Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

MediaTek Dimensity 9200 Hadir Dengan Segudang Fitur

Medidatek dimensity 9200_1
Chipset terbaru bernama Mediatek Dimensity 9200 hadirkan spesifikasi dan juga fitur baru dalam sistemnya tersebut. (Sumber: Eraspace)

Unbox.id – Sebuah chip pastinya sangat penting untuk mendukung kinerja dari produk-produk gadget andalannya tersebut. Selain itu, produk-produk gadget yang ada pada saat ini juga semakin mumpuni dan juga memerlukan spesifikasi yang canggih untuk bisa memenuhi kebutuhan sistemnya yang canggih tersebut. Sejalan akan hal itu, sebuah chipset bernama MediaTek Dimensity 9200 telah hadir dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dari para penggunanya lewat sistem gadget yang canggih dari produknya tersebut. Seiring dengan kehadiran dari varian produk chip terbarunya ini, lantas apa saja yang menarik dan juga bisa menjadi salah satu kualitas chip yang mumpuni dan juga cocok untuk bisa digunakan dalam varian gadget-gadget yang ada pada saat ini?

MediaTek Hadirkan Chip Terbaru

Mediatek dimensity 9200_2

MediaTek hadirkan chip terbarunya yaitu Dimensity 9200 yang jadi suksesor dari varian chip sebelumnya. (Sumber: GSMArena)

Chip memang menjadi salah satu hal yang penting dan juga dibutuhkan untuk bisa memenuhi kebutuhan penggunaan gadget di waktu sekarang ini. Selain itu, kehadiran dari chipset sendiri memang sangat dibutuhkan untuk bisa menunjang performa terbaik pada perangkat gadget yang dihadirkan oleh beragam produsen teknologi yang ada di dalam produk canggihnya tersebut. Seiring akan hal itu, produsen chipset teranyar yaitu MediaTek dikabarkan telah menghadirkan varian chip terbarunya yang nantinya akan jadi produk chip yang menjanjikan.

Pada kesempatannya itu, chipset terbaru dari MediaTek tersebut bernama MediaTek Dimensity 9200. Varian chip terbarunya ini memang merupakan salah satu varian produk chip unggulan yang akan menjadi suksesor dari varian chip sebelumnya yaitu MediaTek Dimensity 9000 yang telah dirilis di tahun 2021 silam. Chip ini sendiri merupakan salah satu chipset System-on-Chip atau SoC yang mumpuni.

Selain itu, chipset ini dikabarkan akan mempunyai sistem yang canggih dan juga memiliki sistem yang menjanjikan untuk menghasilkan performanya yang mumpuni. Salah satu daya tarik tersendiri terhadap produk chipset terbarunya ini adalah dengan adanya octa-core yang dihadirkan dalam produk smartphonenya tersebut. Hal ini pastinya akan memebuat beragam produsen-produsen gadget yang ada akan melirik varian produk chipsetnya tersebut.

Baca juga: MediaTek Luncurkan Platform Wi-Fi 7 Lengkap Pertama Di Dunia

Spek dan Fitur Chip MediaTek Dimensity 9200

Mediatek dimensity 9200_3

MediaTek Dimensity 9200 akan dihadirkan dengan spesifikasi dan fitur yang cukup canggih untuk bisa disematkan pada produk gadgetnya. (Sumber: BGR)

Menjadi pilihan produk chip terbarunya, chipset MediaTek Dimensity 9200 ini memang memiliki beragam fitur maupun spesifikasi yang menjadikan untuk bisa cocok untuk disematkan dalam berbagai platform gadget yang ada. Lebih lanjut, kecanggihan dari spek chip ini dapat terlihat di mana chip ini memberikan dukungan RAM LPDDR5X dan memiliki kecepatan hingga 8.533 Mbps. Selain itu, chip ini juga mengadopsi teknologi canggih bernama Multi-Curcular Queue (MCQ).

Selain itu, chip ini juga dapat mendukung kualitas layar hingga 5K. Layarnya ini juga akan mempunyai refresh rate sebesar 240 Hz dan juga AI Processing Unit di angka 690. Sementara untuk bagian kameranya, chipset MediaTek ini juga mempunyai sensor gambar Imagiq 890. Sensor ini nantinya akan mendukung fitur RGBW sensor dari chipsetnya tersebut.

Perlu diketahui bahwa chip MediaTek Dimensity 9200 ini merupakan chipset pertama dari MediaTek yang mmpunyai inti prosesor berperforma tinggi yaitu ARM-Cortex X3. Selain inti utamanya, chip ini juga dipadukan dengan tiga prosesor berperforma Cortex-A715 dengan kecepatan hingga 2,85 Ghz. Chipset ini juga dirancang untuk bisa digunakan dalam teknologi fabrikasi 4 nanometer generasi kedua dari TSMC.

Dengan adanya hal tersebut, chipset MediaTek Dimensity 9200 ini mempunyai beberapa fitur di dalamnya yang mumpuni. Sebut saja beberapa fitur seperti contohnya ada WiFi 7, chip modem 5G, hingga mampu memiliki manajemen panas dan lebih hemat performance per watt hingga 25 persen dibandingkan varian chip sebelumnya.

Baca juga: Chip MediaTek Dimensity 8000 Mendapat Pembaharuan Ke Dimensity 8100

Dilirik Beberapa Vendor Gadget

Kehadiran dari chipset terbaru dari MediaTek ini memang menjadi salah satu yang dinantikan oleh para pengguna gadget global. Para penggunanya tentunya menginginkan kecepatan performa yang mumpuni dan juga bisa menjadi piliihan tersendiri untuk bisa disematkan pada produk gadgetnya tersebut. Bahkan, beberapa produsen gadget juga turut memiliki minat untuk bisa menggunakan varian chip terbarunya ini.

Sebut saja beberapa produsen gagdet terkenal seperti contohnya ada Asus, Honor, Xiaomi, Oppo, hingga Transsion mempunyai minat untuk menyematkan varian chip ini di dalam produk-produk teranyarnya tersebut. Sementara untuk perilisan dari chip ini, chipset Mediatek Dimensity 9200 dikabarkan akan hadir di tahun 2022 ini. Itu berarti bahwa kemungkinan chipset ini akan mulai digunakan pada varian gadget terbaru yang akan dirilis di tahun 2023 mendatang.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id — Tahun lalu, Lenovo memperkenalkan tablet Lenovo Tab P12. Kini, tampaknya mereka berencana memberikan pembaruan dengan memperkenalkan versi perangkat terbaru dengan tampilan...

Merk

Jakarta, Unbox.id – Smartphone terbaru, Nothing Phone (2a) telah terlihat di situs sertifikasi BIS, yang menunjukkan bahwa ponsel tersebut akan segera meluncur. Perangkat ini...

Software

Jakarta, Unbox.id – MediaTek secara resmi telah mengumukan chipset seri 8000 terbaru dengan Dimensity 8300. Chipset terbaru ini mereka buat dengan proses 4 nm...

Tech Industry

Unbox.id – MediaTek mengumumkan kehadiran prosesor generasi barunya, Dimensity 9300, yang diharapkan bisa menjadi pesaing Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3. “Dimensity 9300 adalah chip...