut Microsoft, program ini akan secara rutin memberikan pembaruan keamanan penting dan penting. Ketahuilah bahwa dalam program ini Microsoft tidak akan menyediakan fitur baru atau perubahan desain, termasuk layanan dukungan teknis.

Sebagai informasi, Microsoft telah mengumumkan berakhirnya dukungan untuk Windows 10 pada 14 Oktober 2025. Oleh karena itu, perusahaan juga tidak akan memberikan perbaikan bug, patch keamanan, pembaruan zona waktu, atau dukungan teknis.

Dengan kata lain, pengguna perlu memperbarui perangkat mereka ke Windows 11 atau membeli perangkat baru yang menjalankan sistem operasi terbaru. Perhatikan bahwa Microsoft tidak selalu menawarkan opsi ESU ini.

Misalnya, dukungan tambahan ini diberikan untuk Windows 7, namun tidak untuk Windows 8. Soal harga ESU, Microsoft masih akan membeberkannya nanti.

Pertimbangkan Untuk Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Sementara itu, sejak diluncurkan hampir dua tahun lalu, Windows 11 masih menjadi masalah bagi pengguna desktop atau laptop. Banyak orang yang masih bertanya-tanya apakah Windows 11 menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan Windows 10.

Selain itu, banyak juga pengguna yang bertanya-tanya apakah Microsoft akan memperbaiki masalah yang ditemui Windows 11 saat dirilis atau tidak. Banyak orang masih bertanya-tanya apakah akan membandingkan dua sistem Windows (Windows 10 dan Windows 11). Faktanya, Windows 10 dan Windows 11 bisa dikatakan merupakan sistem operasi yang solid.

Windows 10 yang dirilis hampir sepuluh tahun lalu sebenarnya masih banyak digunakan di banyak perangkat berbeda dan terus melakukan pengujian sistemperbaikan. Berbagai fitur baru juga ditambahkan, sehingga versi Windows ini stabil dan tidak terlalu sering menerima pembaruan besar. Berbeda dengan Windows 11 yang kerap menghadirkan fitur-fitur baru.

Selain itu, Windows 11 memiliki tampilan yang lebih modern dan memiliki beberapa fitur yang tidak ditawarkan Windows 10. Namun, Anda tidak Tak perlu terburu-buru mengupgrade Windows 10. Dikutip dari Computer World), Microsoft akan terus mendukung Windows 10 dengan pembaruan keamanan hingga Mei Oktober 2025.

Awalnya saat Windows 10 diluncurkan, Microsoft menyatakannya sebagai versi final. dari Windows. Idenya adalah versi ini akan terus diperbarui dan Microsoft tidak akan merilis peningkatan besar lainnya. Namun, rencana ini jelas berubah dengan dirilisnya versi terbaru Windows.

Baca juga: Microsoft Uji Coba Mode Hemat Energi Di Windows 11

Perbedaan Fitur Pada Windows 10 dan Windows 11

Microsoft Windows 11_2b

Microsoft Windows 11. (Sumber: Global Village Space)

Windows 11 memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki versi sebelumnya. Beberapa di antaranya, di Windows 11, Anda dapat menjalankan aplikasi Android dan memiliki menu Widget baru yang dapat diakses dari taskbar. Selain itu, dengan Modern Snipping Tool, Anda tidak hanya dapat mengambil tangkapan layar tetapi juga dapat dengan mudah merekam video di desktop.

Namun, di sisi lain, ada juga beberapa fitur Windows 10 yang tidak ditawarkan di Windows 11. Seperti fitur Timeline yang memungkinkan Anda melacak riwayat aplikasi dan tugas dari perangkat tempat Anda masuk masuk dengan akun Microsoft. sama.

Keunggulan lain Windows versi terbaru dibandingkan versi sebelumnya adalah kemampuan Windows 11 untuk bekerja lebih baik dengan banyak monitor. Bahkan Windows 11 Ada juga antarmuka lain, seperti Start menu dan bilah tugas dengan aplikasi dipusatkan secara default (tetapi Anda dapat memindahkannya ke kiri jika Anda mau).

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Serangan siber telah menjadi hal lumrah di dunia digital ini. Sekitar 4000 serangan baru telah diterima setiap harinya. Untuk melindungi file dan...

Google

Jakarta, Unbox.id – Google baru saja mengumumkan inovasi terbaru yang cukup besar. Perusahaan mesin pencari tersebut berencana akan meluncurkan fitur kecerdasan buatan untuk software...

Software

Jakarta, Unbox.id – Prosesor adalah jantung dari ponsel pintar mana pun. Komponen ini dikerjakan secara khusus oleh perusahaan seperti MediaTek dan Qualcomm. Meski begitu,...

Software

Unbox.id – Microsoft akan terus mendorong penggunaan Copilot, termasuk bagi pengguna PC atau laptop. Oleh karena itu, Microsoft selalu memberikan pembaruan untuk membantu pengguna...