Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Mengenal Teknik Cara Foto Panning yang Benar

Teknik Foto Panning_1a
Teknik Foto Panning. (Sumber: Teori Fotografi)

Unbox.id – Saat ini, foto yang bagus dapat dibuat dengan kamera dengan berbagai teknik. Salah satu teknik fotografi adalah panning. Jadi apa itu panning? Panning adalah teknik fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan objek bergerak. Gagasan di balik teknik ini adalah untuk mengatasi masalah memotret subjek yang bergerak cepat. Fitur dalam foto yang menggunakan teknik ini sering memiliki subjek yang bergerak dalam fokus, sedangkan latar belakangnya tampak buram atau buram. Oleh karena itu, memotret dengan Panning menghadirkan tantangan tersendiri bagi fotografer pemula. Teknik Panning menekankan kesan artistik subjek yang bergerak cepat. Tidak ada yang bisa menjamin hasil foto dengan teknik ini akan sempurna. Namun, dengan banyak latihan, kesabaran, dan momen yang tepat, panorama yang menakjubkan dan menarik akan tercipta.

Memilih Shutter Speed yang Tepat

Salah satu hal terpenting dalam panning adalah kecepatan rana. Anda dapat mengatur kecepatan rana tergantung seberapa cepat subjek Anda bergerak dan efek kecepatan yang ingin Anda tangkap.

Anda dapat memilih kecepatan rana lebih lambat dari biasanya. Anda dapat mencoba menggunakan 1/30 detik. Kemudian coba juga kecepatan rana yang lebih lambat dari 1/60 detik menjadi 1/8 detik.

Ingatlah bahwa pemilihan kecepatan rana bergantung pada kondisi pencahayaan dan kecepatan subjek.
Ingatlah bahwa kecepatan rana untuk memotret pesepeda berbeda dengan kecepatan rana untuk memotret sepeda motor. Jika subjek gambar yang ditangkap tampak kurang tajam, coba tingkatkan kecepatan rana. Saat latar belakang kurang kabur, Anda memperlambat kecepatan rana.

Mengatur Posisi Kamera

Teknik Foto Panning_2b

Teknik Foto Panning. (Sumber: Nusantara)

Posisikan diri Anda di mana Anda memiliki pandangan luas tentang subjek tersebut. Jangan sampai teknik panning terseret di tempat yang macet. Pertimbangkan juga latar belakang tema. Perhatikan bahwa latar belakang berwarna cenderung menciptakan efek kabur yang bagus.

Gunakan Flash

Untuk menyajikan foto dengan bentuk yang jelas, Anda bisa menggunakan flash. Kami merekomendasikan pengaturan flash yang benar. Jika kombinasi flash dan slow shutter speed berhasil, maka akan tercipta efek blur yang menarik.

Atur Fokus

Anda dapat menangkap panorama dengan benar menggunakan fokus otomatis atau fokus manual. Namun, bagi yang baru mengenal fotografi, Anda bisa menggunakan mode autofocus. Anda dapat menggunakan mode AF-C pada mode Nikon atau Al Servo pada Canon.

Dalam mode ini, kamera memfokus dengan melacak pergerakan subjek saat tombol rana ditekan setengah. Mode fokus otomatis dapat digunakan saat subjek sering bergerak. Jika kamera Anda tidak memiliki fokus otomatis cepat, Anda dapat menggunakan mode pra-fokus.

Lacak pergerakan subjek sambil menekan tombol rana setengah untuk fokus pada subjek. Saat gerakan kamera menyerupai gerakan subjek, Anda dapat menekan tombol sepenuhnya tanpa goyangan kamera.

Baca juga: Pas Buat Konten Kreator, Ini Situs Penyedia Foto Stock Gratis

Gunakan Tripod

Jika subjek dapat diprediksi dan dekat dengan Anda, sebaiknya gunakan tripod untuk mendapatkan bidikan yang lebih baik dengan panning.

Namun, jika Anda mencari subjek yang tidak terduga, seperti saat menonton balapan motor, Anda bisa menggunakan tangan saja. Namun, diperlukan keseimbangan dan stabilitas di tangan agar kamera tidak goyang.

Pertimbangkan Jarak

Teknik Foto Panning_3c

Teknik Foto Panning. (Sumber: Optic Edition)

Semakin dekat subjeknya, semakin tajam gambarnya. Namun, bagi sebagian fotografer, subjek juga harus diseimbangkan dengan latar belakang.

Kemudian Anda harus mempertimbangkan jarak subjek tergantung pada kamera yang Anda pilih. Anda dapat menggunakan lensa zoom 70-200mm untuk membantu teknik panning.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga