Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Meta Ternyata Pegang Hak Atas Merek X Yang Ada Pada Twitter

Meta Twitter_1a
Meta Twitter. (Sumber: ITP Live)

Last updated on 19 Juni, 2024

Unbox.id – Elon Musk telah mengubah merek Twitter menjadi X. Namun, sepertinya proses rebranding dapat menemui hambatan dengan diperkenalkannya logo X. Memang, Meta sudah memiliki hak merek dagang untuk X. Mark Zuckerberg , pendiri Meta, terdaftar X merek dagang, terlibat dalam jejaring sosial online dan layanan jejaring sosial di bidang hiburan, permainan, dan pengembangan aplikasi. Platform Meta mendaftarkan nama merek X pada tahun 2019, dengan X biru dan putih untuk berbagai sektor, termasuk perangkat lunak dan media sosial. Faktanya, bukan hanya Meta, Reuters mengklaim bahwa Microsoft memiliki hak kekayaan intelektual untuk X. Sejak tahun 2003, Microsoft telah memiliki hak merek dagang terkait media untuk sistem video game Xbox-nya.

Mengutip Business Insider, X sendiri banyak digunakan dan dianggap sebagai merek dagang, sehingga bisa digugat. Twitter juga mungkin mengalami masalah dalam mempertahankan merek X di masa mendatang.

“Ada kemungkinan 100% Twitter akan dituntut oleh seseorang,” kata pengacara merek dagang Josh Gerben. Ia juga menyebutkan, ada hampir 900 pendaftaran merek aktif di AS yang sudah mencantumkan huruf X di berbagai industri.

Logo X Twitter Mirip Karakter Unicode Generik

Twitter X_2b

Logo Twitter X. (Sumber: Showmetech)

Tidak hanya itu, logo baru Twitter yang dirilis pada Senin, 24 Juli 2023 juga menyerupai karakter pengganti Unicode yang dikenal sebagai double strike math uppercase X, yang ditambahkan ke Unicode pada Maret 2001.

Sekadar informasi, Unicode adalah standar komputer internasional di mana setiap karakter atau simbol memiliki nilai numerik tertentu yang dapat digunakan antar platform. Seorang peneliti postdoctoral di University College London men-tweet bahwa huruf X telah digunakan dalam buku pelajaran matematika sejak tahun 1970-an.

Simbol tidak memiliki penggunaan umum tertentu, tetapi terkadang digunakan untuk merujuk pada ruang atau objek geometris abstrak.

Baca juga: Gratis, AI Buat Logo

Logo X Twitter Mirip Font Monotype

Logo baru Twitter juga sangat mirip dengan huruf kecil x dalam font Monotype “Special Alphabet 4”. Josh Gerben lebih lanjut menjelaskan bahwa merek dagang alias adalah pengidentifikasi sumber, simbol, atau merek dagang yang diasosiasikan pelanggan dengan bisnis.

Adapun burung ikonik Twitter, Larry, telah diidentifikasi oleh publik sebagai ikon jejaring media sosial tersebut. Dia berargumen bahwa untuk menjadi simbol bisnis yang terkenal, sebuah simbol harus unik dan khas agar menjadi merek dagang dan terdaftar di US Patent and Trademark Office.

Logo X Meta dan X Twitter Berbeda

Meskipun Meta memiliki hak atas X, logo X yang disediakan oleh Meta dalam merek dagangnya berbeda dengan logo X dan bukan logo Twitter. Alasannya adalah X Meta terlihat seperti dua panah bulat ke dalam dengan satu biru dan satu putih.

Namun, Twitter mungkin menghadapi beberapa kendala saat menggunakan X untuk tujuan jejaring sosial, seperti yang tercantum dalam pengajuan merek dagang Meta. Meta tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Gerben mengatakan merek dagang memiliki nilai lebih dan dilindungi semakin lama digunakan. Artinya, logo baru Twitter, khususnya X, sangat rentan terhadap tuntutan hukum.

Baca juga: Elon Musk Pamer Logo Baru Di Kantor Twitter

Arti Dari Alphabet X

Elon Musk Twitter X_3c

Elon Musk Twitter X. (Sumber: LabViral)

Huruf “X” telah sering digunakan untuk menandai proyek-proyek eksperimental atau inovatif. Contohnya adalah program pesawat eksperimental NASA yang dikenal sebagai “X-Plane” dan kendaraan antariksa SpaceX yang bernama “Dragon X”.

Elon Musk, sebagai seorang pengusaha dan inovator di industri antariksa dan teknologi, mungkin memilih untuk menggunakan huruf “X” dalam beberapa proyeknya sebagai representasi dari eksperimen, eksplorasi, dan inovasi yang dijalankannya.

Namun, penting untuk dicatat bahwa informasi ini mungkin telah berubah atau berkembang setelah pengetahuan saya terakhir diperbarui.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk mengatakan dia akan melarang atau memblokir Apple dari bisnisnya jika pembuat iPhone itu mengintegrasikan OpenAI ke dalam sistem operasinya. Musk,...

Tech Industry

Last updated on 20 Juni, 2024 Unbox.id – Starlink resmi hadir di Indonesia! Nah, layanan internet satelit besutan Elon Musk ini telah resmi diluncurkan...

Hardware

Unbox.id – Ada kabar buruk bagi pengguna Nintendo Switch yang dulu suka membagikan tangkapan layar dan video gameplay mereka di X atau Twitter. Pasalnya...

Tech Industry

Last updated on 20 Juni, 2024 Unbox.id – XL Axiata sedang mengkaji rencana layanan internet satelit Starlink milik Elon Musk yang ingin meluncurkan layanan...