Merk

MicroLED Teknologi Terbaru dari Apple?

Apple merilis 3 varian smartwatch terbarunya di pangsa pasar gadget Indonesia yang sudah bisa diboyong penggunanya. (Sumber: Jugo Mobile)

Unbox.id – MicroLED adalah lompatan teknologi paling besar bagi Apple. Tentu saja tipe layar terbaru ini masih dalam progress pengembangan oleh perusahaan asal Cupertino, California tersebut. Bahkan mereka sendiri sedang bekerja untuk membuat chip untuk semuanya, baik bluetooth, Wi-Fi dan Cellular dalam satu chip saja.

Karena itu Apple sendiri berusaha membuat MicroLED sebagai solusi untuk wearable seperti Apple Watch sendiri. Lantas, kenapa produsen satu ini mau gunakan teknologi terbaru dan belum tahu respon dari pengguna smart watch satu ini. Mungkin buat semua orang, masalah paling pelik dari smart watch adalah pemakaian serta baterai dari Apple Watch sendiri hingga sekarang terasa boros sekali.

Penasaran seperti apa kemampuan dari MicroLED sendiri dan seberapa besar perubahan ini mampu mengubah lanskap layar untuk smartphone kedepannya.

MicroLED adalah solusi buat OLED

OLED sendiri sudah banyak yang pakai dan juga jadi solusi terbaik untuk masalah kerapatan pixel dari sebuah layar. Cuma masalah pelik adalah usia dari layar tersebut terbatas dan tak bisa kita andalkan terus menerus. Ada kalanya layar itu bakalan meredup bahkan mati.

Untuk itu, ada solusi lainkah dari layar seperti OLED namun punya kerapatan pixel serta umur panjang. Menurut The Verge sendiri masalah lainnya adalah OLED suka membuat bekas terbakar pada layar atau burn-in. Bahkan ada juga panelnya sudah degradasi. Hal seperti ini buat masalah terutama pada seri Apple iPhone dengan OLED itu sendiri.

Karena itu, OLED sendiri saat ini terlalu terang bahkan saat siang hari pun warna yang mereka keluarkan lebih jelas daripada matahari pada siang hari tersebut. Soal seperti ini buat semua orang terasa aneh bahkan mata pun bisa saja lelah perkara melihat layar dengan tingkat kecerahan paling tinggi.

Karena itu teknologi ini mengurangi brightness sekaligus fokuskan warna dan tingkat pencahayaan. Sampai objek itu sendiri bisa fokus ke beberapa titik saja. Sisanya? ya bisa tidak nyala bahkan gelap begitu saja. Alhasil mata kita bisa fokus ke objek yang ada tanpa perlu ke distraksi oleh beragam cahaya lainnya bukan.

Samsung Pertama Adopsi Namun Apple Bakal Mengambil dari Mereka?

Apple merilis 3 varian smartwatch terbarunya di pangsa pasar gadget Indonesia yang sudah bisa diboyong penggunanya. (Sumber: Jugo Mobile)

Pastinya Samsung sendiri sudah mengatakan kalau mereka bakal adopsi MicroLED tersebut untuk TV mereka. Bahkan presentasi soal teknologi tersebut sudah pernah mereka sajikan di CES 2023 kemarin. Namun, apa mungkin Apple produksi sendiri?

Menurut Bloomberg, teknologi seperti ini mungkin terasa mahal dan Apple sendiri belum tentu produksi dalam waktu dekat. Kemungkinan mereka akan produksi dengan batch kecil dan nantinya berkembang sesuai dengan permintaan pasar.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple Vision Pro yang sebelumnya hanya tersedia di pasar AS, juga akan dijual di seluruh dunia. Informasi tersebut diketahui dari laporan terbaru...

Copyright © 2023 RMN

Exit mobile version