Connect with us

Hi, what are you looking for?

Merk

MicroLED Teknologi Terbaru dari Apple?

Apple Watch_1
Apple merilis 3 varian smartwatch terbarunya di pangsa pasar gadget Indonesia yang sudah bisa diboyong penggunanya. (Sumber: Jugo Mobile)

Unbox.id – MicroLED adalah lompatan teknologi paling besar bagi Apple. Tentu saja tipe layar terbaru ini masih dalam progress pengembangan oleh perusahaan asal Cupertino, California tersebut. Bahkan mereka sendiri sedang bekerja untuk membuat chip untuk semuanya, baik bluetooth, Wi-Fi dan Cellular dalam satu chip saja.

Karena itu Apple sendiri berusaha membuat MicroLED sebagai solusi untuk wearable seperti Apple Watch sendiri. Lantas, kenapa produsen satu ini mau gunakan teknologi terbaru dan belum tahu respon dari pengguna smart watch satu ini. Mungkin buat semua orang, masalah paling pelik dari smart watch adalah pemakaian serta baterai dari Apple Watch sendiri hingga sekarang terasa boros sekali.

Penasaran seperti apa kemampuan dari MicroLED sendiri dan seberapa besar perubahan ini mampu mengubah lanskap layar untuk smartphone kedepannya.

MicroLED adalah solusi buat OLED

MicroLED

OLED sendiri sudah banyak yang pakai dan juga jadi solusi terbaik untuk masalah kerapatan pixel dari sebuah layar. Cuma masalah pelik adalah usia dari layar tersebut terbatas dan tak bisa kita andalkan terus menerus. Ada kalanya layar itu bakalan meredup bahkan mati.

Untuk itu, ada solusi lainkah dari layar seperti OLED namun punya kerapatan pixel serta umur panjang. Menurut The Verge sendiri masalah lainnya adalah OLED suka membuat bekas terbakar pada layar atau burn-in. Bahkan ada juga panelnya sudah degradasi. Hal seperti ini buat masalah terutama pada seri Apple iPhone dengan OLED itu sendiri.

Karena itu, OLED sendiri saat ini terlalu terang bahkan saat siang hari pun warna yang mereka keluarkan lebih jelas daripada matahari pada siang hari tersebut. Soal seperti ini buat semua orang terasa aneh bahkan mata pun bisa saja lelah perkara melihat layar dengan tingkat kecerahan paling tinggi.

Karena itu teknologi ini mengurangi brightness sekaligus fokuskan warna dan tingkat pencahayaan. Sampai objek itu sendiri bisa fokus ke beberapa titik saja. Sisanya? ya bisa tidak nyala bahkan gelap begitu saja. Alhasil mata kita bisa fokus ke objek yang ada tanpa perlu ke distraksi oleh beragam cahaya lainnya bukan.

Samsung Pertama Adopsi Namun Apple Bakal Mengambil dari Mereka?

Apple Watch_1

Apple merilis 3 varian smartwatch terbarunya di pangsa pasar gadget Indonesia yang sudah bisa diboyong penggunanya. (Sumber: Jugo Mobile)

Pastinya Samsung sendiri sudah mengatakan kalau mereka bakal adopsi MicroLED tersebut untuk TV mereka. Bahkan presentasi soal teknologi tersebut sudah pernah mereka sajikan di CES 2023 kemarin. Namun, apa mungkin Apple produksi sendiri?

Menurut Bloomberg, teknologi seperti ini mungkin terasa mahal dan Apple sendiri belum tentu produksi dalam waktu dekat. Kemungkinan mereka akan produksi dengan batch kecil dan nantinya berkembang sesuai dengan permintaan pasar.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id — Samsung terus memperluas jajaran produknya. Sejalan dengan hal tersebut, langkah perusahaan selanjutnya adalah menambah anggota baru di seri F populernya, Galaxy...

Tech Industry

Unbox.id – iPad tampaknya digunakan dalam operasi yang tidak biasa selama perang Ukraina-Rusia. Alasannya karena Angkatan Udara Ukraina menggunakan iPad sebagai senjata modern pada...

Tech Industry

Unbox.id – Rumor mengenai Samsung Galaxy S25 mulai menyebar. Belakangan ini perusahaan asal Korea tersebut belum memperbarui beberapa fitur agar harga ponselnya tidak terlalu...

Software

Unbox.id – iPad Apple telah ditambahkan ke daftar produk teknologi yang harus mematuhi peraturan DMA (Digital Markets Act) Uni Eropa. Komisi Eropa juga secara...