Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Mau Ubah TV LED Jadi Smart TV? Bisa!

Smart TV_1stv
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna TV dirumah apabila ingin ubah TV LED jadi Smart TV. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Kominfo 2 November 2022 mengimbau masyarakat untuk mengalihkan semua televisi analog ke digital. Sebelumnya, Kominfo juga melakukan migrasi dalam 2 tahap: 30 Agustus 2022 dan 25 Agustus 2022. Untuk beralih dari TV analog ke digital, diperlukan set-top box (STB) digital bersertifikasi Kominfo. Namun ternyata ada cara lain untuk menonton acara TV digital tanpa menggunakan set-top box. Plus, Anda akan mendapatkan keuntungan untuk dapat menikmati Smart TV dengan harga murah tanpa harus mengganti TV LED atau analog Anda dengan Smart TV terbaru. Ingin tahu caranya? Semua hanya dengan Android TV Box. Lalu apa perbedaan antara Android TV Box dan STB? Lantas bagaimana cara mengubah LED TV menjadi Smart TV menggunakan Android TV Box?

Perbedaan STB dan Android TV Box

Smart TV memungkinkan kita untuk menikmati banyak layanan berbasis internet, yaitu streaming video hingga menjalankan aplikasi dan game, seperti di ponsel.

Namun harga TV jenis ini masih cukup mahal di pasaran. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda dapat dengan mudah mengubah TV LED biasa menjadi smart TV yaitu dengan menggunakan TV box dan bukan set top box atau set top box.

Keunggulan Android TV Box

Android TV Box_2atv

Perangkat Android TV Box memiliki beberapa keungguan dibanding perangkt TV lainnya pada saat ini. (Sumber: Liputan6.com)

Kotak TV Android ini adalah dekoder yang mampu mengubah TV apa pun menjadi TV pintar. Dengan adanya fungsi koneksi Internet (melalui LAN atau Wifi), Anda dapat mengakses acara TV, menonton siaran langsung olahraga, dan streaming film.

Di Indonesia, Android TV box mulai populer sejak dua tahun lalu, karena maraknya layanan video streaming seperti YouTube, Netflix, iFlix, dll.

Bahkan harga TV Box ini jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli smart TV. Dan yang terpenting, tidak akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan Android TV box yang murah namun berkualitas. Sebagai gambaran keunggulan Android TV Box dibanding STB.

  • Cara menyambungkan wifi ke TV biasa dari TV Box juga sangat mudah. Asalkan terhubung ke TV, cari saja koneksi wifi yang tersedia. TV Box sendiri memiliki banyak jenis sistem operasi, salah satunya Android TV Box.
  • Android TV Box ini berjalan pada sistem operasi Android, sehingga Anda dapat menjalankan menu seperti pada smartphone atau tablet melalui TV. Termasuk menjalankan berbagai aplikasi dan game.
  • Selain konten video, Android TV Box ini dapat mengalirkan musik dan menyediakan browser untuk menjelajah internet. Oleh karena itu, Android TV Box adalah pilihan terbaik untuk menggantikan Smart TV.
  • Android TV Box menghemat uang dan tidak perlu menjual TV LED lama.

 Baca juga: Rekomendasi Pilihan Android Smart TV Box

Cara Mengubah TV Biasa Menjadi Smart TV

Karena saat ini banyak sekali merk Android TV box terbaik dengan banyak pilihan yang berbeda. Namun cara mengubah TV biasa, LED TV menjadi smart TV masih sangat mudah dengan bantuan Android TV Box.

  • Aktifkan Android TV Box
  • Koneksikan Android TV Box ke TV LED melalui port yang disediakan (HDMI dan lainnya)
  • Setelah terkoneksi, aktifkan jaringan internet melalui port LAN atau Wifi
  • TV LED Anda sudah menjadi smart TV

Yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil (bisa menggunakan LAN atau Wifi) untuk dapat mengakses semua fitur dan menu. Android TV Box Murah adalah solusi yang tepat jika Anda ingin mencoba mengubah atau hanya ingin merasakan asyiknya menonton TV di layar dan juga fungsionalitas dari Smart TV.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Beberapa smart TV LG memiliki kerentanan serius, sehingga memungkinkan peretas mengambil kendali penuh atas TV, mencuri data korban, dan memasang malware. Masalah...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Artikel

Unbox.id – Tidak dapat disangkal bahwa masyarakat modern biasanya mengganti ponsel pintar setiap dua tahun sekali. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Salah...

Tech Industry

Unbox.id – Biasanya sebagian masyarakat masih meneruskan tradisi memberi bingkisan saat Natal dan Tahun Baru, tidak hanya kepada teman dekat dan sanak saudara saja,...