Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Mengenal Fitur Lockdown Mode di iOS 16 dan Cara Mengaktifkannya

Mengenal Fitur Lockdown Mode di iOS 16 dan Cara Mengaktifkannya (sumber: macworld.com)
Mengenal Fitur Lockdown Mode di iOS 16 dan Cara Mengaktifkannya (sumber: macworld.com)

Jakarta, Unbox.id – Beberapa waktu lalu, Apple akhirnya resmi merilis sistem operasi barunya yakni iOS 16 yang saat ini sudah tersedia dan dapat diunduh di iPhone, mulai dari seri iPhone 8 hingga iPhone terbaru yakni seri iPhone 14.

Setiap tahun, biasanya Apple merilis beberapa pembaruan untuk iOS yang hadir dengan beberapa fitur baru, peningkatan sistem, dan keamanan. Terdapat beberapa fitur baru yang menarik di iOS 16 salah satunya yakni Lockdown Mode.

Lockdown Mode iOS 16 adalah merupakan perlindungan ekstrim opsional yang harus diaktifkan ketika Anda merasa perangkat telah menjadi sasaran serangan cyber. Dengan Lockdown Mode ini, apple secara ketat membatasi fungsionalitas situs web, aplikasi, dan beberapa fitur yang ada di iPhone.

Fitur Lockdown Mode iOS 16 (sumber: notebookcheck)

Fitur Lockdown Mode iOS 16 (sumber: notebookcheck)

Baca juga: 2 Cara Screenshot Panjang di iPhone

Fitur ini dihadirkan sebagai solusi setelah beberapa tahun lalu serangan spyware sukses menargetkan ribuan pengguna iPhone di seluruh dunia.

Dengan mengaktifkan Lockdown Mode, spyware akan lebih sulit untuk masuk. Jika perangkat telah disusupi, mode tersebut akan membatasi dampak yang dapat ditimbulkan oleh kode berbahaya. Anda dapat mengaktifkan fitur ini ketika bepergian, atau jika Anda melihat ada aktivitas yang mencurigakan di iPhone Anda.

Pada dasarnya, Lockdown Mode meningkatkan fitur keamanan di iOS dengan membatasi fungsi tertentu yang mungkin rentan terhadap serangan sebagai berikut.

  • Sebagian besar lampiran pesan, selain gambar, diblokir dan fitur seperti pratinjau tautan dinonaktifkan.
  • Teknologi web, seperti kompilasi JavaScript just-in-time, dinonaktifkan kecuali Anda mengecualikannya dari Mode Lockdown.
  • Undangan masuk dan permintaan layanan, seperti panggilan FaceTime, diblokir jika Anda belum pernah menelepon orang tersebut sebelumnya.
  • Semua Shared Album di Photos dihapus, dan semua undangan baru untuk Shared Album akan diblokir.
  • Koneksi kabel apa pun antara iPhone dan komputer atau aksesori Anda diblokir.
  • Profil konfigurasi, seperti yang untuk beta publik Apple, tidak dapat diinstal.
  • Perangkat Anda tidak dapat mendaftar ke pengelolaan perangkat seluler.

Fitur Apple ini mungkin lebih cocok untuk para jurnalis, politisi, pengacara, dan pembela hak asasi manusia, ini adalah garis pertahanan terakhir untuk mempersulit spyware untuk menerobos dan menyedot data pribadi Anda.

Oleh karena itu, berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan mode lockdown di iPhone.

  • Buka pengaturan pada iPhone Anda.
  • Selanjutnya, gulir ke Privasi dan Keamanan.
  • Lalu, gulir ke bawah ke Lockdown Mode.
  • Nyalakan Lockdown Mode.
  • Selanjutnya, Anda akan menerima pesan pop-up untuk mengonfirmasi pilihan Anda.
  • Setelah itu, ketuk restart atau restart iPhone Anda secara manual.

Baca juga: Daftar iPhone Yang Kebagian Sistem iOS 16

Setelah proses restart selesai, ponsel Anda akan langsung masuk ke Lockdown Mode. Untuk menonaktifkan Lockdown Mode, Anda juga bisa melalui langkah yang sama. Apple juga mengatakan akan terus memperkuat Mode Lockdown dengan menambahkan fitur tambahan dari waktu ke waktu.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: notebookcheck.net, macworld.com

 

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Seiring dengan perkembangan smartphone yang semakin mumpuni untuk bisa diboyong oleh para penggunanya, salah satu smartphone yang telah menjadi pilihan dan cocok...

Merk

Unbox.id – Siapa yang tidak kenal dengan produk iPhone? Produk teknologi asal negeri Amerika Serikat ini memang menyajikan sebuah produk-produk smartphone yang mumpuni dan...

Software

Jakarta, Unbox.id – Beberapa waktu lalu, Apple telah merilis lini iPhone terbaru mereka yakni iPhone 14 series yang bersamaan dengan dirilisnya sistem operasi baru...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Beberapa waktu lalu, Apple telah merilis lini iPhone terbaru mereka yakni iPhone 14 series yang bersamaan dengan dirilisnya sistem operasi baru...