Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Microsoft Luncurkan Tampilan Web Baru Untuk Toko Aplikasi Windowsnya

Microsoft Store_1a
Microsoft Store. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Microsoft telah meluncurkan versi web baru App Store untuk Windows. Versi terbaru ini dirancang untuk menggantikan cara Anda mencari aplikasi Windows di web saat ini. Menurut The Verge, Microsoft telah menghapus basis kode React lama dari Microsoft Store versi web sebelumnya. Sejak itu telah digantikan oleh Shoelace, Lit, Vite, dan versi web modern yang menggunakan backend C# ASPNET. “Secara tradisional, situs didasarkan pada kode React yang dibangun dengan kerangka UI yang sudah ketinggalan zaman,” insinyur Microsoft Judah Gabriel menjelaskan dalam sebuah postingan di X Apps atau Twitter. Ia melanjutkan, “Kami menciptakan pengalaman pengguna yang segar dengan antarmuka yang dirancang dengan cermat dan cara mudah untuk menemukan aplikasi baru dan teknologi web terkini. Kami menciptakan desain yang bermanfaat bagi orang-orang. Saya harap demikian,” tambahnya.

Memudahkan Pencarian Aplikasi

Microsoft Store_2b

Microsoft Store. (Sumber: BetaNews)

Toko web yang didesain ulang ini memudahkan Anda menemukan aplikasi Windows dan game Xbox PC yang dapat Anda unduh dari aplikasi Microsoft Store di Windows.

Namun Gabrial mengatakan pembaruan tersebut tidak menggantikan aplikasi utama Microsoft Store. “Anggap saja sebagai web front end untuk App Store di Windows. Mereka bekerja sama,” kata Gabriel.

agian depan web baru ini dikatakan membantu Microsoft dalam memperluas ekosistem aplikasi dan gamenya di luar Windows. Sementara itu, Microsoft juga dikabarkan bersiap meluncurkan toko game seluler Xbox pada awal tahun 2024. Perusahaan mengumumkan rencana untuk membuka toko seluler Xbox pada tahun 2022.

Toko Mobile Gaming Xbox Baru dari Microsoft Dikabarkan Akan Diluncurkan

Phil Spencer, yang kini menjabat sebagai CEO Xbox, mengatakan perusahaannya membangun toko tersebut untuk mengantisipasi perusahaan seperti Apple dan Google yang membuka toko aplikasi seluler.

“Kami ingin membuat Xbox dan kontennya tersedia untuk semua orang, termasuk mitra pihak ketiga kami,” kata CEO Microsoft Gaming Phil Spencer dalam wawancara dengan Financial Times. Toko seluler Xbox dirancang untuk bersaing dengan dominasi toko game seluler Apple dan Google.

oko ini mengandalkan konten Activision Blizzard, termasuk Call of Duty: Mobile dan Candy Crush Saga. Microsoft juga memperluas platform seluler Xbox yang lebih luas. Microsoft dengan cepat mendukung Xbox Cloud Gaming di Steam Deck Valve dan juga bermitra dengan Logitech dan Razer.

Xbox Mobile Store yang akan datang akan memungkinkan pengembang untuk menjalankan toko aplikasi mereka sendiri dalam platform Xbox Mobile Microsoft.

Microsoft Luncurkan AI Copilot

Microsoft AI Copilot_3c

Microsoft AI Copilot. (Sumber: Forbes)

Sebelumnya, Microsoft resmi meluncurkan Copilot, asisten kecerdasan buatan (AI), di banyak platform. Microsoft mengumumkan di sebuah acara di New York bahwa Copilot akan tersedia untuk Windows 11, Microsoft 365, Edge, dan Bing.

Menurut perusahaan, Copilot bertujuan untuk “merevolusi cara orang berinteraksi dengan teknologi dan meningkatkan produktivitas”, seperti yang disampaikan dalam siaran pers. Kita memasuki era baru AI yang secara mendasar mengubah cara kita berinteraksi dan menggunakan teknologi,” kata Yusuf Mehdi, wakil presiden korporat dan kepala pemasaran konsumen Microsoft.

“Perpaduan antarmuka obrolan dan model bahasa berskala besar memungkinkan Anda menanyakan apa pun dalam bahasa sehari-hari, dan teknologinya cukup pintar untuk merespons, membuat, atau mengambil tindakan,” ujarnya.

“Di Microsoft, hal ini berarti memiliki co-pilot untuk membantu Anda menyelesaikan setiap tugas,” kata Yusuf Mehdi.

Baca juga: Microsoft Stop Upgrade Gratis Windows 7 Dan Windows 8

Microsoft Setop Upgrade Gratis dari Windows 7 dan Windows 8 ke Versi Terbaru

Secara terpisah, Microsoft telah menghentikan pemutakhiran gratis dari Windows 7 dan 8 ke Windows 10 dan 11. Namun pengguna Windows 10 tidak perlu khawatir karena upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 masih gratis.

Mengutip PC World, Microsoft menulis dalam sebuah blog pada Rabu (10 April 2023) bahwa “Penawaran upgrade gratis Microsoft ke Windows 10/11 akan berakhir pada 29 Juli 2016.” Saya melakukannya.

Perusahaan menambahkan: “Jalur instalasi untuk pemutakhiran gratis untuk Windows 7/8 juga telah dihapus. Pemutakhiran dari Windows 10 ke Windows 11 tetap gratis.” Sebelumnya, Microsoft menawarkan kepada pengguna Windows 7 dan 8 upgrade gratis ke Windows 10 menggunakan lisensi Windows yang ada.

Manfaat ini berlaku selama satu tahun setelah peluncuran Windows 10. Namun tawaran ini sudah tidak berlaku lagi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft Research Asia baru saja meluncurkan alat AI eksperimental baru yang disebut VASA-1. AI ini dapat memodifikasi gambar seseorang serta file audio...

Software

Unbox.id – Microsoft sepertinya sudah mulai memasang iklan di sistem operasi (OS) miliknya, khususnya Windows 11. Hal ini diketahui dari bocoran build Windows 11...

Tech Industry

Unbox.id – Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS (CISA) mengungkapkan bahwa peretas yang didukung oleh pemerintah Rusia menggunakan akses ke sistem email Microsoft untuk...