Connect with us

Hi, what are you looking for?

Microsoft

Microsoft Resmi Akuisisi Activision Bilzzard, Ciptakan Sejarah Baru

Microsoft
Microsoft Akuisisi Activision Bilzzard | foto: Engadget

Jakarta, Unbox.id – Microsoft secara resmi telah melakukan akuisisi terhadap perusahaan induk vidio game, Activision Billzard dengan nominal 68,7 miliar Dolar AS. Kesepakatan tersebut telah mendapat persetujuan dengan badan Otoritas Inggris pekan ini.

Sebelumnya, Microsoft sendiri telah mendapatkan persetujuan secara resmi dari Komisi Perdagangan Federal atau FTC (Federal Trace Commision) pada bulan Juli. Keputusan tersebut menandai titik balik yang bersejarah dalam industri video game.

Baca juga: Caviar Luncurkan iPhone UFO Series Spesial Halloween

Akuisisi tersebut membuka jalan yang lebar bagi Ubisoft untuk mengambil alih berbagai judul video game yang legendaris, seperti Call of Duty. Dengan kata lain, perusahaan pengembang sistem operasi komputer tersebut menjadi pembangkit tenaga game global.

Microsoft Ciptakan Sejarah besar Industri Video Game

CEO Microsoft Gaming, Phil Spencer, yang merupakan seorang gamer berdedikasi, telah mengungkapkan kekagumannya. Ia mengakui adanya dampak besar Activision Blizzard dan anak perusahaannya, King, terhadap game dan budaya populer. 

Foto ilustrasi | foto: 3D Juegos

Game seperti Call of Duty, World of Warcraft, dan Candy Crush Saga telah memikat jutaan pemain di seluruh dunia. Ubisoft, pemain utama di bidang cloud gaming yang terus berkembang, kini memiliki hak streaming cloud abadi untuk Call of Duty dan judul Activision Blizzard lainnya. 

Baca juga: iPhone 15 Pro Masih Overheat Meski Sudah Update iOS 17.0.3

Artinya di Wilayah Ekonomi Eropa (EEA), yang mencakup negara-negara UE, para gamer dapat dengan bebas melakukan streaming game-game tersebut. Di luar EEA, Ubisoft memegang kendali atas hak streaming cloud, dengan opsi untuk melisensikannya ke Microsoft untuk Xbox Cloud Gaming. 

Ubisoft Memegang Kendali Pengembangan Game

Sebagai bagian dari kesepakatan inovatif ini, game Activision Blizzard akan menjadi bagian dari Ubisoft Plus, layanan berlangganan game perusahaan. Meskipun jangka waktu pasti untuk ketersediaan penuh masih belum pasti, pengaturan ini akan berlangsung selama 15 tahun. Dengan lisensi abadi yang memastikan kendali abadi Ubisoft.

Peralihan industri game ke arah streaming merevolusi aksesibilitas. Dengan Ubisoft berupaya menjadikan game senyaman streaming musik dan film. Ringkasnya, akuisisi Microsoft atas Activision Blizzard, merupakan langkah Ubisoft dalam cloud gaming. 

Dan lanskap gaming yang terus berkembang menjanjikan peningkatan kenyamanan dan aksesibilitas gaming bagi para pemain di seluruh dunia. 

Dalam email yang menyentuh hati kepada karyawan, CEO Activision Blizzard Bobby Kotick berkomentar:

“Hari ini menandai momen penting dalam sejarah perusahaan kami. Persatuan kami dengan Microsoft akan memberikan sumber daya segar dan peluang baru bagi tim kami yang luar biasa di seluruh dunia. 

“Ini akan memberdayakan kami untuk memberikan lebih banyak kesenangan, lebih banyak kegembiraan, dan lebih banyak koneksi ke basis pemain yang lebih luas dibandingkan sebelumnya.”

Chris Early, SVP Kemitraan Strategis & Pengembangan Bisnis Ubisoft, menambahkan:

Pengambilan hak tersebut memungkinkan Ubisoft memperkenalkan game Activision Blizzard seperti Call of Duty hingga Ubisoft Plus. Dan bahkan memberikan lisensi akses streaming kepada perusahaan cloud gaming, penyedia layanan, dan produsen konsol. 

Dengan melakukan hal ini, kami memperluas akses ke game-game ini di berbagai platform streaming, sehingga memberikan manfaat bagi lebih banyak pemain dibandingkan sebelumnya.

Sumber: Gizchina

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...

Software

Unbox.id – Microsoft sepertinya sudah mulai memasang iklan di sistem operasi (OS) miliknya, khususnya Windows 11. Hal ini diketahui dari bocoran build Windows 11...

Tech Industry

Unbox.id – Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS (CISA) mengungkapkan bahwa peretas yang didukung oleh pemerintah Rusia menggunakan akses ke sistem email Microsoft untuk...