Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Lelang iPhone Generasi ke-1 Bisa Tembus Harga Rp. 754 Juta

iphone gen1_1
Sebuah lelang iPhone generasi ke-1 dikabarkan akan tembus ratusan juta Rupiah dalam aktivitas lelangnya. (Sumber: Telset.id)

Unbox.id – Smartphone iPhone generasi pertama yang masih dalam kotaknya dan belum dibuka dalam kemasan plastiknya sejak pertama kali dirilis pada tahun 2007 telah muncul di pelelangan. Masih tersimpan rapi di kotak lelang, iPhone generasi pertama ini dilelang seharga $50.000 atau Rp 754 juta. iPhone pertama milik Karen Green, Business Insider melaporkan pada Sabtu 4 Februari 2023. Green mengatakan dia menerima iPhone sebagai hadiah dari seorang teman ketika dia memulai pekerjaan baru. Lantas, seberapa besar nilai dari produk smartphonenya itu?

iPhone Generasi Pertama

Karena dia memiliki smartphone baru dan iPhone tidak kompatibel dengan jaringan selulernya saat itu, dia memutuskan untuk menyimpannya. Alih-alih membuka kotak iPhone, Green menyimpannya di lemari selama bertahun-tahun.

Baru pada bulan Oktober Green mengetahui bahwa iPhone generasi pertama pada tahun 2007 telah dijual seharga $39.339,60 atau Rp 593 juta. Green yang kini menjadi seniman tato kosmetik, langsung menghubungi LCG Auctions, tempat lelang tersebut menangani penjualan.

“Kami mendapat telepon dari semua orang, tetapi 99% dari mereka tidak memiliki kesamaan,” kata Mark Montero, pendiri LCG Auctions kepada Business Insider. Lelang LCG memperkirakan bahwa harga lelang untuk iPhone generasi pertama, yang dirilis pada tahun 2007, akan mencapai $50.000 atau lebih.

Saat ini proses lelang sudah dibuka sejak Kamis dari tanggal 2 Februari 2023 dan akan berakhir pada 19 Februari 2023 mendatang.

Baca juga: Steve Jobs Bilang Android Pencuri, Perang Google Dan Apple?

Spesifikasi iPhone Generasi Pertama

iphone gen1_2

Spesifikasi dari varian iPhone generasi pertama memang dikenal cukup canggih di masa eranya tersebut. (Sumber: Viva)

Apalagi iPhone generasi pertama ini memiliki layar 3,5 inci dengan resolusi layar 480×320 piksel. Memang layarnya terkesan sangat kecil jika dibandingkan dengan ukuran smartphone, namun tidak demikian jika dibandingkan dengan smartphone lain pada saat itu.

Lebih lanjut, iPhone generasi pertama memiliki RAM 128MB dengan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih kecil dari iPhone saat ini, yakni 4GB, 8GB, dan 16GB. iPhone pertama juga hanya dibekali kamera belakang 2MP dan tidak ada kamera depan pada smartphone ini.

Beberapa waktu kemudian, Apple merilis iPhone 4 dengan kamera depan untuk panggilan video dan mereka yang suka selfie. IPhone pertama juga memiliki banyak keterbatasan seperti tidak ada App Store. Ternyata, App Store baru diluncurkan setahun kemudian, sehingga aplikasi yang ada di dalamnya masih sangat terbatas.

Saat itu, iPhone pertama juga hanya mendukung jaringan EDGE, jadi butuh beberapa menit untuk membuka halaman.

Baca juga: Apple Akan Rilis 2 IPad Pro Dengan Layar OLED Di 2024

Pendapatan Apple Jeblok

Di sisi lain, Apple baru saja merilis laporan keuangan kuartal pertama 2023, di mana perusahaan mengantongi laba sebesar $117,2 miliar (Rp. 1.749 triliun). Ini turun 5% dari pendapatan tahunan (YoY) dan untuk pertama kalinya sejak 2019.

Penurunan tersebut diduga terkait dengan penjualan iPhone, ketika pada awal November perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu menyebut ada masalah pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Saat itu, Apple menyatakan bahwa pengguna harus menunggu lebih lama hingga duo iPhone 14 Pro mulai tersedia secara bebas di toko-toko. Tiba-tiba, pengguna Apple kesulitan menemukan dua iPhone 14 Pro di toko offline menjelang liburan Natal dan akhir tahun.

Ditambah dengan masalah pasokan dan konsumen yang berhati-hati berbelanja di tengah ketidakpastian total, hal ini menyebabkan penurunan penjualan iPhone sebesar 8%.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – Menjaga daya tahan baterai merupakan upaya para pengguna smartphone agar ponselnya dapat menemani aktivitas sehari-hari. Apple memberikan fitur-fitur penting agar baterai iPhone...

Artikel

Jakarta, Unbox.id — Samsung terus memperluas jajaran produknya. Sejalan dengan hal tersebut, langkah perusahaan selanjutnya adalah menambah anggota baru di seri F populernya, Galaxy...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Produk smartphone terbaru Vivo dengan nama Y38 5G saat ini telah resmi meluncur di Taiwan. Meskipun ponsel ini terdaftar di situs...

Vivo

Jakarta, Unbox.id — Perayaan May Day saat ini sedang berlangsung di Tiongkok. Setelah beberapa waktu lalu merayakan hari libur, ada spekulasi bahwa beberapa smartphone...