Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Memori iPhone Sudah Penuh? Ini Beberapa Cara Efektifnya

Memori iPhone_1a
Memori iPhone. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Seiring waktu, iPhone menyimpan banyak kenangan, termasuk foto, video, aplikasi terinstal, obrolan, dan file. IPhone sendiri hadir dengan beberapa pilihan penyimpanan. Saat ini 1TB menjadi model iPhone dengan varian memori terbesar. Namun, jika Anda memiliki penyimpanan terbatas di iPhone, tentu saja akan terisi saat digunakan. Kalau sudah penuh pasti perlu dikosongkan lagi. Jika Anda memiliki cukup memori, ada beberapa cara untuk mengosongkan memori di iPhone agar ponsel Anda dapat menyimpan lebih banyak file dan menginstal lebih banyak aplikasi. Tim Unbox.id juga telah merangkum 5 cara efektif membersihkan memori iPhone yang bisa Anda terapkan dalam praktik, dikutip dari CNET. Begini caranya!

Periksa File Yang Menguras Penyimpanan iPhone

Memori iPhone_2b

Memori iPhone. (Sumber: Techno Spot)

Untuk memaksimalkan ruang penyimpanan iPhone Anda, pertama-tama Anda harus mengetahui apa yang menghabiskan perangkat tersebut. Periksa apakah ada file yang menghabiskan banyak memori sehingga Anda tahu harus mulai dari mana.

Untuk memeriksa file yang disimpan, buka aplikasi Pengaturan, klik Umum, gulir ke bawah ke menu Penyimpanan di iPhone. Kemudian klik menu ini untuk melihat detail tentang jenis file dan media yang menggunakan penyimpanan di iPhone Anda.

Dalam menu ini, sistem iOS juga memberikan beberapa saran tentang cara mengosongkan ruang penyimpanan. Foto dan video sering kali menjadi alasan iPhone Anda penuh memori. Namun, terdapat pengaturan yang memungkinkan iPhone menyimpan foto dalam ukuran yang diperkecil, alih-alih menyimpannya dalam ukuran penuh.

Foto dan video beresolusi penuh dapat disimpan ke penyimpanan iCloud dan Anda dapat mengunduhnya jika diperlukan. Untuk memastikan fitur ini diaktifkan, mulailah dengan membuka aplikasi Pengaturan, lalu gulir ke bawah, klik Foto, dan nyalakan Optimalkan Penyimpanan iPhone.

Sebelumnya, pastikan Anda telah mengaktifkan Instal iOS 16 atau lebih baru di iPhone Anda. Memang hanya di sistem iOS 16 atau yang lebih baru saja terdapat fitur pendeteksi foto duplikat. Sehingga pengguna bisa lebih mudah mengelola fotonya, termasuk ingin dihapus atau tidak.

Simpan Foto di Penyimpanan Cloud

Cara terbaik untuk mengosongkan ruang di iPhone Anda adalah dengan menghapus file yang tidak perlu Anda simpan di perangkat Anda. Namun, jika foto penting, Anda dapat menyimpan foto dan video melalui penyimpanan cloud.

Anda dapat menyimpannya ke penyimpanan cloud pihak ketiga, seperti Google Foto. Ini adalah cara cepat untuk memindahkan foto Anda tanpa kehilangan kenangan di dalamnya.

Sebelum menghapus konten apa pun di iPhone Anda, pastikan foto yang ingin Anda simpan telah dicadangkan atau ditransfer ke Google Foto. Jika foto dan video Anda tidak dicadangkan ke layanan lain seperti Google Foto, Dropbox, atau OneDrive, foto dan video tersebut akan hilang sepenuhnya.

Dengan catatan, jika Anda menghapus foto di iPhone, foto dan video tersebut juga akan terhapus di iCloud. Jadi, mentransfer foto ke layanan cloud pihak ketiga adalah pilihan terbaik jika Anda tidak ingin foto iPhone Anda terhapus.

Baca juga: IPhone 17 Pro Akan Jadi Gadget Apple Pertama Pakai Chipset 2nm

Hapus Aplikasi yang Tidak Diinginkan

Memori iPhone_3c

Memori iPhone. (Sumber: Techno Update)

Cara lain untuk membersihkan memori iPhone Anda adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, Anda dapat memeriksa aplikasi yang sudah lama tidak Anda gunakan.

Untuk melakukan ini, buka Pengaturan, klik Umum, dan buka Penyimpanan iPhone. Anda akan melihat daftar aplikasi yang terpasang, termasuk aplikasi yang menghabiskan paling banyak memori di iPhone Anda, termasuk waktu terakhir kali Anda menggunakan aplikasi tersebut.

Setelah menemukan aplikasi yang tidak ingin Anda gunakan lagi, copot pemasangannya ke bersihkan memori iPhone Anda.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru-baru ini membuat marah banyak orang setelah merilis iklan kontroversial untuk iPad Pro OLED barunya. Iklan tersebut memperlihatkan mesin press hidrolik...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple diperkirakan akan meluncurkan jam tangan pintar barunya tahun ini. Ada rumor yang menyebutkan jam tangan ini akan diberi nama Apple Watch....

Software

Jakarta, Unbox.id — Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 awal pekan ini. Sayangnya, tampak terjadi masalah yang ada...

Software

Jakarta, Unbox.id — Kali ini Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir di akhir tahun 2024 ini di iPhone dan iPad-nya. jadi...