Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Magnavox Odyssey: Nenek Moyang Game Konsol Tahun 1972

Game Konsol
Odyssey 1972 | foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Perkembangan teknologi game konsol memiliki perjalanan yang sangat unik. Pastinya, akan menarik jika dibahas pada artikel kali ini. Ya, redaksi akan menyajikan ulasan tentang sejarah game konsol pertama yang ada di dunia, yakni Magnavox Odyssey.

Berawal dari titik yang tergambar di layar, anda dapat menggerakkannya secara vertikal dan horizontal melalui alat konsol yang ada di tangan. Jika anda pernah melihatnya di internet, yang sering ditampilkan adalah permainan tenis antara dua pemain yang menangkis bola.

Namun, ternyata tidak hanya itu saja, Odyssey juga memiliki varian lain yang dapat anda nikmati dengan memasangkan stiker pada layar televisi. TV yang dapat anda gunakan adalah TV tabung analog yang dipasangi instalasi khusus untuk mengubah mode TV menjadi AV.

Varian game dapat anda pilih dengan mengganti slot card. Ada permainan tenis, kemudian permainan arah mata angin, menjelajah peta benua, dan lain-lain. Sekilas, permainan ini terkesan sangat membosankan, mengingat hanya itu-itu saja dan tidak epic dan tidak memiliki grafis seperti sekarang. Namun, sebagai game konsol yang pertama kali muncul, ini sudah sangat menyenangkan.

Penjualan Odyssey terus mengalami peningkatan sebelum tergantikan oleh produk-produk terbaru seperti Atari, NEC, SEGA, dan Nintendo.

baca juga : Chrono Cross Sedang Di-remaster untuk PC dan Konsol

Menjadi Hadiah Ulang Tahun Terfavorit di Era 70-an

Sejak awal mulanya beredar di pasaran, brand-nya terus naik hingga menembus angka 200.000 penjualan dalam kurun waktu satu tahun. Seiring berjalannya waktu, produsen game konsol tersebut terus memperbarui inovasi variannya hingga tahun 1978.

Pada tahun 1975, kedudukan game konsol pertama yang menjadi favorit untuk hadiah ulang tahun ini terancam dengan hadirnya Atari. Ya, produk baru dengan inovasi yang lebih canggih. Kali ini, game konsol tersebut hadir dengan grafik yang lebih berwarna dan joystick yang nyaman digunakan.

permainan baseball sederhana dengan magnavox odyssey | foto : berbagai sumber

Akan tetapi, pilihan untuk membeli Odyssey sebagai hadiah ulang tahun belum tergantikan. Ia masih menduduki puncak penjualan tertinggi hingga tahun 1977. Kemudian, hadir lagi produk dengan inovasi yang lebih baru, yakni Coleco, tepat sebelum game konsol Nintendo muncul ke pasaran.

Hingga akhirnya, Magnavox Odyssey harus benar-benar mengalah tepatnya pada tahun 1985, dengan titik akhir penjualan sebanyak 2,9 juta. Itu bersamaan dengan dua produk anyar lainnya, yakni Mattel dan Coleco yang harus tumbang di awal. Sebab, pamor Nintendo yang saat itu merajai pasar penjualan game console.

Nintendo mencapai angka 27 juta, meninggalkan jauh pesaingnya, yakni Atari pada angka penjualan 15 Juta pada tahun 1985.

baca juga : Mini Gundam RX-78-2: Spesifikasi Game Konsol Terbaru ONEXPLAYER

Nenek Moyang Game Konsol: Magnavox Odyssey 

Sangat sulit pada zaman sekarang ini untuk mendapatkan barang klasik tersebut. Magnavox Odyssey sebagai game pertama tentunya memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bahkan, anda mungkin harus menjelajahi benua Amerika untuk melihat secara langsung bagaimana bentuk game tersebut.

Meski kini sudah tidak ada lagi di pasaran, game konsol tersebut tetap tidak kehilangan nama di dunia game, mengingat ia adalah pendahulu. Jika SEGA, Atari, dan NEC sudah tenggelam tertelan waktu, maka tidak untuk yang satu ini.

Saat ini, perkembangan game sudah sangat canggih. Tidak hanya menggunakan konsol, era saat ini game sudah memasuki zaman VR, di mana pemain dapat masuk ke dunia virtual. Pemain juga dapat bermain secara langsung dengan lawan sungguhan melalui game online.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Mengingat game klasik masa kecil tentunya tidak terlepas dari Super Mario Bros atau Sonic The Hedgehog. Kedua game yang pernah menjadi...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Untuk kalian generasi 90an tentu saja sudah tak asing lagi dengan nama game seperti Tekken 3, Winning Eleven, Harvest Moon Back...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Dengan maraknya perkembangan dunia game hingga Esports saat ini, banyak orang yang tidak mengenal apa itu Atari. Sama seperti Nintendo dan...

Sony

Jakarta, Unbox.id – Setelah pembahasan tentang sejarah game konsol di era Magnavox Odyssey tahun 1972, kini redaksi akan lanjut ke PS atau PlayStation. Di...