Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

MACHINIMA Ditutup Setelah Perjalanannya Selama 13 Tahun

Last updated on 24 Januari, 2019

Unbox.id – Siapa yang tidak tahu Machinima, salah satu channel gaming legendaris yang bagitu populer di YouTube tampaknya telah ditutup dimana kontennya tidak lagi dapat diakses dan tanpa pengumuman publik terhadap penutupan channel ini.

Machinima didirikan pada 2000, dan channel YouTube resminya diluncurkan pada tahun 2006. Channel gaming ini telah berhasil mengumpulkan lebih dari 12 juta subscriber sepanjang karirnya. Machinima tetap menjadi salah satu channel gaming terbesar di YouTube, itulah sebabnya mengapa para subscribernya dan content creator begitu terkejut ketika seluruh perpustakaan Machinima diatur ke dalam private tanpa ada peringatan sebelumnya.

Pada tahun 2016, Warner Bros berhasil mengakuisisi Machinima sebelum akhirnya AT&T mengakuisisinya dari Warner Bros pada tahun 2018. Machinima kemudian dimasukkan oleh jaringan AT&T multi channel, yang dioperasikan oleh Otter Media.

Dalam sebuah pernyataan, Otter Media mengatakan bahwa pihaknya tetap fokus bekerja dengan tim Machinima untuk membuat konten baru yang akan didistribusikan di channel baru dalam beberapa bulan mendatang.

“Sementara itu, jaringan channel creator Machinima terus memamerkan talenta dari jaringan tersebut. Sebagai bagian dari fokus pada konten baru, kami telah beralih dari mendistribusikan konten pada beberapa channel yang dioperasikan sebelumnya, ”tambah Otter Media.

“Saluran yang dioperasikan sebelumnya” tampaknya termasuk YouTube, meskipun masih belum jelas mengapa video yang dimonetisasi pada platform harus dihapus.

Salah satu orang yang tidak senang dengan apa yang terjadi pada Machinima adalah salah satu mantan pembuatnya, Jeremy Azevedo.

https://twitter.com/Dangersharkz/status/1086436448511741953

Mantan pembuat Machinima, Matt Dannevik juga meluangkan waktu nya untuk memberikan penghormatan pada channel gaming ini.

Hastag #RIPMachinima sekarang begitu tren di sosial media, karena para fans dan creatornya mempertanyakan apa maksud dari langkah yang diterapkan pada channel ini dan kenapa harus di private.

Sejauh ini rencana untuk Machinima dan video YouTube-nya masih belum jelas. Karena video hanya diterapkan secara private dan tidak dihapus, masih ada kemungkinan bahwa Otter Media hanya akan membukanya lagi. Namun, jangan terlalu berharap tanpa adanya pengumuman resmi dikemudian hari.

Walaupun persaingan diranah channel gaming di platform video sharing ini tengah sengit, Machinima tetap memegang tempat khusus di hati para gamer, dan penutupan channel yang terkesan tiba-tiba ini akan dikenang sebagai salah satu momen paling mengecewakan dalam sejarah konten game online.

Baca juga – Hello Kitty Menjadi Vlogger Youtube

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Pada Januari 2024, layanan YouTube Premium dan Musik memiliki lebih dari 100 juta pelanggan, termasuk uji coba gratis. Ini mewakili peningkatan 20...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda membuat video YouTube, Anda pasti tahu betapa sulitnya mengomentari komentar, namun fitur baru ini membuat pengelolaan komentar tersebut jauh...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Kabar yang sedikit tidak menyenangkan bagi Anda yang menikmati layanan Youtube berbayar alias premium. Pengguna lama layanan berbayar platform berbagi video...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Artikel ini menjelaskan cara menautkan ke bagian tertentu dari video YouTube menggunakan fitur Share atau ‘Bagikan’ dengan menambahkan stempel waktu. Langkah-langkah...