Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Meta Perkenalkan Fitur AI di Instagram

AI Instagram_1a
AI Instagram. (Sumber: ZDNET)

Unbox.id – Meta mengumumkan beberapa fitur dengan teknologi Generalized Artificial Intelligence (AI) untuk berbagai platformnya seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook di ajang Connect 2023. Kedua fitur AI yang diperkenalkan yang sama-sama ditujukan untuk media sosial Instagram adalah Restyle dan Backdrop. Di sini pengguna bisa mengedit gambar atau membuat gambar menggunakan AI bersama teman-temannya. Restyle dan Backdrop menggunakan teknologi dari mesin AI Meta yang disebut Emu, sementara Backdrop juga menggunakan pelajaran dari model Meta’s Segment Anything. Mengutip laman resminya, Restyle memungkinkan pengguna Instagram menata ulang gambar dengan menerapkan gaya visual yang dijelaskannya.

Fitur Instagram Backdrop

Instagram AI Backdrop_2b

Instagram AI Backdrop. (Sumber: The Times of India)

Misalnya, pengguna dapat memasukkan deskripsi seperti “cat air” atau perintah yang lebih detail “kolase majalah dan koran, tepi sobek” untuk melihat gambar dengan nuansa baru.

Sedangkan fitur Background Instagram dapat mengubah background foto pengguna. Di sini, cukup masukkan perintah seperti “tempatkan saya di depan aurora borealis” atau “dikelilingi oleh anak anjing” dan latar belakang akan menampilkan gambar yang diinginkan.

Namun Meta juga menjelaskan bahwa gambar yang dibuat dengan gaya dan latar belakang menggunakan kecerdasan buatan nantinya akan mendapat penanda untuk membedakannya dengan gambar yang dibuat oleh manusia.

Meta mengatakan pihaknya memahami pentingnya bersikap transparan dalam konten yang dihasilkan AI. “Kami juga menguji format penanda yang terlihat dan tidak terlihat,” tambah perusahaan itu.

YouTube Juga Punya Fitur AI di Shorts

Fitur AI di Instagram ini menyusul YouTube yang sebelumnya juga meluncurkan fitur kecerdasan buatan untuk platform berbagi video pendeknya, Shorts.Pada acara Made on YouTube, platform Google memperkenalkan fitur Dream Screen yang saat ini masih dalam versi beta.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menambahkan latar belakang atau video yang dihasilkan AI ke video Shorts hanya dengan memasukkan ide ke dalam prompt. Dengan Dream Screen, kreator dapat membuat latar belakang baru yang menakjubkan untuk video Shorts mereka yang dapat digunakan secara bebas sesuai imajinasi mereka.

“Kami akan mulai meluncurkan Dream Screen kepada pembuat konten tertentu sebelum meluncurkannya secara lebih luas pada tahun depan,” tulis YouTube dalam siaran persnya.

Fitur Stiker AI Meta

Sticker AI Meta_3c

Sticker AI Meta. (Sumber: TechCrunch)

Selain Restyle dan Backdrop for Instagram, di acara yang sama Meta juga memperkenalkan dan akan meluncurkan fitur AI sticker di WhatsApp, Messenger, Instagram, dan Facebook Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna dengan mudah membuat stiker khusus untuk obrolan dan cerita menggunakan teknologi AI.

Fitur ini menggunakan teknologi dari Llama 2 dan model Meta yang mendasarinya untuk membuat gambar yang disebut Emu, sebuah mesin AI yang mengubah perintah teks menjadi stiker unik dalam hitungan detik.

Fitur baru ini akan diluncurkan bulan depan untuk pengguna berbahasa Inggris terpilih di WhatsApp, Messenger, Instagram, dan Facebook Stories. Stiker AI juga akan diluncurkan ke beberapa pengguna berbahasa Inggris bulan depan.

Baca juga: Meta Disebut Gandeng LG Untuk Headset VR

Instagram Uji Coba Close Friends untuk Feed

Instagram juga akan meningkatkan privasi pengguna dengan memperkenalkan fitur teman dekat untuk postingan feed. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa yang dapat melihat unduhannya.

Jika sebelumnya Instagram hanya menyediakan fitur Close Friends untuk Instagram Stories, kini pihak perusahaan berupaya menyempurnakan fitur tersebut. Dilansir Mirror, pakar media sosial Lia Haberman menulis dalam artikel X-r-nya bahwa perusahaan sedang menguji fitur baru Instagram ini.

“Beberapa pengguna Instagram sudah mulai bisa mengakses fitur audiens baru yang memungkinkan mereka mengontrol dengan tepat siapa yang bisa melihat postingan mereka di feed Instagram mereka,” tulisnya. Tech Crunch melaporkan, Meta mengonfirmasi kabar kehadiran fitur Close Friends di postingan feed kali ini.

Seorang juru bicara Meta mengatakan: “Kami sedang menguji kemampuan untuk berbagi postingan dari orang-orang di negara tertentu dengan teman dekat mereka. Kami selalu mencari cara baru agar komunitas kami dapat pamer.” Tunjukkan diri Anda dan terhubung di Instagram”.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) menjadi semakin populer di banyak perusahaan di berbagai bidang, termasuk industri kuliner. PT Esensi Solusi Buana (ESB), pionir sistem...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — OpenAI mengumumkan model AI generatif andalan baru pada hari Senin yang mereka sebut GPT-4o. Di mana huruf “o” adalah singkatan dari...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru-baru ini dikabarkan sedang melakukan negosiasi intens dengan OpenAI untuk menghadirkan teknologi kecerdasan buatan (AI) milik perusahaan tersebut ke iPhone. Menurut...

Tech Industry

Unbox.id – CEO OpenAI akhirnya angkat bicara menanggapi laporan Reuters beberapa hari lalu. Dalam laporannya, Reuters menyebutkan bahwa OpenAI akan mengumumkan kehadiran layanan baru...