Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Mengenal Lebih Dekat Dengan APN di Smartphone

APN_1
Ada cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penyetingan APN pada perangkat smartphone. (Sumber: Kilat.com)

Unbox.id – Perkembangan teknologi digital sekarang ini memang telah masif dihadirkan bagi para pengguanya dalam skala global. Dalam hal ini, salah satu hal yang meniadi pilihan tersendiri dan juga cukup diboyong oleh para penggunanya untuk menunjang aktivitas kesehariannya tersebut adalah dengan hadirnya sebuah smartpone. Smartphone memang telah menjadi sebuah produk yang sangat mumpuni di kesehariannya. Dan di dalam sebuah smartphone, terdapat suatu sistem yang vital dan penting yaitu APN. Lantas, apakah itu APN dan apa kegunaannya? Lalu, bagaimana untuk melakukan penyetingan terhadap APN tersebut? Berikut informasinya.

Ketahui Lebih Dekat Apa Itu APN

APN_2

Perangkat sistem ini menjadi penting untuk mengakses jaringan internet pada perangkat smartphonenya. (Sumber: Android Central)

Bagi sebagian orang, pastinya mendengar nama yang satu ini terdengar asing bukan? Meskipun terdengar asing, nyatanya sistem ini menjadi sebuah hal yang mumpuni dan pastinya sangat vital untuk digunakan oleh para pengguna smartphone di seluruh dunia bukan? Ya, ini adalah Access Point Name atau yang secara singkat dikenal juga dengan nama APN.

APN sendiri merupakan sebuah gerbang atau gateway yang merupakan sebuah sistem pengaturan nama koneksi di mana menghubungkan jaringan seluler operator dengan jaringan-jaringan lainnya. Dalam hal ini, beberapa jaringan seperti contohnya adalah internet atau MMS adalah kedua hal yang terhubung dari jaringan APN tersebut.

Secara singkatnya, adanya APN ini mampu membuat perangkat smartphonenya bisa tekoneksi dengan jaringan internet dan juga jaringannya sesuai dengan kebutuhan dari para penggunanya tersebut. Dengan begitu, para pengguna smartphonenya bisa mengakses internet dari berbagai operator seluler yang tesedia di kawasan para penggunanya itu.

Tentunya dengan adanya hal tersebut, perangkat fitur ini menjadi krusial dan semakin menarik untuk diperlukan oleh para penggunanya. Sistem ini sudah dipastikan sangat penting untuk menunjang aktivitas keseharian dari penggunanya dengan perangkat produk gadget yang mumpuni dan cocok untuk di aktivitas keseharian seperti sekarang ini.

Baca juga: IOS 16 Resmi Hadir, Begini Cara Update Sistemnya

Cara Melakukan Pengaturan APN di Smartphone

APN_3

Ada beberapa langkah yang perlu diikuti guna mengatur sistem jaringan ini pada perangkat smartphonenya. (Sumber: Dignited)

Sejalan pentingnya sebuah APN di dalam sebuah smartphone yang ada seperti sekarang ini, dalam hal ini para penggunanya juga dapat melakjukan pengaturan tersendiri yang ada di dalam perangkat smartphonenya itu. Lebih lanjut, untuk sistem pada jaringan untuk mengakses interner ini pun juga turut bisa diatur di dalam penggunaannya itu.

Untuk melakukan pengaturannya sendiri, untuk sistem ini  bisa dikatakan agak sedikit berbeda. Perbedaan tersebud dapat dilihat di mana antara smartphone Android maupun iOS memerlukan penyetingan tersendiri untuk bisa mengatur sistem jaringan ini di dalam perangkatnya tersebut. Lantas, bagaimana untuk melakukan penyetingan terhadap sistemnya tersebut?

Apabila para penggunanya menggunakan smartphone berjenis Android, maka ada beberapa langkah yang bisa diikuti dan diketahui lebih lanjut untuk melakukan penyetingan pada bagian APN di perangkatnya tersebut. Untuk melakukan penyetingan tersebut, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:

  • Buka Pengaturan pada smartphonenya.
  • Pilih menu seluler, lalu pilih koneksi atau menu kartu SIM.
  • Setelahnya, pilihlah operator seluler yang sedang dipakai penggunanya.
  • Lalu, masukkan APN dari operator seluler yang dipakainya tersebut.

Sementara untuk para pengguna smartphone iOS, para penggunanya bisa melakukan penyetingan pada APN dengan mengikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini:

  • Pilih menu Setting.
  • Pilih menu seluler dan klik opsi Jaringan Data Seluler.
  • Setelahnya, masukkan nama APN dari operator seluler yang dipakainya.

Untuk melakukan penyetingan terhadap APN di dalam smartphone penggunanya tersebut cukup mudah bukan? Cukup ikuti langkah-langkahnya dan para penggunanya bisa melakukan penyetingan tersebut agar perangkat smartphone tersebut bisa terkoneksi dengan baik ke jaringan internet dari penyedia layanan jasa operatornya tersebut.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm yakni Snapdragon Summit 2024. Snapdragon 8 Gen 4...

Tech Industry

Unbox.id – Pasar smartphone Android belakangan ini mengalami lonjakan setelah sempat mengalami penurunan penjualan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan bisa melebihi penjualan iPhone. Menurut studi...

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan ponsel pintar kepada anak-anak di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk memerangi kecanduan smartphone...