Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Microsoft Sebut Hacker Tiongkok Pakai Celah Kode Untuk Curi Email

Microsoft AS_1a
Microsoft AS. (Sumber: DW)

Unbox.id – Microsoft mengatakan sekelompok peretas China mengeksploitasi kode digitalnya dan menggunakan kerentanan dalam kode perusahaan untuk mencuri email dari lembaga pemerintah AS dan pelanggan lainnya. Dalam posting blog, sekelompok peretas dapat menggunakan kunci – yang mereka peroleh secara diam-diam – dan memanfaatkan kesalahan validasi dalam kode Microsoft untuk melakukan kampanye spionase dunia maya. Blog ini memberikan laporan komprehensif tentang upaya yang telah mengguncang industri keamanan siber Sino-Amerika. Beijing juga telah membahas keterlibatannya dalam spionase.

Tindakan Yang Menargetkan Pemerintah

Mengutip Reuters, pejabat Microsoft dan AS mengatakan peretas dengan tautan ke negara China telah secara diam-diam mengakses akun email milik 25 organisasi sejak Mei.

Pejabat AS mengatakan setidaknya dua lembaga pemerintah telah mengakses email mereka, dimulai dengan Departemen Luar Negeri dan Departemen Perdagangan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kepada diplomat senior China Wang Yi pada pertemuan di Jakarta Kamis lalu bahwa setiap tindakan yang ditujukan pada pemerintah AS, bisnis atau warga negara semuanya menjadi perhatian pemerintahannya.

Pemerintah AS Mau Ambil Tindakan

Microsoft AS_2b

Microsoft AS. (Sumber: Head Topics)

“Kami akan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meminta pertanggungjawaban mereka,” kata pejabat senior Departemen Luar Negeri.

Meskipun dipastikan bahwa kode Microsoft diakses dan digunakan untuk melakukan kejahatan dunia maya, posting blog Microsoft tidak menjelaskan bagaimana peretas memperoleh salah satu kunci digital perusahaan ‘komputer’ perusahaan. Itu juga menyebabkan beberapa ahli berspekulasi bahwa Microsoft diretas sebelum kunci digital dicuri.

Akibat insiden ini, langkah-langkah keamanan Microsoft saat ini sedang diteliti oleh pejabat dan anggota parlemen. Bahkan, Parlemen telah meminta Microsoft untuk melakukan audit digital tingkat tinggi atau pencatatan gratis untuk semua pelanggan. Dalam sebuah pernyataan, Microsoft mengatakan akan menerima kritik.

“Kami sedang mengevaluasi umpan balik dan terbuka untuk model lain, secara aktif terlibat dengan pejabat AS dalam masalah ini,” kata pernyataan Microsoft.

Microsoft PHK 276 Karyawan

Sementara itu, Microsoft masih, menurut Business Channel, perusahaan teknologi terkenal Amerika, Microsoft, telah mengkonfirmasi telah memberhentikan karyawannya, satu minggu dari awal tahun keuangan 2024.

Mengutip CNBC International, Selasa (11 Juli 2023), PHK tersebut jatuh di luar PHK Microsoft Januari 2023, yang mengakibatkan PHK massal sebanyak 10.000 pekerja. “Penyesuaian organisasi dan tenaga kerja adalah bagian yang diperlukan dan rutin dalam menjalankan bisnis kami,” kata juru bicara Microsoft melalui email.

“Kami akan terus memprioritaskan dan berinvestasi di bidang pertumbuhan strategis untuk masa depan kami dan untuk mendukung pelanggan dan mitra kami,” katanya. Microsoft mengajukan pemberitahuan hari Senin mengatakan akan memangkas 276 pekerjaan di negara bagian asalnya di Washington. Dari jumlah tersebut, 66 adalah virtual.

Tenaga penjualan dan perwakilan kesuksesan pelanggan yang terkena PHK di Microsoft juga terlihat memposting di media sosial tentang berita tersebut.

Baca juga: Microsoft Ungkap AI Bisa Ubah Cara Kerja Di Indonesia

Memo dari CEO Microsoft

Pada bulan Januari, CEO Microsoft Satya Nadella merilis sebuah memo yang mengatakan bahwa perusahaan akan meningkatkan lini produk perangkat kerasnya dan mengkonsolidasikan biaya sewa.

Selain Microsoft, perusahaan teknologi lain seperti Amazon dan Google juga baru-baru ini melakukan PHK setelah menambah jumlah karyawan dengan cepat untuk memenuhi permintaan yang meningkat selama pandemi Covid-19.

Microsoft telah mengatakan dalam beberapa bulan terakhir bahwa pelanggannya mencari cara untuk menghemat uang pada tagihan komputasi awan mereka.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Microsoft didenda 242 juta USD atau setara sekitar Rp 3,9 triliun, karena asisten virtualnya Cortana terbukti melanggar paten. Gugatan terhadap Microsoft diajukan...

Tech News

Jakarta, Unbox.id — Setelah kemunculan AI Copilot beberapa waktu lalu, Microsoft mulai mengintegrasikan tombol khusus di perangkat Surface terbarunya. Ia adalah perangkat laptop khusus...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...