Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Mengetahui Apa Itu Gemini AI

Gemini AI_1a
Gemini AI. (Sumber: Technology Inspiring)

Unbox.id – Gemini AI, model kecerdasan buatan (AI) terbaru Google, menarik banyak perhatian karena kemampuannya yang dikatakan lebih canggih dibandingkan model AI lainnya seperti ChatGPT. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan Gemini AI, simak tutorial berikut yang bersumber dari berbagai sumber. Gemini AI adalah model AI multimodal yang mampu memproses dan memahami berbagai jenis informasi, termasuk teks, gambar, video, audio, dan kode. Hal ini memungkinkan AI ini untuk melakukan tugas-tugas kompleks seperti:

  • Menjawab pertanyaan sulit secara akurat dan informatif
  • Memberikan rangkuman topik tertentu
  • Menerjemahkan bahasa
  • Menulis berbagai macam konten kreatif
  • Coding
  • Membantu dalam pengambilan Keputusan

3 Fakta Gemini AI, Kecerdasan Buatan Google Yang Diklaim Saingan ChatGPT

Gemini AI_1a

Gemini AI. (Sumber: Post Tech)

Kita tahu bahwa Google baru saja merilis Gemini, model AI barunya. Raksasa teknologi ini menyebut Gemini sebagai AI paling mumpuni dan fleksibel yang dikembangkan hingga saat ini.

Selain itu, Google juga mengumumkan rencana untuk memperluas versi lanjutan dari model bahasa besar (LLM) tahun depan. LLM bersifat multimodal, artinya dapat memahami berbagai jenis informasi, termasuk teks, audio, gambar, dan video. Seperti yang dilaporkan Quartz, di masa depan, Gemini AI akan memiliki tiga model:

  • Gemini Ultra, yang terbesar dan paling mampu, untuk tugas yang sangat kompleks;
  • Gemini Pro, untuk berbagai tugas;
  • Gemini Nano, untuk pengguna Android yang ingin membuat aplikasi bertenaga Gemini. Misalnya, dengan Gemini Nano, orang kini dapat meringkas rekaman yang dibuat menggunakan aplikasi Recorder di ponsel Pixel 8 Pro (tetapi hanya dalam bahasa Inggris)

Google mengatakan pihaknya meluncurkan Gemini untuk bersaing dengan model GPT OpenAI. Pada konferensi pers, Sissie Hsiao, wakil presiden chatbot Bard AI Google, mengatakan Gemini Pro mengungguli GPT-3.5 dalam enam dari delapan tolok ukur industri.

“Model tercanggih Google, Gemini Ultra, mengalahkan GPT-4 terbaru dalam tujuh dari delapan tolok ukur,” katanya. Setelah OpenAI meluncurkan ChatGPT sekitar satu tahun pada tahun lalu, teknologi tersebut raksasa sedang berupaya meluncurkan chatbot dan LLM miliknya sendiri untuk bersaing dengan startup AI.

Ulasan terbaru Google terhadap Gemini menunjukkan bahwa pesaingnya, OpenAI, sedang mengejar ketinggalan.

Fakta-Fakta Tentang Gemini AI

Menurut Google, Bard kini telah ditingkatkan dengan Gemini Pro, memberikan chatbot kemampuan penalaran dan pemahaman tingkat lanjut, di antara kemampuan lainnya. Bard yang didukung oleh Gemini Pro hanya tersedia dalam bahasa Inggris di lebih dari 170 negara. Google mengatakan Bard akan diintegrasikan ke dalam Gemini Ultra tahun depan.

Dalam beberapa bulan mendatang, perusahaan akan menambahkan Gemini ke aplikasi lain, termasuk penelusuran, Google Ads, dan browser Chrome. LLM berjalan di Unit Pemrosesan Tensor Google, atau TPU, bagian yang dirancang khusus. perangkat keras untuk melatih model AI.

“Tetapi di masa depan, Gemini akan dilatih tentang TPU dan unit pemrosesan grafis (GPU), Amin Vahdat, wakil presiden Cloud AI di Google, mengatakan dalam sebuah pengarahan. Nvidia membuat GPU H100, sebuah chip yang populer untuk mendukung produk AI sintetis.

Hsiao mengatakan Google ingin memonetisasi Gemini tetapi tidak memiliki rincian lebih lanjut untuk dibagikan.

Baca juga: Google Luncurkan Instrument Playground

Google Luncurkan Gemini, Model AI Yang Diklaim Lebih Canggih dari ChatGPT-4

Gemini AI_2b

Gemini AI. (Sumber: World Tech)

Meski sempat dilaporkan terjadi penundaan peluncuran, Gemini kini telah tersedia dan dapat digunakan. Mengutip Android Police, pengguna dapat mengakses AI ini melalui Google Bard, termasuk versi “Nano” yang dapat berjalan secara lokal di ponsel Pixel 8 Pro.

Dalam pengumumannya Google menyebut Gemini sebagai model paling canggih dan efektif. Keunggulan utama Gemini adalah sifatnya yang multimodal, yang memungkinkan AI ini bekerja dengan teks, gambar, audio, video, dan kode.

Gemini juga dapat mengintegrasikan, memahami, dan bekerja dengan semua jenis informasi ini dengan lancar. Fleksibilitasnya juga memungkinkan Gemini beradaptasi dengan banyak lingkungan berbeda.

Sekadar informasi, Gemini hadir dalam tiga ukuran (Ultra, Pro, dan Nano), sehingga dapat berfungsi di ponsel serta di pusat data. Google n Jangan ragu untuk melakukannya bandingkan langsung Gemini dengan GPT -4. Di berbagai tes, Gemini Ultra mendapat skor lebih tinggi dalam tujuh dari delapan kriteria yang berfokus pada menulis, termasuk keterampilan penalaran, matematika, dan pengkodean.

Selanjutnya, pengujian multimodal juga menunjukkan keunggulan Gemini pada 10 aspek gambar, video, dan suara. Faktanya, Gemini dikatakan mengungguli pakar manusia dalam tugas MMLU (pemahaman bahasa multitasking masif), yang menggabungkan 57 topik untuk menguji pengetahuan dunia dan kemampuan memecahkan masalah.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

Tech Industry

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) dinilai telah menghantam pasar kerja global seperti tsunami. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan AI kemungkinan...

Software

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru saja meluncurkan pembaruan OneUI 6.1 untuk seri Galaxy S21 di India, yang menambahkan fitur Galaxy AI ke ponselnya. Kini...

Tech Industry

Unbox.id – OpenAI akhirnya meluncurkan model baru GPT-4, khususnya GPT-4o, yang memiliki peningkatan besar dalam kecepatan dan pengenalan teks, gambar, dan audio. Dalam pengumuman...